Mari Cegah Kekerasan Seksual! Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Pendidikan Seks Sejak Dini pada Guru dan Murid



Campusnesia.co.id - Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan (25/07/2023) - Berdasarkan riset yang dilakukan KEMENPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia) sepanjang tahun 2022, terdapat 26.112 kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. 

Angka tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat edukasi pendidikan seks sejak dini di Indonesia masih terbilang tabu. Padahal, sex education usia dini penting untuk dilakukan agar anak memiliki pemahaman yang baik tentang bagian privat tubuh dan tidak meniru perilaku yang tidak pantas. 

Pemaparan Materi Kepada Para Guru SDN 02 Karangasem


Di Desa Karangasem, pemahaman mengenai pentingnya sex education sejak dini masih belum optimal, Hal ini dapat mengarah kepada kekerasan seksual secara langsung maupun digital. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023, Rana Badria Kusumawardani dibawah arahan dosen pembimbing lapangan bapak Ocid Mursid, S.T., M.T,  mengusung program monodisiplin “Peningkatan Pemahaman Sex Education melalui Guru dan Murid SDN 02 Karangasem” sebagai solusi dari permasalahan tersebut. 

Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi kepada para guru dan murid kelas 4, 5, dan 6 di SDN 02 Karangasem. Sosialisasi kepada para murid dilakukan pada tanggal 24 Juli dengan melakukan pemberian materi “Good Touch and Bad Touch” untuk memberikan pemahaman mengenai bagian privat tubuh dan anggota tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Sosialisasi kepada para guru dilakukan pada tanggal 25 Juli dengan melakukan pemberian materi “Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini” berisi tujuan dan dampak dari edukasi tersebut. 

Poster Edukasi 

Kegiatan berlangsung dengan lancar. Para guru dan murid terlihat antusias mendengarkan pemaparan materi yang diberikan. Melalui program ini, diharapkan para guru dapat menyampaikan edukasi pendidikan seks sejak dini dengan mudah dan para murid dapat mengimplementasikan informasi yang didapat dengan baik sehingga angka kekerasan seksual terhadap anak dapat berkurang.



Penulis: Rana Badria Kusumawardani (14040120140091)
Jurusan/Fakultas: Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T
Lokasi KKN: Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Pekalongan
KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon