Kami Menemui Pelajar yang Selalu Rangking 3 Besar Sejak Sekolah Dasar, Ia Berbagi 8 Metode Efektif dalam Belajar, Ini Daftarnya

 


Campusnesia.co.id - Metode Belajar, dua suku kata yang kadang membuat bingung aik siswa, guru maupun orang tua. Selalu dicari cara terbaik agar siswa mampu mengikuti dan mempraktekkannya.

Kami menemui seorang mantan pelajar yang di masa remajanya prestasinya patut diacungi jempol, selama 6 tahun belajar di bangku Sekolah Dasar ia berkisah hanya 2 kali mendapat rangking 2 selebihnya rangking 1. Pernah mewakili sekolahnya di ajang lomba Dokter Kecil, Mata Pelajaran Umum dan Agama Islam serta Siswa Teladan tingkat kecamatan.

Saat di bangku SMP semakin menjadi, 3 tahun selalu rangking 1 dan mendapatkan beasiswa gratis SPP karena juara rangking paralel. Menjadi wakil dalam lomba siswa teladan, lomba matematika dan pidato tingkat kabupaten.

Ketika lulus ia menjadi lulusan terbaik hingga melanjutkan di SMA favorit, jadi juara 3 lomba debat tingkat kabupaten, mewakili sekolah dalam tim lomba PMR kabupaten, sempat mampu meraih rangking 1 di semester pertama kelas X, akhirnya harus berdamai dengan persaingan sengit rekan kelas saat kelas XI dan XII dan menerima kenyataan menjadi 10 besar, maklum saat SMA ia harus sembari kerja sepulang sekolah.

Sebut saja namanya Mumun, bukan nama sebenarnya, selepas SMA ia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri favorit di Semarang dan mendapat beasiswa, kini aktif sebagai pelaku UMKM.

Cerita di atas bukan untuk menyombongkan narasumber kita, tapi sekedar bukti keberhasilan metode belajar yang ia lakukan, berikut adalah rangkuman tips dari kak Mumun tentang metode belajar yang ia lakoni sehingga mampu mengukir prestasi seperti di atas, sederhana ini daftarnya:


1. Sediakan Waktu Belajar 
Banyak pelajar yang kadang masih menyelepekan jadwal belajar, padahal namanya juga masih anak sekolah ya kerjaannya apalagi selain sekolah. Kecuali kamu harus nyambi kerja, itu pengecualian.

Waktu belajar terbaik setiap orang berbeda satu sama lain, kalau kak Mumun favoritnya adalah selepas isya, antara jam 19.30 hingga maksimal 21.00.

Belajar malam sebaiknya mempersiapkan materi yang esok hari hendak diajarkan guru di kelas, jika ada yang belum paham catat esok hari tanyakan pada guru, demikian juga kalau ada latihan sola cobalan kerjakan dahulu walau belum disuruh, jadi saat guru menyuruh mengerjakan soalnya setidaknya kita sudah mengerjakan sebagian yang gampang. Untuk soal yang sulit bisa didiskusikan baik dengan teman ataupun guru.


2. Belajar Siang atau Sore hari
Kak mumun berbagi cerita, setelah sampai rumah, makan siang dan istirahat ia mengerjakan PR atau Tugas dari sekolah.

Kenapa dikerjakan sekarang, karena masih "anget" jadi keburu lupa, sekalian mengulang materi yang tadi dijelaskan saat di kelas, dan menghemat waktu.

Kan masih seminggu lagi dikumpulkan? jangan menunda-nunda pekerjaan, mengerjakan PR dan Tugas lebih awal berarti akan punya waktu lebih lama untuk memperbaiki jika ada yang belum maksimal.


3. Pinjam buku kakak Kelas
Kadang walau sudah belajar berulang kali dan dijelaskan oleh guru, tapi tetap saja ada beberapa soal yang masih belum bisa dikerjakan atau tidak paham.

Pinjam catetan kakak kelas bisa jadi referensi, bukan contekan ya! sehingga ada sumber informasi lain. 

Kalau sekarang alternatifnya jadi lebih banyak, bisa mencari pembahasan di internet atau video di youtube.


4. Tempat belajar yang nyaman
Enggak perlu serba bagus dan mewah, yang penting nyaman untuk belajar. Kak mumun mengenang saat ia remaja hanya disediakan meja kecil dan kursi di kamar, ia membuat sendiri lampu belajar dengan bohlam warna temaram karena lebih nyaman di mata, membuat jadwal mata pelajaran dari kertas yang digambar, membuat tempat pensil dan bolpen dari gelas yang dihias, menempel poster kartun favorit dll, yang penting nyaman.

Kak mumun yang hobi banget mendengarkan radio sampai dibelikan radio bekas oleh bapaknya, belajar sambil mendengarkan musik jadi lebih asyik dan mudah masuk dalam ingatan.


5. Cari sisi menarik dari setiap pelajaran
Kak Mumun memberikan tips selanjutnya, kunci bisa memahami dan menguasai mata pejaran adalah menyukainya terlebih dahulu.

Untuk bisa menyukai cobalah cari sisi menarik dari setiap mata pelajaran, misalnya matematika menghafal dan ngulik soal itu menyenangkan apalagi matematika, fisika, kimi terapan asyik lho bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Favorit kak mumun dulu adalah pelajaran bahasa Indonesia, karena beliau suka menulis dan berbicara di depan umum hingga pernah jadi tim lomba debat juara 3 tingkat kabupaten, satu lagi yaitu pelajaran seni rupa karena mengasah kreatifitas dan aktualisasi diri.


6. Apakah per Les Privat?
Tergantung kebutuhan, mestinya les berfungsi untuk memahamkan siswa pada materi yang belum ia pahami di kelas karena waktu mengajar guru di kelas terbatas.

Tapi kalau memang butuh banget, selama ada biayanya dan tidak membebani orang tua, les bisa dicoba. Penekananya adalah pemahaman materi bukan sekedar jago ngerjain soal dengan trik-trik jalan pintas.


7. Kalau Capek Istirahat
Jangan terlalu memaksakan diri juga, kalau capek ya istirahat, kalau gak mudeng ya tanya teman, kakak kelas dan guru.

Walau tips di atas terkesan ambis, tetap saja tidak boleh terlalu memaksakan diri, bukannya berprestasi nanti malah nge-drop dan sakit, bubar semua deh target-targetnya.

Saat hari libur, kalau dulu hari minggu, sekarang sabtu minggu, gunakan untuk bercengkrama dengan keluarga, main sama teman atau nonton film dan drama korea favorit, kalau jaman duku kartun hari minggu adalah hiburan wajib melepas penat belajar seminggu.


8. Jalani saja
Tips terkahir setelah berusaha jangan lupa berdoa, dan jalani saja, apalagi yang masih duduk di bangku SD, SMP dan SMA jalani aja prosesnya, yang penting saat dijelaskan menyimak, saat diberi tugas dikerjakan dan dikumpulkan saat ualangan dan tes dikerjakan isnyaallah naik kelas dan lulus :)


Itu tadi sobat campusnesia, 8 tips metode belajar efektif yang bisa kamu coba, semoga berhasil ya. Atau kalian punya metode lain? jangan lupa share di kolom komentar ya. sampai jumpa.


===
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »