Mahasiswa Informasi dan Humas UNDIP Gelar Kampanye GEMA bersama GoBank Surip

 



Campusnesia.co.idSemarang, 9 Juni 2024. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Mahasiswa Program Studi D4 Informasi dan Humas Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar kampanye GEMA (Gerakan Mahasiswa Sadar Sampah) di Bundaran Pahlawan, Simpang Lima Semarang, pada Minggu pagi (9/6). Kampanye ini menggandeng GoBank Surip, sebuah bank sampah yang berlokasi di Jl. Purwogondo I No.276, Dadapsari, Kec. Semarang Utara.

Dalam kampanye GEMA, mahasiswa menyediakan tempat sampah di satu spot Bundaran Pahlawan serta membawa tempat sampah keliling yang dilaksanakan oleh 13 mahasiswa UNDIP Mahasiswa yang tergabung dalam kampanye GEMA meliputi Nafatha Crisandi, Rayhan Pasha, Khiar Amru S., Auriel Tabina S., Siti Sarah, Difani Love, Frizkya Fathya, Khaerunisa Safa K., Desi Dwiyanti, Nabila Imaddudin, Khaula Syaikiyah, Leviana Maharani, dan Hayunisa Maharani. 

Perwakilan mahasiswa, Difani Love, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk perhatian generasi muda terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya.

"Kampanye GEMA adalah bukti bahwa mahasiswa bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Ini juga merupakan implementasi dari pembelajaran di kelas," ujarnya dalam rilis yang dikirim ke Campusnesia.

Bersama pengurus GoBank Surip, para mahasiswa dibagi menjadi beberapa tim yang bertugas mengumpulkan sampah dari pengunjung Car Free Day. Mereka mengumpulkan botol plastik, plastik bekas bungkus makanan, dan sampah kertas. Beberapa mahasiswa berjaga di tempat sampah statis di Bundaran Pahlawan, sementara yang lain bergerak menyusuri Stand Kuliner di Jalan Imam Bardjo SH, Jalan Pahlawan, hingga Taman Indonesia Kaya.

Pada saat pelaksanaannya, para pengunjung Car Free Day merasakan manfaat besar dari Kegiatan Gema Sampah ini, mereka dapat mengingat kembali tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memberikan pemahaman tentang berbagai jenis sampah, termasuk organik dan anorganik.

Kepala Bank Sampah Sumber Urip, Bapak Gatot Iman Triyoga, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para mahasiswa atas kerjasama yang baik dalam kampanye GEMA. Beliau menjelaskan bahwa melalui gerakan ini, jumlah sampah yang biasanya bercecer di sepanjang rute Car Free Day bisa berkurang signifikan.

"Semangat teman-teman mahasiswa luar biasa. Mereka berjalan bersama sepanjang rute Car Free Day dan menyapa orang-orang yang membuang sampah dengan ramah. Banyak orang yang membuang sampah dengan tersenyum," ujarnya.

Dengan adanya kampanye GEMA, diharapkan sampah yang terkumpul dapat ditampung dan diolah oleh GoBank Surip menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk melakukan kegiatan sosial yang berdampak langsung pada masyarakat dan lingkungan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon