10 Manfaat Sertifikat Seminar Online, Menjawab Pertanyaan Sertif Webinar Penting Gak Sih?



Campusnesia.co.id - Akhir-akhir ini kami sering mendapati pertanya "Sertifikat dari webinar penting gak?" "sertifikat seminar online gitu manfaatnya untuk apa sih?" dan lain-lain. Mencoba menjawab pertanyaan seperti itu dan sejenisnya kami akan coba bahas manfaat dari fungsi dari sertifikat seminar atau pelatihan.

1. Menambah AKM (Angka Kredit Mahasiswa)
Dibeberapa kampus mengikuti seminar dan pelatihan bisa menambah angka kredit mahasiswa dengan cara mengumpulan sertifikat yang diperoleh dari acara tersebut. Sebagian kampus juga menjadikan syarat mengikuti seminar dan pelatihan untuk mengajukan tugas akhir atau skripsi.

2. Menambah nilai saat melamar kerja
Sertifikat seminar dan pelatihan bisa menjadi bukti dan nilai tambah saat melamar kerja, sertifikat berfungsi membuktikan bahwa yang bersangkutan memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Saran, hanya sertakan sertifikat yang sesuai bidang pekerjaan yang dilamar.

Iklan


3. Menambah daftar CV
Bisanya salah satu isi curriculum vitae adalah pelatihan atau seminar yang pernah diikuti, tidak melulu sebagai peserta tapi juga bisa sebagai penyelenggara atau panitia. Bidang kepanitiaan bisa menjadi pengalaman lapangan dalam bidang tertentu misal sponsorship, acara atau media publikasi.

4. Menambah Pengetahuan dan Wawasan
Yang ini jelas ya, dengan mengikuti seminar atau pelatihan skill dan pengetahuan kita tentang sesuatu akan bertambah. 

5. Koleksi pribadi
Mungkin terkesan bercanda, tetapi seru lho menyimpan dan mengoleksi sertifikat, cocard dan dress code kepanitiaan atau pelatihan. Suatu saat di masa depan bisa dilihat-lihat lagi sebagai koleksi fisik, kenangan pribadi dan bisa berbagi cerita pada keluarga bahkan anak cucu. 

Oke sobat campusnesia, itu tadi 5 manfaat sertifikat seminar baik yang offline maupun online. 


Update untuk para pembaca Campusnesia, kali ini kami juga hadirkan 5 Manfaat Mengikuti Acara Webinar untuk Karir 

1. Memperdalam wawasan di berbagai bidang
Webinar mengangkat berbagai topik yang menarik tanpa syarat peserta harus berasal dari bidang tertentu. Alhasil, kamu bisa mengikuti berbagai webinar dengan materi yang berbeda-beda.

Saat ini industri membutuhkan pekerja yang spesifik pada satu bidang, tapi nggak ada salahnya juga memahami dasar bidang lain. Lewat webinar kamu bisa memperluas wawasan keilmuan yang bisa diterapkan dan bermanfaat buat kehidupan karir.

 
2. Menghemat waktu dan pengeluaran
Mengikuti acara webinar menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel. Tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya, kamu sudah bisa mendapat materi lewat siaran online. Pastinya bikin kamu punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan aktivitas produktif lain.

Beberapa webinar bisa disaksikan lagi siaran ulangnya, jadi kalau kamu ketinggalan webinar langsung, kamu bisa mengikutinya di lain waktu. Sekarang akses belajar makin gampang, kan? Modal kuota internet dan perangkat digital kamu udah bisa belajar sambil rebahan.

 
3. E-sertifikat yang mendukung karir
Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta. Sertifikat pelatihan dan seminar dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. E-sertifikat akan menjadi bukti, juga nilai tambah saat melamar kerja, kamu akan dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang bidang tersebut.

Namun nggak semua e-sertifikat harus dilampirkan saat melamar pekerjaan ya. Pilih yang sekiranya berhubungan dengan bidang kerja yang kamu lamar. Perlu diingat juga, e-sertifikat dari webinar hanya tambahan, yang terpenting kamu benar-benar memahami materi webinar dengan baik.

 
4. Memperluas jaringan
Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan memperluas koneksi. 


5. Kesempatan sharing dan diskusi dengan pakar ternama
Webinar seringkali diisi oleh pemateri/narasumber berpengalaman di suatu bidang yang selain berkompeten juga punya nama. Saat webinar tersebut memberikan sesi diskusi/QnA, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk bertanya dan sharing langsung dengan pakarnya.
( sumber: nucareer.id )



Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »