Guna Meningkatkan Income, Mahasiwa KKN Undip Kenalkan Facebook Marketplace pada UMKM di Desa Sendangrejo

 


Campusnesia.co.id - Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi brand produk yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efektif. 

Setelah melakukan observasi, ternyata terdapat UMKM di Desa Sendangrejo yang masih melakukan sistem pemasaran secara konvensional dengan menitipkan barang dagangannya ke toko-toko disekitaran desa dan Kecamatan Klego. Dengan sistem seperti ini maka penjualan dan pemasarannya masih belum maksimal sehingga pendapatan dari usaha UMKM masih kurang.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Wahyu Ilham Saputra mengusung program kerja mengenai “Pelatihan pemasaran UMKM kacang oven Oscar D King’s melalui strategi pemanfaatan Marketplace guna meningkatkan pendapatan”. 

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juli 2023 di rumah produksi UMKM Kacang Oven Oscar D King’s. Tujuan program kerja tersebut untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi bagi UMKM Kacang Oven Oscar D King’s sehingga jangkuan pasarnya tidak hanya di Desa Sendangrejo dan sekitarnya.

Dokumentasi kegiatan Pelatihan 
cara buat akun Facebook Marketplace. (25/07/23)

Program kerja ini meliputi pemberian materi berupa pengenalan digital marketing, apa itu marketplace dan manfaat marketplace untuk pemasaran, pelatihan cara buat akun facebook marketplace, bagaimana mengoperasikan facebook marketplace, bagaimana cara menjual dan melakukan penawaran di marketplace dan memberikan tips bagaimana cara memasarkan produknya dengan baik dan benar. Setelah pelatihan dilakukan program ini diakhiri dengan pembuatan akun Facebook Marketplace UMKM Kacang Oven Oscar D King’s.

Dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Kacang Oven Oscar D King’s yaitu dapat memperluas pangsa pasar agar menjangkau seluruh Indonesia. Selain itu, penggunaan facebook marketplace juga dapat meningkatkan pendapatan UMKM Kacang Oven Oscar D King’s.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon