Puluhan Calon Mahasiswa dari Pelosok Negeri, Hari Ini Mengikuti Seleksi Beastudi Etos Semarang

2:52:00 PM



CAMPUSNESIA.COM—SEMARANG— Sebanyak 17 siswa dan siswi lulusan SMA dan SMK sederajat dari seluruh pelosok negeri hari ini meramaikan Seleksi Tulis dan Wawancara Beastudi Etos Dompet Dhuafa Gelombang I. Dilaksanakan sejak pagi jam 08.00 wib di asrama putri Beastudi Etos semarang berlangsung hingga siang sekitar jam 2.

Ke Tujuh belas peserta seleksi gelombang 1 ini adalah mereka yang sudah lolos jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN. Dan sudah dinyatakan masuk Universitas Diponegoro yang pada sehari sebelumnya, selasa 31 Mei sudah melaksanakan lapor diri.

“ Hari ini yang mengikuti seleksi ada 17 orang, terdiri 5 orang putra dan 12 orang putri, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada yang dari kalimantan timur, lampung, sumatra utara, sumatra barat, temanggung, klaten, pati, batang dll ” kata Salman salah satu dari panitia seleksi yang juga merupakan penerima manfaat beastudi etos angkatan 2012.

Sementara untuk jurusan yang dipilih oleh para peserta seleksi hari ini juga beragam, masih dari keterangan salman ada yang mengambil jurusan ekonomi, oceanografi, perikanan, kesehatan masyarakat dll.

Ketika redakasi menemui salah satu dari interviewer yang hari ini membantu proses seleksi yaitu Bahrudin, yang juga merupakan salah satu alumni dan ketua alumni Beastudi Etos Semarang, ketika kami bertanya tentang materi wawancara berliau menjelaskan “ yang kami cari adalah mereka yang mempunyai kemapuan akademis dan motivasi yang tinggi tapi berasal dari keluarga kurang mampu, serta memiliki potensi diri yang bisa dikembangkan, kepeipinan dan akhlak yang mulia ”

Untuk diketahui beastudi etos adalah salah satu program beasiswa dari Dompet Dhuafa, yang merupakan program beasiswa investasi sumber daya manusia strategis. Penerima manfaat program ini ditujukan kepada mahasiswa kurang mampu yang telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016.

Saat ini Beastudi Etos DD telah menjangkau 16 kampus Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dari Aceh sampai Ambon. Kampus paling barat ada UNSYIAH (Aceh), selanjutnya UNAND (Padang), USU (Medan), UI (Jakarta), UIN Syarif Hidayatullah (Banten), IPB (Bogor), ITB dan UNPAD (bandung), UNDIP (Semarang), UGM (Yogyakarta), UB (Malang), ITS dan UNAIR (Surabaya), UNMUL (Samarinda), UNHAS (Makassar), sampai UNPATTI (Ambon) berada di wilayah paling timur.

Program Beastudi Etos DD fokus pada investasi strategis sumber daya manusia untuk menghasilkan profil mahasiswa berjiwa pemimpin, mandiri, unggul, disiplin, berakhlak islami, dan mampu berkontribusi pada masyarakat.


Untuk seleksi gelombang ke 2 akan dilaksanakna pada 21 juli, setelah penguuman hasil SBMPTN. /AM


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor