Nikmatnya d'Sambeli, Sambal Bandeng Khas Semarang Karya Mahasiswi Undip

7:24:00 AM


Campusnesia.co.id -- Hai sobat campusnesia, apa kabar nih? redaksi hadir lagi dengan tema kewirausahaan. Usaha yang akan kita bahas berasal dari kota Semarang dan kali ini kategori kuliner. Bicara wisata kuliner coba sebutkan makanan khas yang identik dengan Semarang. Yup banyak ya misalnya saja Lumpia, Wingko Babad dan tentu saja Bandeng presto. 

Bandeng merupakan ikan yang hidup di air payau biasanya di tambak. Bandeng banyak dibudidayakan di pesisir Semarang. Dagingnya yang lembut dan gurih membuat ikan satu ini bisa dinikmati dengan bergam resep olahan.

Ikan satu ini menarik perhatian Mahasiswa Peternakan Undip angkatan 2015 Tituk Suselowati, "Awalnya dulu kan ke Makasar lagi lomba, nah..beli oleh-oleh sambel ikan Roa dari sana..terus kepikiran untuk buat mas, dengan manfaatin potensi yang ada di Semarang yaitu ikan bandeng " ungkap Tituk ketika diwawanara redaksi melalui Whatsapp.

Dari ini ide, kemudian diikutsertakan dalam kompetisi bisnis tahunan Program Mahasiswa Wirausaha DIkti tahun 2017. Ia mengajak 4 rekan lainya sebagai tim yaitu Widya Sari Pangestika Statistika 2015, Kuliya Agroekoteknologi 2015, Hidayatul Munawaroh Teknologi Pangan 2015, Ika Nur Azizah Ilmu Perpustakaan 2015.

Komposisi sambel ini dari Bandeng Segar, Cabai, Bawang Merah, bawang putih, minyak nabati, penyedap rasa dll. Pembeli juga bisa memilih level kepedasan sesuai selera dari level 1 hingga 4.

Saat ditanya apa kelebihan produk mereka. Tituk menjelaskan "Praktis, gizinya juga tinggi karenanya diperkaya campuran ikan bandeng di sambel ini, terus mudah dibawa kemana-mana, ada tingkatan level kepedesannya, ada edukasi wisatanya..jadi bisa menambah wawasan pembeli..kurang lebih itu mas" . 



Tapi bukan berarti tanpa kendala ya sobat, Tituk menuturkan salah satu kendalanya adalah tentang ijin PIRT yang sedang diajukan, dan juga kendala produksi dalam jumlah besar. Saat ini produksi baru dalam jumlah terbatas sesuai pesenan. Tapi kendala itu tak menyurutkan semangat mereka untuk meperkenalkan dan menjual produk sambal ini, terbukti mereka aktif mengikuti bazar diberbagai event serta promosi di sosial media.

Menarik sekali ya ide dan produknya, kita doakan semoga Tituk dan timnya diberi kemudahan, usahanya bisa sukses dan memberi banyak manfaat. Oh ya selain dengan doa sobat campusnesia bisa mendukung juga dengan membeli produknya. Hubungi saja lewat sosial media berikut ini >> Line: @ovt592s , Facebook: d'sambeli dan Instagram: dsambeli atau hubungi hotline ini 085330069860.

itu dulu artikel kita kali ya, semoga bermanfaat dan menginspirasi kalian yang mau memulai usaha sejak dibangku mahasiswa.

foto: Tituk
penulis: Nandar

*pengumuman:
punya usaha yang lahir dari PKM-K dan PMW juga? masih jalan dan ingin dimuat di Campusnesia? kirim profile usahamu ke email redkasi: Campusnesia@gmail.com dan hubungi redaksi di 085292613001. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »