Membuka Jalan Baru untuk Nelayan: Pemberdayaan Kelompok Nelayan di Desa Keboromo oleh Mahasiswa KKN UNDIP dalam Mengolah Rajungan menjadi Ketam Rajungan (Frozen Food)



Campusnesia.co.id - Telah dilaksanakan pelatihan pengolahan rajungan menjadi produk ketam yang modern dan inovatif pada nelayan di Desa Keboromo. Dilansir dari Wikipedia, rajungan adalah nama sekelompok kepiting dari beberapa genus anggota famili Portunidae.

Desa Keboromo berlokasi di Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Wilayahnya dekat dengan laut sehingga banyak penduduk desa bermata pencaharian sebagai nelayan, khususnya nelayan rajungan. Namun, hasil rajungan yang diperoleh hanya dijual ke pemasok berupa bahan mentah. 

Harga jual rajungan mentah sering kali tidak stabil dan menjadi permasalahan pokok terkait pendapatan nelayan rajungan. Hal ini menarik perhatian mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro untuk mengembangkan olahan rajungan menjadi produk dengan harga jual yang lebih tinggi.


“Rasanya enak, Mbak. Pengolahannya juga gampang, mudah dibuat,” ujar salah satu warga Desa Keboromo yang mengikuti pelatihan. Pelatihan pengolahan rajungan menjadi ketam rajungan disambut dengan antusias oleh warga dari awal acara hingga demo memasak ketam rajungan.

Pelatihan ini dilaksanakan pada Jum’at, 4 Agustus 2023, di salah satu rumah warga Desa Keboromo serta dihadiri sekitar 30 orang dari kelompok nelayan. Acara dibagi menjadi beberapa sesi, diantaranya pemaparan materi (pemasaran online atau digitalisasi marketing dan perhitungan harga jual produk) dan demonstrasi (pengolahan rajungan menjadi ketam rajungan beserta packaging dengan vacuum sealer). 


Demonstrasi pengolahan rajungan diprioritaskan kepada kelompok nelayan dari ibu-ibu, sedangkan pemasaran, perhitungan harga jual produk, hingga packaging diprioritaskan kepada kelompok nelayan dari bapak-bapak.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan ketam rajungan adalah 1 kg daging dan cangkang rajungan (direbus terlebih dahulu), 2 sdt garam, ½ sdt lada bubuk, penyedap rasa secukupnya, 1 sdt kecap asin, 1 sdt saus tiram, 3 sdm maizena, 3 butir telur, seledri secukupnya (dicincang halus), dan lemon secukupnya. 



Cara pembuatannya yaitu siapkan rajungan yang telah dikeluarkan seluruh dagingnya, sisakan cangkang rajungan, lalu beri perasan lemon agar tidak terlalu amis. Selanjutnya, masukkan semua bahan ke dalam baskom berisi daging rajungan dan aduk rata. 

Masukkan adonan ke dalam cangkang yang telah dibersihkan hingga terisi penuh. Kukus selama 20-25 menit. Setelah itu, angkat dan dinginkan di suhu ruang. Proses terakhir adalah packaging dengan vacuum sealer. Ketam rajungan pun siap untuk dipasarkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon