Estimasi Biaya Hidup di Tembalang Semarang Selama Sebulan

 



Campusnesia.co.id - Sebagai anak rantau salah satu hal yang perlu diketahui ketika datang dan berencana menetap dalam kurun waktu tertentu, baik menempun pendidikan atau bekerja adalah infomasi seputar biaya hidup di daerah tersebut.

Selain mempermudah dalam alokasi keuangan, mengetahui informasi seperti ini berguna sebagai preferensi dalam menentukan pilihan tempat tinggal dan gaya hidup.

Melalui artikel kali ini, kami coba akan merinci estimasi Biaya Hidup di Tembalang Semarang selama sebulan dengan berbagai alternatif. Seperti kita ketahui Tembalang merupakan salah kecamatan paling sibuk di semarang karena terdapat beberapa kampus besar seperti Undip, Polines, Poltekkes dan Unpand dengan penduduk pendatang nyaris puluhan ribu setiap tahunnya.

Apa saja komponen kebutuhan hidup di Tembalang dan berapa biaya yang dibutuhkan? yuk kita coba bahas satu persatu.

1. Tempat Tinggal
Kost jelas jadi pilihan utama untuk tempat tinggal, kecuali jika punya kerabat. Harga kost di daerah tembalang sangat variatif mulai dari harga Rp 500.000 hingga jutaan per bulan, tentu dengan fasilitas yang berbeda pula. Kamar dengan kamar mandi luar umumnya kisaran 500 ribu, dan 600 ribu untuk kamar mandi dalam kebanyak pemilik kost menggratiskan listrik, air dan akes internet melalui wifi. Tapi beberapa pemilik kost juga ada yang meminta biaya tambahan untuk laptop, rice cooker dan wifi.

Berbeda lagi dengan kost yang dilengkapi dengan AC biasanya lebih mahal, bahkan ada pula yang memberi fasilitas loundry dan sarapan gratis.

Ada juga kost dengan embel-embel eksklusif, bedanya pada renang waktu, jika contoh kos di atas biasanya minimal mensyaratkan 3 hingga 6 bulan, di kost ekslusif bisa nginep dalam hitungan hari atau bulanan. Sebenarnya lebih mirip dengan penginapan atau motel ya, tarifnya bisa sampai 1,5 juta per bulan.

Pilihan lain agar kost lebih terjangkau adalah dengan mencari teman sekamar, satu kamar untuk berdua tapi sesama jenis ya jangan campur. Atau bisa juga mencari satu rumah kemudian dikontrak bareng-bareng beberapa 5 hingga 10 orang jelas ini akan menghemat biaya tempat tinggal.



2. Biaya Makan dan minum
Hari ini tembalang nyaris gak ada bedanya dengan kawasan pusat kota semarang (pleburan) brand kuliner besar mudah sekali di dapatkan yang artinya kalau mau hedon banget juga bisa dengan menghabiskan ratusan ribu sekali makan, tinggal dijumlahkan saja berapa kira-kira kebutuhan makan dan minum selama sebulan jika sekali makan 100 ribu.

Sebagai pembanding kami berikan versi umumnya, sekali makan di warteg dengan menu nasi, sayur, gorengan dan telur dadar 10 ribu, jika ingin sekalian minum teh nambah 3 ribu sedngkan minuman sachet seperti kopi nambah 3-3,5 ribu. katakanlah sekali makan 15 ribu dan sehari makan 2 kali maka dalam sebulan butuh 900 ribu untuk makan.

Versi lebih hemat dengan masak sendiri, tapi harus dipastikan di kost-an kalian disediakan dapur yang bisa digunakan bersama. Bisa juga dengan masak nasi sendiri, untuk sayur dan lauk bisa membeli di warung atau warteg.

Jangan lupa memenuhi kebutuhan minum harian, pilihanya beli air mineral botolan tapi tentu saja akan boros, beli saja yang kemasan Galon lebih hemat, untuk merk Aqua 20 ribu sudah diantar sampai depan pintu kamar atau yang air gunung tanpa merk paling kisaran 5 ribu per galon.

Pesan penulis, dalam hal makan dan minum kalian boleh saja berhemat tapi jangan sampai menyiksa diri. Kegaiatan menuntut ilmu atau bekerja juga butuh asupan gizi dan karbohidrat yang cukup. Jangan sampai dengan alasan berhemat justru membuat sakit dan menjadi kendala kuliah atau bekerja. Misalnya dengan makan mie instan terlalu sering dalam kurun waktu yang lama. Bukannya hemat justru bakal jauh lebih besar biayanya jika harus berobat.

Konteks berhemat dalam hal makanan dan minuman bisa dimaknai makan dan minum yang terjangkau namun tetap bergizi, contoh sederhana nasi putih denan telur ceplok dan segelas teh anget sudah memebuhi kriteria hemat namun tetap sehat.

3. Biaya Transportasi
Dulu masih banyak angkot kuning dengan tarif 2 ribu ke kampus dan 4 ribu untuk jarak yang lebih jauh, namun sejak kehadiran ojek online angkot berwarna kuning jurusan ngesrep-tembalang-kampus makin sulit ditemui.

Selain jalan kaki ojek online motor bisa jadi alternatif, tanpa promo biaya sekali jalan dari kawasan banjarsari ke kampus atau ngesrep kisaran 10 ribu.

Pilihan lain BRT (Bus Rapid Transit) Semarang dengan tarif kisaran 3,5 ribu hingga 5 ribu. 

Jika kamu menggunakan sepeda motor, sekali isi bensin bisa digunakan selama sepekan jika hanya dikendarai dari kos-kampus pulang-pergi.

4. Biaya Komunikasi
Karena mayoritas kost dan warung di sekitar tembalang sudah menyediakan akses internet gratis dengan wifi, maka kebutuhan biaya komunikasi harusnya bisa kamu hemat. Apalagi metode telpon manual dengan pulsa sudah jarang sekali digunakan, kebanyakn beralih ke panggilan melalui whatsapp, line, telgram dll.

Sekali isi kuota bisa kali ya untuk sebulan, yang penting harus ketat, gunakan kuota utama untuk keperluan penting atau saat di luar kost saja.

Godaan besar yang menyedot kuota kebanyakam digunakan untuk nonton Youtube atau streaming drama korea, bisa diakali dengan hanya nonton saat ada wifi atau donlot dulu untuk ditonton secara offline.

6. Biaya Kuliah
Biaya kuliah yang akan kami bahas bukan UKT atau SPP karena pasti berbeda antara kampus satu dengan lainnya. Yang kami maksud adalah biaya penunjang kuliah, misalnya fotocopy bahan kuliah, print tugas dan laporan praktikum, kebutuhan ATK rutin seperti binder, pensil, bolpen dll.

Belum lagi jika kalian sudah memasuki masa KKN, Magang, Penelitian, Analisis Penelitian dan skripsi atau tugas akhir, masing-masing jurusan sangat berbeda jadi sebagai antisipasi mungkin yang masih tergolong maba bisa menabung untuk kebutuhan ini di masa depan.

7. Biaya Organisasi
Opsional karena tidak semua mahasiswa ikut organisasi, tapi berdasar pengalaman penulis, ikut orgasinisasi kadang juga justru merogoh uang dari kantong pribadi sekedar biaya opersional atau nombokin program kerja. Tapi ingat tujuan utama kalian ke kampus untuk kuliah, organisasi penting dan bermanfaat namun jangan lupa prioritas.

8. Biaya Hiburan
Perlu dialokasikan walau implementasi setiap orang berbeda-beda, misal hibur diri setelah berjuang menyelasaikan tugas sulit atau ujian dengan makan enak.

Bagi yang sudah bekerja bisa dengan menonton bioskop sebulan sekali setelah gajian, atau sekedar traveling tipis-tipis sekitar semarang.

Itu tadi sobat Campusnesia sharing tentang Estimasi Biaya Hidup di Temabalang Semarang, punya pengalaman berbeda? jangan sungkan berbagi dan diskusi di kolom komentar agar pembaca yang lain bisa dapat referansi alternatif.

Selamat datang di Tembalang, dapatkan info seputar Masjid, Penginapan, Warung Makan, Fotocopy, Bengkel, Kost dll di Direktori Tembalang klik di sini.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »