Mahasiswa Undip Menggandeng UMKM Kelurahan Tembalang Membuat Susu Herbal

 


Campusnesia.co.id -- Semarang (07/02/21), pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih dari 1 tahun di Indonesia. Hal ini tidak menyurutkan niat mahasiswa Undip untuk melaksanakan pengabdian diri kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan melalui pembuatan program-program kerja KKN yang tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19, salah satunya yaitu pelatihan pembuatan susu pasteurisasi herbal. Bahan-bahan herbal dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit apabila dikonsumsi rutin dengan mengikuti takaran yang tepat.

Susu pasteurisasi herbal yang dibuat berasal dari bahan utama berupa susu, kunyit, jahe, kayu manis dan madu. Susu sendiri memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan, kunyit dikenal memiliki zat aktif berupa kurkuminoid berguna sebagai zat anti virus dan imunomodulator. 

Kombinasi seluruh bahan tersebut tentunya akan memberikan segudang manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi rutin dan akan menjadi minuman yang tepat untuk menjaga imunitas tubuh dimasa pandemi covid-19 seperti saat ini. Perihal rasa jangan ditanya pasti tidak akan mengecewakan.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan di kediaman ketua UMKM Kelurahan Tembalang yang dihadiri oleh pengurus maupun anggota UMKM. Media yang digunakan sebagai bahan presentasi berupa leaflet dan demo secara langsung. Hadirin yang mengikuti pelatihan ini menyambut baik, sangat antusias dan aktif bertanya mengenai pembuatan susu pasteurisasi herbal yang dilakukan. 

“Pelatihan ini sangat menarik sekali ya, presentasinya bagus dan sangat mudah dipahami. Menurut kami ini resepnya sudah pas, enak dan pelatihan ini memberi ide bisnis yang bisa kami gunakan untuk mengembangkan kembali UMKM di Kelurahan Tembalang ini.” Ujar ibu Lusi selaku sekretaris UMKM.

Penulis: 
Laela Nur Khayati 
(Peternakan, FPP Undip)

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »