Yuk Putus Penyebaran Covid-19 Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 



Campusnesia.co.id - Semarang (2/2) – Tinggi nya jumlah penyebaran kasus Covid-19 berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, khususnya Kesehatan. Upaya yang dilakukan pemerintah Kota Semarang dalam menghentikan penyebaran Covid-19 sudah bagus, mulai dari Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PKM hingga anjuran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Mengingat kasus Covid – 19 yang semakin meningkat, Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balik Kampung, yaitu kegiatan KKN yang dilaksanakan di wilayah  masing-masing mahasiswa. KKN UNDIP TIM 1 berlangsung dari tanggal 4 Januari sampai 16 Februari 2021 dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Suintainable Development Goals (SDG’s).

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah seharusnya menjadi kebiasaan sehari – hari. Meski terkesan sederhana, pada kenyataannya masih ada masyarakat yang kurang memperhatikan pentingnya PHBS bagi Kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Salah satunya yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar, menggunakan masker bila bepergian, dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta meminum suplemen vitamin jika diperlukan.

Hal ini membuat Vania Arthamevia Safitri, Mahasiswa KKN Undip yang dibimbing oleh Ibu Laura Andri Retno Martini, SS, MA.  melakukan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat guna Cegah Penyebaran Covid-19 pada Ibu-ibu PKK dengan menggunakan media leaflet di Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. 

Program yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari hingga 24 Januari mendapat dukungan dari Ketua PKK “nggih mbak saya setuju jika dilakukan program tersebut di RT 01 RW 01 Kelurahan Barusari, mengingat kondisi pandemi seperti ini saya berharap melalui program tersebut dapat memutus rantai penyebaran khususnya pada warga RT 01” ujar Bu Edy selaku ketua Ibu PKK. 

Saat program berlangsung Mahasiswa UNDIP juga membagikan masker kepada sasaran program “Ya terimakasih banyak dengan adanya kegiatan KKN ini di RT 01 RW 01 Kelurahan Barusari saya berharap warga selalu berperilaku hidup bersih dan sehat guna pencegahan penularan Covid-19” tambah bu Edy menutup pada akhir sesi kegiatan.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »