Peduli Sanitasi Peternak Sapi Perah, Mahasiswa Undip Ciptakan Handsanitizer Herbal

11:02:00 PM



Campusnesia.co.id -- Sobat Campusnesia, satu lagi kabar gembira dari sahabat kita yang mengikuti PKM, idenya sederhana tentang kebersihan tangan saat memerah susu sapi. Seperti yang kita ketahui bahwa susu yang kita nikmati sehari-hari dihasilkan dari proses memerah puting sapi, kegiatan ini ternyata riskan terpapar bakteri yang akan mencermari susu dan menyebabkan penyakit mastitis pada sapi.

Selama ini yang dilakukan oleh peternak adalah mencuci tangan sebelum memerah susu, padahal cara ini belum menjamin bakteri sepenuhnya mati.  Dan puting sapi dicelup dengan antiseptik sintetis yang kadang meninggalkan residu kimia pada susu yang berbahaya bagi kesehatan.



Sebagai info, terserangnya mastitis pada sapi perah, tentu sangat merugikan peternak karena susu yang dihasilkan bisa ditolak oleh Industri Pengolah Susu (IPS). Menurut Sudarwanto dan Sudarnika (2008) bahwa penolakan susu mencapai 30 sampai 40%.

Dari latarbelakang diatas, meninspirasi tiga mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Susan Sitha Irma Yuhanita (Peternakan 2017), Prasetyo Ardiansyah (Peternakan 2017) dan Tituk Suselowati (Peternakan 2015) untuk menciptakan I-Care : Antiseptik 2in1 (Handsanitizer dan Gel Puting) dari ekstrak daun jati merah (Tectona grandis Linn F.) yang juga sedang mengikuti ajang Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2019. Tim ini dibimbing oleh drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D. dari Laboratorium Produksi Ternak Potong dan Perah.


I-Care dibuat dari bahan baku daun jati merah (Tectona grandis Linn. F.). Daun jati merah memiliki senyawa aktif saponin, flavonoid dan antioksidan yang berfungsi sebagai antibakteri dimana mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu daun jati merah juga memiliki kandungan senyawa aktif antosianin. Antosianin adalah bagian dri senyawa fenol yang tergolong flavonoid yang menyebabkan warna kemerahan pada ujung daun. Fungsi senyawa antosianin yaitu sebagai antioksidan yang mampu menghambat oksidasi toksik. Adanya senyawa antibakteri ini diharapkan dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada tangan serta mencegah masuknya bakteri ke dalam puting setelah dilakukannya proses pemerahan, sehingga dapat mencegah penyakit mastitis.

Bentuk produknya Gel, dikemas dalam botol dan berfungsi sebagai Hand Sanitizer lebih praktis bagi peternak karena bisa gunakan kapanpun dimanapun tanpa dan sebagai pembersih puting sapi sebelum diperah.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa antiseptik I-Care berbahan dasar ekstrak daun jati merah dengan konsentrasi 0,02% saja sudah terbukti efektif dalam menurunkan jumlah bakteri pada telapak tangan dan cemaran bakteri dalam susu. Bakteri pada tangan dapat menurun setelah 30 detik pemakaian, sedangkan penurunan jumlah bakteri susu terjadi setelah 5 hari pemakaian dan semakin menurun selama 10 hari pemakaian. Jika dibandingkan dengan antiseptik komersial povidone iodine 10%, efektifitasnya adalah sama, sebagai antibakteri untuk teat dipping. Hal ini menunjukkan bahwa selain mampu menjaga kesehatan kebersihan tangan, I-Care  juga mampu menjaga kesehatan kelenjar mammary pada sapi perah.



Wah kreatif dan jenius ya, semoga dengan inovasi I-Care ini, masyarakat khususnya kalangan peternak lebih peduli akan sanitasi pada tangan mereka dan ternaknya. Untuk pihak-pihak atau perusahaan yang butuh produk sejenis I-Care, antiseptik 2in1 berbahan herbal bisa banget nih kerjasama agar I-Care dikenal lebih luas dan populer.

sumber: Tim I-Care
foto: Tim I-Care
editor: nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »