Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Hand Sanitizer Otomatis System Touchless Berbasis Arduino

 


Campusnesia.co.id -- Semarang (12/02/2021), berdasarkan data yang diakses dari  siagacorona.semarangkota, kasus terkonfirmasi corona hingga Jumat, 12 Februari 2021 mencapai 28.736.  Salah satu cara penularan virus corona melalui kontak dengan permukaan atau benda yang terdapat virus. Masa ketahanannya pada benda pun bervariasi, misalnya pada tembaga virus dapat bertahan selama 4 jam, pada karton atau kardus hingga 24 jam dan pada plastic serta stainless steel berkisar 2-3 jam.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kemungkinan penularan virus corona melalui kontak secara langsung, Faizal Aryo Widiatmoko selaku mahasiswa KKN Tim 1 prodi Teknik Elektro Universitas Diponegoro mengimpelemtasikan ilmu selama studinya dengan membuat model sederhana hand sanitizer otomatis tanpa adanya sentuhan dengan permukaan atau kepala botol hand sanitizer.

Prototype Hand sanitizer Otomatis berbasis Arduino ini diberikan untuk di pasang pada mushola musyarofah melalui Pak H . MA Irfan Rahmana, SE., MM. selaku ketua  RW 04, Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Periode 2021 masih merasa bahwa apabila handsanitizer masih digunakan untuk umum dan semua orang perlu memegang wadanya terlebih dahulu sehingga ada kemungkinan penyebaran virus covid-19 dari satu ke yang lainnya. Maka dari itu, dibuatlah handsanitizer otomatis dengan sistem touchless berbasis Arduino, sehingga pengguna tidak perlu menyentuh wadah dari handsanitizer dan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19. 

Berikut komponen-komponen utama penyusunnya yang terdiri dari  sensor infrared, mikrokontroler Arduino UNO, kabel penghubung (jumper), pompa listrik, proto board, serta adaptor. Selanjutnya digabungkan dengan kerangka box dan botol hand sanitizer 500 mL. Tahapan dalam membuat alat ini diawali dengan studi melalui referensi-referensi yang terdapat di internet, selanjutnya pembelian barang dan komponen, lalu mulai merakit rangkaian elektronika, membuat program sistemnya dan melakukan pengujian apakah sistem sudah berjalan dengan baik atau belum. Pemakaian alat ini cukup mudah yaitu dengan mendekatkan tangan ke sensor maka motor servo akan bergerak dan memompa secara otomatis mengeluarkan cairan hand sanitizer tersebut.

Selain pernkenalkan Hand Sanitizer Otomatis sistem touchless, mahasiswa KKN Undip ini juga melakukan edukasi dan sosialisasi tentang tips hemat listrik di masa pandemi. 

Energi listrik menjadi kebutuhan utama bagi setiap rumah tangga, apalagi di saat pandemi saat ini yang menuntut berkegiatan di rumah, pengurangan mobilitas ke luar rumah sehingga kita lebih banyak beraktivitas di rumah dari pada biasanya. Hal ini mengakibatkan tagihan listrik naik menjadi lebih besar daripada sebelumnya. 

Melihat kejadian ini mahasiswa KKN Tim 1 prodi Teknik Elektro Universitas Diponegoro memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai cara-cara dan tips mudah yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam upaya menekan kenaikan tagihan listrik yang disampaikan melalui Poster sederhana. 


Kegiatan edukasi dan sosialisasi dilakukan dari rumah ke rumah sesuai dengan himbauan dari ketua RW 04 kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap mematuhi peraturan yang telah diterapkan pemerintah yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam rangka mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. Sosialisasi hemat energi sendiri dilakukan agar dapat menghemat energi atau mengurangi penggunaan listrik sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membayar listrik dapat diperkecil Berikut adalah beberapa tips yang disampaikan pada sosialisasi yaitu :

1. Mengatur penggunaan lampu. 

2. Cabut steker listrik jika tidak terpakai.

3. Mengganti lampu dengan LED.

4. Mengatur penggunaan peralatan listrik berdaya besar.

3. Memakai perlatan berlabel hemat energi, karena dapat menghemat biaya 30-40%.

Masyarakat merespon sangat baik karena merasa terbantu karena dapat menyadari bagaimana cara pencegahan penularan virus Corona serta cara penekanan biaya tagihan listrik. Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu warga dalam menekan tagihan listrik serta menambah ilmu dan wawasannya untuk tentang pentingnya penghematan energi listrik.


Penulis :
Faizal Aryo Widiatmoko

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »