Wow!! TIM II KKN UNDIP Desa Terlangu Memberikan Dan Menciptakan Sebuah Ide Yang Baru Dalam Peningkatan Kualitas Ikan Asap Bu Lina Dengan Pendampingan Dinas Perikanan Kecamatan Brebes


Ikan Asap Bu Lina, Bikin Terlena 
Praktek secara langsung dalam menggunakan alat vakum sealer oleh Ibu Lina 


Campusnesia.co.idTerlangu (23 /07/2023). Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro Program Studi Psikologi melaksanakan kegiatan yaitu program Multidisiplin dengan judul “ Wow Tim II KKN Undip Desa Terlangu memberikan dan menciptakan sebuah ide yang baru dalam peningkatan kualitas ikan asap bu lina dengan pendampingan dinas perikanan kecamatan brebes, Kabupaten Brebes.

Desa Terlangu, sebuah desa yang terletak di pinggiran kota, telah menjadi sorotan positif dalam beberapa tahun terakhir berkat perkembangan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM) ikan asap. UMKM ikan asap di Desa Terlangu telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi penduduk setempat dan mengangkat potensi ekonomi masyarakat desa secara keseluruhan. Pada kesempatan kali ini, kami akan melihat bagaimana UKM ikan asap di Desa Terlangu menjadi contoh sukses bagi pemberdayaan masyarakat lokal.

UMKM ikan asap Bu Lina Desa Terlangu telah mengalami peningkatan produksi lebih baik dari biasanya. Melalui kolaborasi dengan Ibu Dinas Perikanan Kecamatan Brebes yang hadir pada saat pelaksanaan program multidisiplin Tim II KKN Undip 2022/2023. UMKM ini menerima pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas dan teknik pengasapan ikan. 

Hasilnya, produk ikan asap dari Desa Terlangu semakin diminati oleh konsumen. Pada saat pelaksanaan multidisiplin Tim II KKN Undip 2022/2023 juga mengenalkan Asap Cair untuk meningkatkan rasa pada ikan asap dan ketahanan pada ikan asap. Penggunaan asap cair dipantau secara langsung oleh Dinas Kesehatan. Penggunaan Asap cair hanya 3% dicampur dengan air dan juga garam. Penggabungan elemen sebelum diasap harus ditunggu selama 15 menit kemudian setelah itu langsung di asap.

UMKM ikan asap di Desa Terlangu tidak hanya memberikan dampak ekonomi positif tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat. Lebih dari 30% dari total penduduk desa telah terlibat langsung dalam proses produksi dan kebanyakan ibu di sekitar, mulai dari mencuci ikan, memberikan garam dan juga dalam hal pengasapan. 

UMKM  ikan asap Desa Terlangu juga tidak tinggal diam dalam hal branding dan pemasaran. TIM II KKN Undip Memperkenalkan alat vakum sealer untuk membesarkan jangkauan pasar ikan asap desa terlangu dan menjaga kebersihan serta ketahanan pada saat menggunakan alat vakum.  Tim II KKN Undip sudah memberikan alat vakum, design sticker untuk mempercantik kemasan di dalam ikan asap. 

Pendampingan Oleh Dinas Perikanan 
pada saat penggunaan asap cair dalam pengasapan ikan


Keberhasilan UMKM ikan asap di Desa Terlangu tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah daerah dan lembaga swadaya masyarakat. UMKM ikan asap di Desa Terlangu merupakan contoh sukses dari upaya pemberdayaan masyarakat melalui sektor perikanan.
 
Pengembangan usaha ini telah memberikan dampak positif pada ekonomi desa, menciptakan lapangan kerja, serta memperkuat citra Desa Terlangu sebagai daerah yang produktif dan inovatif. Keberhasilan UMKM ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk menggali potensi lokal dan mengembangkan usaha berbasis masyarakat.



Penulis: 
1. El Thassqilani Akira FISIP
2. Rahayu Rahmadila FSM
3. Dania Sabrina Br Sinaga    F.PSI
4. Nabila Andari Dinia FISIP
5. Didi Prasetyo FH
6. Muhammad Sandika Varma FPP
7. Abrar Dani Syahputra SV
8. Bella Septi Amelia FIB
9. Grace Aprilia Sirumapea FPIK

Dosen Pembimbing Lapangan:  Nikie Astorina YD,  SKM,  M. Kes

Lokasi KKN : Desa Terlangu, Kelurahan Brebes,  Kecamatan Brebes,  Jawa Tengah

KKN TIM II Universitas Diponegoro

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon