Tips Memasak Daging Kurban

11:10:00 AM


Bertemu lagi dengan Redaksi, hai Sobat Campusnesia kabar baik kan? menjelang Idul Adha nuansanya sudah mulai terasa. Di sepanjang jalan mudah kita temui display-display hewan kurban seperti kambing, domba dan sapi. Salah satu hal menarik ketika Idul adha adalah momen dimana kita mendapat jatah daging kurban dari lingkungan entah mushola, lembaga atau masjid. Biasanya di masak apa sobat campusnesia? sate, tongseng, gulai atau yang lain?

Hal yang tidak mudah adalah proses mengolahnya, dibutuhkan perlakuan tertentu agar daging tidak alot dan bau. kali ini redaksi akan membagi tips mengolah daging kambing kurban yuk simak;



Tips 1: Singkirkan lemaknya
Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

Tips 2: Jangan dicuci
Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.

Sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

Tips 3: Taburi garam
Kalau daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.

Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

Tips 4: Rebus dengan rempah-rempah
Kalau Anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

Tips 5: Baluri dengan parutan nanas
Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Tips 6: Baluri dengan parutan pir
Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Tips 7: Bungkus dengan daun pepaya
Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

Tips 8: Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Nah itu dia sobat campusnesia tips engolah daging kambing saat idul adha. jangan lupa ceritain pengalamanmu ya.




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor