Mencicipi Nikmatnya Kacang JoGet, Inovasi Olahan Kacang Hijau dari Desa Ngaluran Demak



Campusnesia.co.idDemak (01/02/2020) Mahasiswa KKN TIM I UNDIP yang dibimbing oleh Ibu Dr. Rr. Karlina Aprilia K pada minggu ke V melaksanakan kegiatan Program Monodisiplin bertemakan “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Nugget Kacang Hijau”. Tidak hanya berwujud dalam bubur kacang hijau dan bakpia, ternyata kacang hijau dapat diolah menjadi nugget. 

Hal tersebut menjadi sebuah inovasi kuliner yang dikembangkan oleh mahasiswa TIM I KKN UNDIP 2020 di Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Kacang Joget (Nugget Kacang Hijau) merupakan produk dari program monodisiplin Rika Fitriyani Wardiman mahasiswa akuntansi Undip. Produk tersebut mendapat sambutan baik dari warga dan ibu-ibu PKK Desa Ngaluran.

ads



Antusias ibu-ibu PKK terlihat sekali dengan berbagai pertanyaan yang diajukan. “Kacangnya direbus berapa lama mba?, Buat jadi resep butuh berapa kg kacang ijo?” Tanya Ibu Rodiyah salah satu peserta pelatihan. Tidak hanya itu, mereka juga penasaran dengan cara membuatnya dan berusaha sendiri mencoba membuat nugget tersebut hingga siap dihidangkan. 

iklan


Peserta  diajarkan cara membuat, manfaat dan kandungan kacang hijau. Diantaranya lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Kadar lemak yang rendah menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Dari sisi manfaat kacang hijau adalah sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi, memperkuat tulang, mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, serta bermanfaat untuk menjaga serta merawat kecantikan wanita. 



Lebih lanjut tentang Kacang Joget, inovasi ini muncul setelah dilakukan survei dan analisis oleh Mahasiswa KKN TIM I UNDIP bahwa kacang hijau adalah salah satu komoditas yang berpotensi  di Desa Ngaluran. Kacang Hijau merupakan hasil panen yang cukup menjanjikan bagi warga Desa Ngaluran selain padi dan bawang merah. 

Diharapkan setelah pelatihan pembuatan nugget kacang ijo tersebut, produk ini bisa menjadi alternatif kuliner masa kini dan dapat menjadi pemacu kreatifitas warga Desa Ngaluran dalam mengoptimalkan hasil panen dan potensi desa.

sumber: Tim KKN Undip Desa Ngaluran
foto: Tim KKN Undip Desa Ngaluran
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »