Panduan Bermain Twitter, Cara Membuat Utas atau Thread dan Momen di Twitter



Campusnesia.co.id - Sebagai salah satu platform sosial media, twitter yang sempat turun pamor setahun terakhir kembali diminati oleh netijen Indonesia. Twitter memcapai puncak sekitar tahun 2012-2013 bahkan bisa untuk berjualan, pasca 2014 yang identik dengan tahun politik twitter mulai ditinggalkan dan setahun terakhir kembali bangkit dengan kehadiran geerasi Z.

Salah satu yang saya suka dari twitter adalah kecepatan informasinya, sosial media yang berbasis micro bloging ini selalu menjadi referensi pertama saya ketika hendak mencari informasi terkini. Warga time line biasanya paling cepat update.

Dengan logo burung berwarna birunya twitter ciptaan Jack Dorsey terkenal juga sebagai media yang bisa untuk twitwar serius hingga membahas hal-hal Receh, guyonan receh sering datang dari twitter yang kemudian masuk Instagram atau sosial media lain.

Ada pula Fitur membuat Utas atau Thread, cerita bersambung dengan tema yang beragam hasil kreasi warganet, mulai dari horor, motivasi, politik, kisah cinta yang uwu-uwu, gerakan sosial, hingga spill the tea untuk beberapa kasus, ada juga kata ajaib dalam dunia per-twitteran yaitu "Twitter Please Do Your Magic" yang biasanya akan menjadi twit viral.

Tidak jarang viral dan trending topik menjadi hal yang dikejar, baik ketidaksengajaan karena sebuah common issue atau sengaja dibuat oleh brand berbayar atau buzzer, bahkan tidak jarang terjadi perang hastag antar kubu-kubuan, pokoknya seru lah, tapi jangan lupa harus ber-twitter dengan bijak dan jangan terlalu baper ya.

Oke kita masuk dengan beberapa panduan menggunakan twitter, seperti membuat utas atau Thread, membuat momen, cara membuat twit di tengah, cara agar orang lain tidak bisa melihat twit kita dll, yuk simak caranya.

1. Cara membuat utas di Twitter
Terkadang, kita memerlukan lebih dari satu Tweet untuk mengekspresikan diri.  Utas di Twitter adalah rangkaian Tweet yang terhubung dari seseorang. Dengan sebuah utas, Anda dapat memberikan konteks tambahan, pembaruan, atau poin tambahan dengan menghubungkan beberapa Tweet bersama.

1. Sentuh ikon buat    untuk menyusun Tweet baru.
2. Untuk menambahkan Tweet lain, sentuh ikon tambah yang disorot    (ikon disorot sekali setelah Anda telah memasukkan teks).
Catatan: Jika batas karakter terlampaui, teks yang melampaui batas akan disorot agar lebih mudah diedit sebelum di-Tweet.

3. Untuk menghapus salah satu Tweet Anda, sentuh ikon hapus    berwarna abu-abu. Untuk menghapus keseluruhan utas, sentuh ikon hapus    berwarna biru

4. Setelah selesai menambahkan semua Tweet yang ingin Anda sertakan dalam utas, sentuh Tweet semua untuk memposting.
Catatan: Utas dapat disimpan sebagai draf dengan menyentuh ikon hapus  Draf utas dapat dibedakan dari satu draf Tweet dengan menunjukkan jumlah Tweet di utas Anda. Sentuh Lihat (jumlah) Tweet untuk meninjau dan/atau mengedit salah satu draf sebelum di-Tweet.

2. Cara membuat Momen
Momen Twitter adalah kumpulan kisah tentang berbagai peristiwa di seluruh dunia yang disajikan dalam Tweet. Anda dapat membuat kisah sendiri dengan Momen Twitter secara mudah.

Ada tiga cara untuk mulai membuat Momen Anda sendiri melalui twitter.com. Anda dapat mengakses Momen melalui tab Momen, halaman profil, atau melalui rincian Tweet. Untuk memulai, yang Anda butuhkan adalah judul, deskripsi, Tweet, dan gambar sampul yang dipilih.


Catatan: Pembuatan Momen hanya tersedia di twitter.com. Membuat Momen tidak dapat lagi dilakukan dari aplikasi Twitter untuk iOS atau Android Anda. 

Dari tab Momen:
  1. Dari tab Momen, klik tombol Buat Momen baru.
  2. Klik bidang Judul Momen Anda untuk menamai Momen Anda.
  3. Klik bidang Tambahkan deskripsi untuk mengetik deskripsi Momen Anda.
  4. Pilih Tweet untuk ditambahkan ke Momen Anda: 
    1. Dari bagian Tambahkan Tweet ke Momen Anda di bagian bawah halaman, segera akses konten untuk memilih Tweet dari Tweet yang saya sukaiTweet dengan akunTautan Tweet, dan Pencarian Tweet
    2. Untuk menambahkan Tweet ke Momen Anda, klik ikon tanda centang 
  5. Klik Atur sampul untuk memilih gambar sampul dari salah satu Tweet yang Anda pilih, atau mengunggah gambar dari komputer Anda. Geser gambar yang dipilih untuk mengatur Pratinjau ponsel, klik tombol Berikutnya, lalu klik tombol Simpan. Untuk mengganti gambar yang dipilih, arahkan kursor ke gambar sampul, lalu klik Ubah sampul media. Setelah Anda mengatur media sampul, sumbernya akan disebutkan di bawah gambar tersebut. 
  6. Setelah memilih Tweet dalam koleksi Anda, klik tombol panah atas atau bawah di samping kanan Tweet untuk memindahkannya ke atas atau ke bawah.
  7. Klik tombol hapus  untuk menghapus Tweet dari Momen Anda.
  8. Klik tombol potong  di samping Tweet yang Anda pilih untuk membuat pilihan gambar yang akan dilihat di ponsel.
  9. Klik tombol Selesaikan nanti di bagian atas halaman untuk menyimpan draf.
  10. Setelah Anda siap untuk menampilkan Momen secara online, klik tombol Terbitkan di bagian atas halaman.
Dari Tweet:
  1. Klik ikon .
  2. Pilih Momen Baru untuk menambahkan Tweet ke Momen baru. Setiap Momen yang telah selesai atau draf yang belum selesai juga akan dicantumkan dalam daftar menurun untuk dipilih.
  3. Ikuti petunjuk di atas untuk menyelesaikan Momen Anda.
Dari tab Momen di halaman profil Anda:
  1. Klik tab Momen, lalu klik tombol Buat Momen baru untuk memulai.
  2. Ikuti petunjuk di atas untuk menyelesaikan Momen Anda.
Pilihan lainnya saat membuat Momen:
Dari menu Lainnya di bagian atas halaman:
  1. Klik on ••• Lainnya saat berada dalam mode draf.
  2. Pilih Pilih warna tema ponsel jika Anda ingin menerapkannya.
  3. Pilih Tandai Momen ini mengandung materi sensitif, jika perlu.
  4. Pilih Sebarkan Momen secara pribadi untuk menyalin dan menempelkan URL Momen Anda untuk menyebarkannya secara pribadi ke pengguna lain. Momen tersebut hanya akan dapat dilihat oleh pengguna yang memiliki URL ini, tidak akan dapat dilihat pada halaman profil Anda, atau diterbitkan di Twitter.
  5. Pilih Batal terbitkan Momen untuk membatalkan penerbitan Momen yang sebelumnya diterbitkan. 
  6. Pilih Hapus Momen untuk menghapus Momen secara permanen dari profil Anda dan Twitter. Anda akan melihat pesan pop-up konfirmasi untuk mengonfirmasi penghapusan.
Setelah menyimpan Momen Anda sebagai draf:
  1. Anda dapat mengeklik tombol Edit di bawah deskripsi Momen untuk melanjutkan pengeditan Momen.
  2. Klik tombol Tweet di bawah deskripsi Momen untuk menyebarkan Momen tersebut ke pengikut Anda. Kotak pembuatan Tweet akan muncul sehingga Anda dapat mengedit atau melengkapi judul dan tautan Momen yang diisikan secara otomatis di dalam kotak pembuatan.
  3. Klik ikon  di bawah deskripsi Momen untuk mengirimkan Momen Anda melalui Direct Message serta melihat isi dan tautan yang disertakan pada Momen Anda. Saat menggulir Momen yang disimpan atau diterbitkan, Anda akan melihat menu pop-up di samping kiri untuk dengan mudah MengeditMenge-Tweet, atau Mengirim pesan Momen Anda.
  4. Akses semua Momen Anda (draf atau diterbitkan) dengan memilih Momen dari menu menurun ikon profil.

Itu tadi sobat Campusnesia, cara membuat utas atau thread dan momen di twitter, semoga bermanfaat jangan lupa follow akun twitter campusnesia >> @campusnesiacoid sampai jumpa di timeline.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »