Ngomongin Khong Guan, Biskuit Legend Ikon Lebaran Indonesia



Campusnesia.co.id – Sobat Campusnesia, Lebaran menjelang, segala romantisme tentang lebaran mulai diungkapkan oleh banyak orang, karena lebaran tahun 2020 kali ini “spesial” kita rayakan dalam masa pandemi, lebaran tak akan sama lagi, banyak terpaksa tidak mudik, sholat id ditiadakan dan kumpul-kumpul keluarga dibatasi, sabar semua demi kebaikan bersama.

Kali ini kita ngomongin tentang lebaran yuk, tapi tentang iklan-iklan yang sering muncul saat menjelang lebaran, misal minuman dan sarung, tapi ada juga nih tentang cemilan atau makanan khas lebaran. Kita mulai dengan gaya iklannya.


Tren iklan produk terus berkembang, jika beberapa tahun yang lalu kita heboh dengan iklan-iklan konyol ala Dimas Djay dalam TV Commercial atau disingkat TVC Ramayana Nasidaria, Raja naik rajawali indoeskrim atau iklan-iklan bukalapak, akhir-akhir ini iklan dengan gaya Anime mulai marak, sebut saja iklanya Pocari Sweat, Bumbu instan Sasa dan yang terbaru iklan dari biskuit Khong Guan.


Tanggal 20 mei 2020 kemarin sebuah akun twitter  Pribadi P. @pipis memposting video iklan biskuit legend khong guan dengan gaya anime, hingga artikel ini ditulis 21 mei 2020 video berdurasi 1 menit 21 detik itu telah ditonton sebanyak 1,4 juta mendapat  25.5K Retweets dan 49.6K Likes. “Bagus dan mengharukan! Ini baru iklan animasi yg memenuhi semua syarat iklan - Pesannya jelas - Relevan dgn target pasar - Sesuai kondisi terkini (gak bisa mudik) - Eksekusi ciamik Keren banget Khong Guan” tulis akun Pribadi P. Berikut twitnya.


Dalam reply twit viral tersebut sebuah akun IG: shellyanindhita @shebriana memberi informasi tentang studio yang membuat animasi tersebut “Yang bikin Solar Studio. Isinya emang artist2 jago kok. Ada yang ex-Square Enix juga dulu itu. Link IG: https://instagram.com/solarstudio_id” cuitnya.

Video Iklan Khong Guan versi Anime


Ngomongin Sejarah  Khong Guan 
Merk biskuit yang satu ini sudah seperti urband legend di Indonesia, identik dengan kue khas lebaran dan banyak sekali anekdot serta guyonan tentangnya, ambil contoh becandaan “kaleng khong guan isi rengginang” puluhan tahun silam tidak semua masyarakat indonesia mampu membeli biskuit yang kalengnya bergambar ibu, anak laki-laki dan perempuan ini, oleh karena itu kalengnya saja dianggap berharga dan sering diisi ulang dengan jajanan lain.


Tapi, tahukah sobat sejarah dari merk biskuit populer ini? Yuk simak pembahasannya.

Khong Guan adalah perusahaan berskala internasional yang bergerak dibidang industri makanan khususnya produk biskuit dan wafer. Berdiri sejak tahun 1947 di wilayah Singapura. Produk-produk yang telah dihasilkan selalu diminati pasar dalam negeri atau bahkan sudah menjadi sebuah keharusan menyantap biskuit Khong Guan. Seperti diketahui "Khong Guan Red Assorted" atau lebih dikenal dengan nama "Khong Guan Merah" sudah lama menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia sebagai makanan atau oleh-oleh khas Lebaran yang harus ada untuk disajikan kepada para saudara dan kerabat pada hari raya. Khong Guan dikenal lewat jargonnya: Tak Asing Lagi dan Tak Ada Duanya.

Khong Guan diciptakan oleh kakak beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. Keduanya adalah imigran asal Fujian, Tiongkok, yang bekerja di pabrik biskuit Singapura untuk menghidupi keluarganya di kampung.


Saat Jepang menginvasi Singapura, Keng dan Han mengungsi ke Perak, Malaysia. Disini mereka membuat biskuit sampai persediaan tepung dan gula habis. Mereka lalu membuat dan menjual garam dan sabun untuk bertahan hidup. Setelah Jepang mundur, Keng dan Han kembali ke Singapura dan menjual biskuit buatan sendiri.


Suatu hari Han menemukan mesin pembuat biskuit yang sudah rusak dari pabrik tempat mereka bekerja dulu. Ia pun menciptakan lini produksi biskuit semiotomatis dengan rantai sepeda. Mesin ini menggerakkan biskuit dengan sistem konveyor melalui oven bata yang telah diakali sedemikian rupa.


Penjualan meningkat seiring tingginya kemampuan produksi. Pada 1947, Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited didirikan, menyusul pabrik di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Di awal 1980-an, pabrik Khong Guan didirikan di beberapa kota pesisir di Tiongkok.


Tak hanya di Asia Tenggara dan Tiongkok, Khong Guan juga bisa ditemukan di supermarket lebih dari 40 negara. Diantaranya Timur Tengah, Hong Kong, Jepang, Australia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.


Sampai sekarang, kaleng Khong Guan klasik masih sama seperti dulu. Bentuknya kotak, warnanya merah, dan menampilkan ibu beserta dua orang anaknya di meja makan sedang menyantap biskuit. Adapula kaleng silinder yang lebih kecil, serta varian biskuit kalengan lain seperti Top Biscuit, Top Ekonomi, One One, Assorted Flowers.


Didalamnya terdapat aneka bentuk dan rasa biskuit serta wafer. Namun, biasanya yang paling ditunggu-tunggu adalah wafernya karena hanya ada dua bungkus dan letaknya tersembunyi di bawah.


Meski terkenal akan biskuit assortment-nya, Khong Guan juga memproduksi biskuit jenis lain seperti Big Royal, Marie Susu, dan Malkist. Selain merek Khong Guan, Khong Guan Group di Indonesia juga membawahi merek Monde, Nissin, dan Serena.


Sejarah Khong Guan di Indonesia

Khong Guan Biscuit Factory Indonesia adalah perusahaan berskala nasional yang bergerak di bidang industri makanan khususnya produk Biskuit, Wafer dan Waferstik. Berdiri sejak tahun 1970, sudah lebih dari 4 dekade kami telah menjadi pemimpin pasar dalam industri ini. Produk-produk yang telah dihasilkan selalu diminati pasar dalam negeri atau bahkan sudah menjadi sebuah keharusan menyantap biskuit Khong Guan. Seperti di ketahui "Khong Guan Red Assorted" atau lebih dikenal dengan nama "Khong Guan Merah" sudah lama menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia sebagai makanan atau oleh-oleh khas lebaran yang harus ada untuk disajikan kepada para saudara dan kerabat pada hari raya.


Saat ini Khong Guan bukanlah satu-satunya perusahaan yang bergerak dalam Industri biskuit, seiring dengan berkembangnya zaman tumbuh perusahaan-perusahaan sejenis yang bermain di industri yang sama. Berkat usaha dan kerja keras Khong Guan hingga kini tetap menjadi merek pilihan utama masyarakat Indonesia saat membeli produk biskuit. Dengan mengutamakan Inovasi-inovasi baru dalam menciptakan produk-produk yang enak dan tentunya sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Khong Guan Malkist Abon merupakan salah satu produk inovasi Khong Guan yang menjadikan biscuit Malkist lebih bervariasi, bukan hanya bertaburkan gula yang pada umumnya sering ditemukan pada biskuit malkist tapi kini di taburi dengan berbagai macam taburan yang unik dan menggoda selera seperti abon sapi, abon ayam dan bahkan rumput laut.


Mesin mesin yang modern, Sistem pengemasan secara robotik serta bahan-bahan yang berkualitas menjadi kunci utama kami untuk menghasilkan produk produk yang bermutu tinggi dan dapat menghasilkan produk-produk yang lebih higienis, dikarenakan proses produksi hingga pengemasan terintegrasi sehingga meminimalisir sentuhan tangan manusia pada produk jadi. Bukan hanya hal-hal tersebut yang menjadikan produk biscuit Khong Guan bermutu tinggi, selain itu kami tidak lupa melengkapi sistem jaminan Halal dan Keamanan Pangan dengan sertifikasi Halal dari MUI dan HACCP serta ISO 22000:2005 dari LT-IPB sehingga produk-produk yang dihasilkan selain bermutu tinggi tetapi juga aman untuk dikonsumsi.


Berkat dukungan masyarakat Indonesia, Khong Guan menjadi Industri besar yang turut serta membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan karena hampir setiap tahunnya Khong Guan menyerap banyak tenaga kerja hingga puluhan ribu orang untuk beberapa pabrik yang tersebar di Indonesia. Semoga Khong Guan akan tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena Khong Guan "Tak Asing Lagi dan Tak Ada Duanya"


Selain khong guan, produk nissin yang lain yaitu biskuit monde juga sering jadi bahan bercandaan karena  desain kemasan kalengnya foto tentara skotlandia, kue khas denmark, maerk menggunakan bahasa perancis, deskripsinya berbahasa inggris dan bendera yang tertera adalah bendera belanda. Memang netijen indonesia tidak ada duanya.


Fakta tentang Khong Guan
Di Indonesia, biskuit ini diproduksi oleh PT. Nissin Biscuit Indonesia, banyak yang bertanya tentang alamat pabriknya, ini dia Jalan Raya Semarang Salatiga KM 23 Ungaran, Kabupaten Semarang Jawa Tengah, yang mau kirim email silahkan info@nissinbiscuit.com, atau mau nelpon silahkan 024 - 6921125, Fax. 024 6922193.


Banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya selain khong guan versi kaleng kotak Ass Red [ 1600 gram ] dan bulat Ass Red Mini[ 650 gram ] total ada 24 varian biskuit khong guan, ini daftarnya Selected Wafer Cream [1400 Gram], Wafer Chocolate [ 175 Gram ], Sultana Biscuit [ 160 Gram ], Square Puff [ 350 Gram], Rose Cream [ 275 Gram ], Rose Chocolate Cream [ 275 Gram ], Nanas Cream [ 300 Gram ], Marie Special [ 225 Gram ], Marie Raja [ 360 Gram ], Marie Khing Guan [ 360 Gram ], Malkist [ 360 Gram ], Malkist [ 150 Gram ], Cream Crackers MTLZ [ 375 Gram ], Cream Crackers [ 375 Gram ], Cocoa Puff [ 500 Gram ], Cocoa Puff [ 330 Gram ], Chocolate Cream [ 275 Gram ], Butter Cream [ 300 Gram ], Ass Top [ 1700 Gram ], Ass Top [ 1000 Gram ], Assorted Red [ 275 Gram ], Ass Red Mini[ 650 Gram ], Ass Red [ 1600 Gram ], Ass Dynasty [ 800 Gram ].


Misteri  desain kaleng Khong Guan

Selain kalengnya yang sering diisi ulang dengan rengginang, hal lain yang sering menjadi perbincangan tentang misteri desain kaleng khong guan yang hanya menampilkan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan, banyak yang bertanya, dimana bapaknya? Jawaban paling sederhana adalah bapaknya yang memotret, tapi namanya netijen tidak seru jika tidak berdebat bahkan terkait hal sepele tentang tekai-teki sang bapak di kaleng khong guan.


Desain ikonik tersebut adalah karya pak Bernadus Prasodjo, Mantan pengajar desain grafis pada Lembaga Pendidikan Komputer Terpadu Gramedia saat usianya masih 24 tahun, dalam banyak kesemptan di media beliau menjelaskan bahwa Ide desain sudah ada di perusahaan, sehingga ia tinggal mengubah dan mewarnai seperlunya saja.


"Keluarga Khong Guan adalah keluarga yang harmonis. Ayahnya tidak terlihat dalam gambar karena dia sedang memotret keluarga yang disayanginya," tutur pak Bernadus Prasodjo dilansir dari Tribunnews.


Harga Biskuit Khong Guan
Banyak pencarian di google tentang harga khong guan di indomaret dan alfamaret, kami cek di situs online mereka harga Khong Guan Biscuit Mini Assorted 650G Rp 48.900 sedangkan untuk Khong Guan Merah Assorted Biscuit 1600G harganya Rp 112.400.
Nah sobat campusnesia, varian rasa apa yang yang kamu suka dari Khong Guan? Share di kolom komentar ya.


Penulis: Nandar
Sumber: Wikipedia.org, nissinbiscuit.com

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »