6 Icon Kampus UNDIP & Logo Unofficialnya

12:14:00 AM



Campusnesia.co.id -- Hai rekan-rekan semua apa kabar? lama tak bersua kali ini tulisan saya masih seputar desain grafis dan ada hubungannya dengan kampus undip tempat saya menuntut ilmu dulu di bangku kuliah, kali ini saya akan membagi tema tentang "icon kampus undip dan logo unofficialnya" jadi gini kalau kita bicara sebuah daerah atau tempat pasti kita akan teringat dengan hal-hal yang identik dengan suatu tempat itu, entah itu sebuah bangunan, upacara tertentu atau makanan tertentu yang menjadi iconya.


Contoh nih, misal saya sebut jakarta dan makanan apa yang terlintas? "kerak telur"? misal lagi nih saya sebut jogjakarta dan sebuah tempat apa yang terlintas? "malioboro"? begitu misalnya. Hal-hal semacam itu bisa jadi icon untuk sebuah tempat karena unik menarik dan membuat orang ingin mengunjunginya. 

Kalau di semarang apa? ada misal tugu muda dan lawang sewu serta kulinernya yang terkenal adalah lunpia dan bandeng presto, sekrang kita masuk ngobrolin tentang kampus, dengan pola pikir yang sama maka akan kita dapatnya icon2 di sebuah kampus yang idntik dan mudah di ingat, contoh nih kita sebut UI ada "bikun/ biskuning" dan danau UI misalnya.

selanjutya masuk ke topik intinya, he..he..muter2 dulu tadi. saya akan membagi icon kampus saya yaitu undip dengan sedikit penjelasan dan tentunya ada logonya biar nandar banget :)

1. Patung Pangeran Diponegoro

Kita mulai yang pertama yaitu patung pangeran dipoengoro, jangan salah sebut yak karena patung ini lebih dikenal dengan sebutan patung kuda he..he..padalah itu nama Pahlawan kita yang berjuang melawan belanda dahulu kala demi kemerdekaan indonesia, sebagai penghormatan nama pangeran diponegoro menjadi nama kampus, stadion, jalan dan kodam. nah kita bisa menemukan patung ini di pintu gerbang undip dengan gagahnya dan juga di dalam kampus depan widya puraya (perpustakaan).

2. Patung Sapi 


Patung sapi ini adanya di Fakultas Peternakan dan pertanian, dulu dari undip pleburan (semarang bawah) dan sekarang di pindah di undip tembalang. patung sapi ini dulu pas kuliah dijuluki (PASA) bukan pasha ungu ya ha..ha..yang menarik patung ini tiap hari gak pernah sepi pengunjung, buat apa? buat foto-foto lah he..he..dari mahaiswa sampai warga sekitar. kalau main ke undip jangan lupa mampir dan poto dulu, coba tebak ada berapa sapi dalam logo itu? 


3. Taman Rusa 

Ini bukan taman safari ya :) ini taman rusa masih di area FPP undip tepatnya dekat gedung lab. B deket banget sama patung sapi, taman rusa ini baru ada 3 atau 5 tahun ini kalau gak salah dan sudah beranak katanya, jadi bisa buat hiburan juga nih, kalau mau lihat ayam-kambing dan sapi mamprilah ke fakultas peternakan dan pertanian tepat saya ngampus dulu ini he..he..(Fyi aja jaman saya ngampus belum ada taman rusa,  tua dong? wah ketahuan nih :D )

4. WP (Widya Puraya)

Geser ke arah utara dari taman rusa dan patung sapi kita ke WP atau widya puraya, gedung ini berdiri megah di depanya ada lapangan WP kalau sore rame mahaiswa pada olahraga, ada patung pangeran diponegoro dan di dalamnya adalah perpustakaan tempat para mahasiswa memancing ikan eh salah membaca maksudnya mosok di perpus mancing ikan :) peace :) selain perpus juga ada LPPM yang ngurusin pengabdian masyarakat gitu, ada juga salah satu ruangan baru namanya DEC (diponegoro entrepreneur center) ada usaha saya di sana he..he..


5. Waduk Undip

Jadi rekan-rekan kampus undip ini di aliri sebuah sungai yang tidak terlalu besar tapi juga tidak kecil namanya sungai Gambir, kalau musim hujan deras sih debitnya he..he..dan beberapa tahun terakhir dibuat waduk yang kabarnya kelak untuk praktikum anak-anak perikanan dan akan ada pembangkinya, asyik juga buat jogging di sore hari atau akhir pekan, kampusmu punya waduk belum??? he..he..


6. Gedung Kembar (Twin Tower)

Nama twin tower ini bikinan saay sendiri sih ha..ha..habis gedung ini kembar desainya ada di kanan kiri jalan masuk undip pas nanjak, yang sebelah kiri adalah gedung ITC dan sebelah kanan lab terpadu, keren sih berdiri megah dan kembar gitu akan lebih keren kalau di namai Twin Tower aja kali ya :)

Kok belum ada logonya? yak..ini kesempatan untuk para pembaca untuk membuat kreasi logo unofficial twin tower, silahkan mensyen ke akun twitter saya : @nandarart dan kalau menurut saya menarik desain anda akan saya post di blog ini dan dapat hadiah souvenir tentang undip dari LOETJU merhandise :)

Nah sekian dulu tulisan saya kali ini, semoga menarik dan memberi inspirasi untuk pembaca, sekali lagi ini hanya logo-logo unofficial bukan resmi versi kampus dan logo-logo diatas tidak semua hasil orisinil saya, ada beberapa diantaranya terinspirasi dari logo-logo di internet juga :). Bicara tentang icon dan sebuah tempat sebagai sarana branding sangat menarik, hanya saja belum semua stakeholder berfikir sampai kesana.


IG Campusnesia

anda juga bisa mendapatkan aneka produk souvenir khas kampus undip ini di LOETJU merchandise :)

penulis: Nandar
editor: Mumun
desain: Nandar
Artikel ini telah tayang di Nandarart.blogspot.co.id 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »