Tekan Kenaikan Angka Stunting! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Sosialisasikan Program GEMERINCING

 


Campusnesia.co.idDesa Kertasari, Suradadi, Tegal (27/07/2023) – Stunting merupakan salah satu permasalahan yang mengkhawatirkan bagi anak. Desa Kertasari merupakan desa dengan kasus stunting pada anak yang menduduki peringkat pertama se-Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dengan jumlah 73 anak. 

Mengatasi hal tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2022/2023 yang telah diterjunkan di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal memilih program kerja multidisiplin 2 dengan tema “GEMERINCING (Gemar Makan Ikan untuk Mencegah Stunting) Berbasis Produk Diversifikasi Hasil Perikanan”. 

Stunting diartikan sebagai kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang yang mengakibatkan masalah kronis, dilihat dari kondisi Ketika tinggi badan anak lebih pendek dari anak seusianya. Kondisi stunting dapat disebabkan oleh malnutrisi yang dialami ibu saat hamil, kurangnya asupan gizi selama 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yang dimulai sejak di dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Oleh karena itu, asupan gizi pada balita dan ibu hamil perlu diperhatikan untuk mencegah risiko stunting. 

Sebanyak 73 kasus stunting ditemukan di Desa Kertasari dan menduduki peringkat pertama se-Kecamatan Suradadi. Informasi tersebut disampaikan oleh Ibu Ade selaku ketua PKK Desa Kertasari. Permasalahan ini muncul karena kurangnya pengetahuan ibu hamil dan ibu balita mengenai stunting, seperti terdapat bantuan makanan untuk anak dari Provinsi, namun ibu balita tidak mendistribusikan kepada anaknya. Adanya fakta tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP mengangkat program kerja edukasi pentingnya pemenuhan gizi anak kepada ibu balita. 

Sasaran dari program kerja ini adalah ibu hamil dan ibu balita. Program Multidisiplin ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 yang bertempat di Rumah Ibu Warniti selaku Kader Posyandu dalam kelas ibu balita. Kegiatan ini dihadiri oleh 13 ibu balita dengan usia anak dibawah 2 tahun. 

Kegiatan ini diawali dengan kelas balita oleh Bidan Desa Kertasari yang kemudian dilanjut dengan pemaparan materi mengenai pencegahan Stunting melalui pemenuhan gizi salah satunya dengan cara diversifikasi olahan hasil perikanan, seperti nugget, sempol dan bakso ikan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP. Setelah pemaparan materi, kegiatan diakhiri dengan pembagian olahan hasil perikanan berupa nugget yang telah diproduksi oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP. 

Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka stunting, khususnya di Desa Kertasari. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan edukasi kepada ibu hamil dan ibu balita serta dengan adanya produk olahan hasil perikanan berupa nugget dapat menjadi salah satu alternatif pemenuhan gizi melalui ikan. Selain itu, diversifikasi hasil perikanan tersebut dapat menjadi peluang usaha yang dapat membantu perekonomian masyarakat di Desa Kertasari.



Penulis: 
Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Kertasari 1, Kec. Suradadi, Kab. Tegal

1. Adley Ahlan Hendrawan / Fakultas Ekonomika dan Bisnis
2. Arum Sekar Wijaya / Sekolah Vokasi
3. Aura Bunga Devismara / Fakultas Ekonomika dan Bisnis
4. Eva Aulia Risma / Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
5. Kevin Sun Elfrando Sinaga / Fakultas Peternakan dan Pertanian 
6. Muhammad Ilham Tajuddin / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
7. Muhammad Rafii Falih / Fakultas Teknik
8. Niken Khusuma Wardhani / Fakultas Ilmu Budaya
9. Rakhmat Laden Masy’ar / Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
10. Septa Junisa / Fakultas Hukum

DPL: 
Slamet Suharto, S.Pi, M.Si

Lokasi: 
Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon