Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Bentuk Kader Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia



Campusnesia.co.id - Kesehatan gigi dan mulut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga selama keberlangsungan hidup supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan dapat meningkatkan kualitas hidup. 

Meskipun begitu, di Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, kesehatan gigi dan mulut masih belum menjadi perhatian masyarakat, termasuk untuk golongan lansia. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan pembentukan kader kesehatan gigi dan mulut lansia.

Pembentukan kader kesehatan gigi dan mulut lansia di Desa Sendangrejo dilaksanakan pada kegiatan Posyandu lansia di rumah Kepala Dusun I Desa Sendangrejo. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para lansia yang akan melakukan pemeriksaan pada kegiatan Posyandu, Ibu Bidan, para kader Posyandu, dan mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. Tujuan dari dibentuknya kader kesehatan gigi dan mulut lansia adalah supaya kesehatan gigi dan mulut lansia terjaga dengan bantuan para kader.



Dokumentasi penyerahan poster 5M Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia dan poster Pelatihan Latihan Otot Wajah, Latihan Lidah, dan Pijat Kelenjar Air Liur kepada perwakilan kader kesehatan gigi dan mulut lansia. (05/08/2023)


Kegiatan pembentukan kader kesehatan gigi dan mulut lansia di Desa Sendangrejo diawali dengan memberikan edukasi terkait kesehatan gigi dan mulut lansia kepada kader Posyandu dan para lansia yang datang di kegiatan Posyandu. Pada kegiatan tersebut, diberikan juga demonstrasi dan pelatihan latihan otot wajah, latihan lidah, dan pijat kelenjar air liur untuk meningkatkan produksi air liur dan memperjelas pengucapan lansia. 

Setelah itu, dilakukan pembentukan kader kesehatan gigi dan mulut lansia. Respons masyarakat terhadap program ini sangat baik. Para kader Posyandu bersedia menjadi kader kesehatan gigi dan mulut lansia serta bersedia membantu para lansia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya terutama untuk lansia yang sudah tidak mandiri. 

Setelah edukasi dan pembentukan kader, diberikan poster 5M Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia dan poster Pelatihan Latihan Otot Wajah, Latihan Lidah, dan Pijat Kelenjar Air Liur sebagai salah satu panduan bagi para kader kesehatan gigi dan mulut lansia.

Dalam pelaksanaan program pembentukan kader kesehatan gigi dan mulut lansia, Ibu Bidan menyampaikan akan turut serta menjaga kesehatan gigi dan mulut lansia di Desa Sendangrejo. 

Harapan dengan adanya program ini adalah kesehatan gigi dan mulut dapat menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh masyarakat, terutama lansia, dan dengan demikian dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat di Desa Sendangrejo.



Penulis: 
Caroline Carissa Wijaya




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon