Cegah Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Buat Disinfektan dengan 2 Bahan Sederhana

 



Campusnesia.co.id - Semarang (17/1), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro melakukan edukasi di RW 7 Kelurahan Bulusan dalam rangka mengajak warga  untuk membuat disinfektan secara mandiri dengan dua bahan sederhana.


Disinfektan merupakan cairan bahan kimia yang berguna mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri ataupun virus. Pada masa pandemi Covid-19 ini, rutin menyemprotkan disinfektan ke permukaan benda mati yang tingkat sentuhnya tinggi merupakan salah satu cara pencegahan penyebaran Covid-19. 

Edukasi dilaksanakan dengan tujuan sosialisasi fungsi dan ketentuan apa saja yang perlu dilakukan saat proses pembuatan, dan bahan utama yang aman digunakan untuk disinfektan. Pembuatan disinfektan ini juga dapat dilakukan secara mandiri dan mudah. 

Selain disampaikan pula informasi mengenai pentingnya mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Kegiatan diawali dengan senam rutin dengan menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak. 

Pembuatan disinfektan hanya menggunakan dua bahan, yaitu Wipol (Cairan pembersih lantai) dan air. Perbandingan yang digunakan adalah 1:9 untuk Wipol:air. 

Setelah Wipol dan air dituangkan keduanya dicampur merata, kemudian dapat langsung dikemas dan digunakan untuk sehari-hari. Perlu diingat bahwa saat melakukan proses pembuatan wipol, baiknya menggunakan sarung tangan dan masker untuk mencegah infeksi pada kulit maupun saluran pernapasan. 

Peserta antusias dan tertarik dengan kegiatan yang diselenggarakan, hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti bahan apa saja yang aman digunakan dan juga apakah aman untuk menyemprotkan disinfektan pada pakaian.

Sebelum kegiatan selesai, dilakukan penyerahan X Banner kepada Ketua RW 7 dilanjutkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan.

Penulis: 
Ektha Ayu P. 
(Ilmu Perpustakaan, FIB Undip)

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »