Langkah Solutif Mencegah Kemiskinan Ekstrim Sejak Remaja!! Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Pendampingan Pendaftaran Kartu Prakerja di Desa Terlangu

 
Pelaksanaan Program Multidisiplin Bersama Karang Taruna Desa Terlangu


Campusnesia.co.id -  Terlangu (28/07/2023) – Dengan mengusung tema “Kartu Prakerja Sebagai Langkah Solutif Mencegah Kemiskinan Ekstrim Sejak Remaja di Desa Terlangu”, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 mencegah kemiskinan ekstrim di Desa Terlangu dengan memberikan pendampingan dalam mengisi formulir pendaftaran, membantu mengakses situs web Kartu Prakerja, memberikan informasi tentang program pelatihan dan kursus yang tersedia, serta informasi perubahan skema Kartu Prakerja pasca COVID-19 pada kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Terlangu,  Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

Program ini dilatarbelakangi oleh adanya 90% masyarakat di Desa Terlangu terjangkit fenomena kemiskinan yang tidak biasa, bukan materi, melainkan mental. Masyarakat terlangu kerap kali terbiasa dengan bantuan tunai saat Pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan masyarakatnya selalu bertumpu pada bantuan. 

Bisa dikatakan, tingkat kemandirian masyarakatnya dalam hal mencari nafkah sendiri berkurang. Terlebih, mayoritas dari pekerja di Desa Terlangu bukan lulusan SMA, sehingga kurangnya skill dan pengetahuan tentang dunia kerja menjadi salah satu persoalan yang perlu dituntaskan dalam tubuh masyarakat. Oleh karenanya, program kali ini menyasar pada pemuda,  terkhusus remaja karang taruna, yang secara umur maupun pendidikan siap untuk bekerja.
 
Poster tentang Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan kebijakan yang dicanangkan pemerintah yang berupa program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Namun seiring mulai pulihnya pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja yang awalnya berbentuk semi BANSOS diharapkan segera menjalankan skema normal dengan pelatihan offline yang merupakan desain awal Program Kartu Prakerja. 

Skema Normal merupakan skema program Kartu Prakerja yang lebih memfokuskan bantuan untuk meningkatkan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan  secara langsung kepada peserta dan juga insentif usai menyelesaikan pelatihan, dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

 Pelaksanaan Program Multidisiplin di Desa Terlangu

Dengan tingginya antusias masyarakat, terutama remaja di Desa Terlangu yang menjadi sasaran program ini, segala kegiatan dapat terlaksana dengan sangat baik. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah mulai dari pendampingan dalam mengisi formulir pendaftaran kartu prakerja, membantu mengakses situs web Kartu Prakerja, memberikan informasi tentang program pelatihan dan kursus yang tersedia, serta perubahan skema Kartu Prakerja pasca COVID-19. 

Dalam hal ini,  mahasiswa KKN Tim II Undip juga membuka grup WhatsApp sebagai jaringan informasi program kartu prakerja bagi masyarakat. Harapannya kegiatan ini dapat membawa trend positif bagi masyarakat di Desa Terlangu sehingga tingkat kemandirian masyarakat, dalam hal mencari nafkah, dapat meningkat seiring dengan berkembangnya kompetensi kerja masyarakatnya.


Penulis : 
1. El Thassqilani Akira  FISIP
2. Rahayu Rahmadila  FSM
3. Dania Sabrina Br Sinaga    F.PSI
4. Nabila Andari Dinia  FISIP
5. Didi Prasetyo  FH
6. Muhammad Sandika Varma FPP
7. Abrar Dani Syahputra SV
8. Bella Septi Amelia FIB
9. Grace Aprilia Sirumapea FPIK

Dosen Pembimbing Lapangan:  Nikie Astorina YD,  SKM,  M. Kes

Lokasi KKN: Desa Terlangu, Kelurahan Brebes,  Kecamatan Brebes,  Jawa Tengah

KKN TIM II Universitas Diponegoro

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon