Pentingnya Ilmu Public Speaking

 




Campusnesia.co.id - Seorang public speaker harus mampu mengenal audiens, karena di dalam public speaking tidak diharuskan membicarakan sesuatu yang sama di depan audiens walaupun pada saat posisi kita yang berbeda-beda.

Public speaking adalah bentuk dari komunikasi kepada sekelompok orang di depan public atau umum contohnya untuk menyampaikan berbagai informasi yang ingin di sampaikan, mempengaruhi audiens, atau bahkan memberi hiburan, Tidak semua orang dapat melakukan public speaking dengan baik dan benar,namun tidak sedikit pula  orang-orang di luar sana yang kemampuan public speaking nya sangat kurang, bahkan tidak bisa sama sekali.

Sudah banyak orang tahu bahwa public speaking itu sangat penting dan perlu pada saat kita berada di dalam suatu organisasi dan juga dunia  kerja sekalipun kita dituntut untuk bisa menguasai ilmu public speaking. Apalagi bagi yang mempunyai kedudukan tinggi  sebagai seorang pemimpin di tempat dia bekerja maupun di dalam organisasi sekalipun.

Pada dunia public speaking, audiens lebih sering memperhatikan ekspresi, bahasa tubuh, bahkan cara penyampaian informasi, hal ini menjadi komponen yang penting untuk menunjukkan bagaimana seorang public speaking dalam penyampaiannya. Lumayan banyak  orang-orang diluar sana yang tidak terlalu mahir  dalam public speaking, karena sebagian orang merasa gugup, tidak percaya diri atau takut berbicara saat di depan orang banyak.

Mengapa hal tersebut bisa saja terjadi di dalam masyarakat untuk melakukan public speaking? Mungkin ada beberapa faktor. Pertama mungkin karena tidak terbiasa  terhadap suatu keadaan, ataupun para pendengar yang akan dihadapi oleh public speaking, hal tersebut yang dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Contohnya pada saat di dalam bangku perkuliahan banyaknya mahasiswa atau mahasiswi  yang kurang bisa berbicara didepan publik, mungkin beberapa tadi diantaranya merasa kurang percaya diri sebab faktor inilah yang dapat memicu para mahasiswa atau mahasiswi tidak bisa melakukan public speaking. Ilmu public speaking sangat penting apalagi bagi seorang mahasiswa yang diharuskan banyak berbicara didepan publik.

Public speaking ini harus sering kita latih walaupun kita belum siap, cara yang baik untuk melakukan public speaking yaitu dengan memberanikan diri untuk tampil di depan umum sehingga diharapkan seiring berjalanya waktu kita terbiasa untuk melakukan public speaking, dan jika nanti dikemudian hari secara mendadak kita dimintai untuk menjadi seorang public speaking maka kita tidak akan lagi merasa canggung atau takut untuk melakukannya.

Dengan cara berbicara yang begitu baik dalam segi penyampaian inilah kita bisa membuat orang-orang dapat terpengaruh dengan berbagai informasi yang telah kita sampaikan, dimana informasi tersebut awalnya belum bisa diterima secara keseluruhan di dalam suatu kelompok masyarakat atau audiens namun dengan mudahnya informasi tersebut bisa diterima dengan baik oleh masyrakat dikarenakan proses penyampaian atau public speaking yang sangat baik.

Publik speaking ini dapat di lakukan oleh siapapun,dimanapun bahkan kapanpun, sebenarnya public speaking ini sangat mudah sekali dilakukan karena hanya bermodalkan percaya diri dan dapat berbicara di depan audiens, dan yang terpenting melakukan public speaking dapat menguasai informasi yang ingin di sampaikan, jadi maksud disini adalah  sikap kita saat di depan publik yaitu dengan mengendalikan rasa gugup atau malu saat di depan publik.

Seseorang yang pendiam dan jarang mau untuk berbicara maka ia akan merasa sulit dalam mengungkapakan pemikiran yang ingin disampaikannya di depan public sehingga dibalik sifat tersebut dapat membatasi dirinya terhadap orang lain.

Padahal sebenarnya pemikirannya itu mungkin sangatlah menarik dan bagus untuk disampaiakn kepada orang lain. Menambah kepercayaan diri itu harus dimulai dari diri kita sendiri karena diri kita sendirilah yang akan menyemangatkan kita untuk melakukan public speaking.

Jadi kesimpulannya public speaking itu sangat mempengaruhi  kehidupan kita, apalagi di dalam suatu organisasi atau bahkan di dalam dunia kerja, maka untuk mempermudah kita melakukan public speaking sangat banyak cara yang bisa membuat kita lebih termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kita dalam bidang public speaking.

Penulis: Hadi Bowo
*Artikel ini merupakan bagian dai program magang online campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »