Luar Biasa! Program Budidaya Maggot KKN TIM II UNDIP Kelurahan Sonorejo Kecamatan Sukoharjo Menjadi TOP 3 Program Pilihan Rektor UNDIP Pada Gelar Karya “EXPO SISI” Kabupaten Sukoharjo

 


Campusnesia.co.idKKN TIM II Universitas Diponegoro 2023 Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo menjadi peringkat 3 besar pada gelar karya “EXPO SISI” Kabupaten Sukoharjo. Program ini dipilih karena dianggap berpotensi besar dalam pengelolaan limbah organik dan dapat mengurangi permasalahan sanitasi terutama di Kabupaten Sukoharjo.

Melalui program KKN TIM II Universitas Diponegoro 2023, dilakukan kegiatan sosialisasi budidaya maggot BSF guna mengelola sampah organik kepada masyarakat Kampung Gabahan, Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. 

Program ini diinisiasi oleh kelompok KKN yang bekerja sama dengan Praktisi budidaya maggot BSF di Kecamatan Sukoharjo, yakni “Maggot Labs”. Harapan kegiatan program multidisiplin ini adalah mengedukasi masyarakat Kampung Gabahan untuk mengelola sampah organik melalui budidaya maggot BSF. Sebab, sampah organik di lingkungan Kampung Gabahan masih belum terkelola dengan baik. 

Sosialisasi program multidisiplin yang bertema “Pengelolaan dan Pemilahan Limbah Rumah Tangga” ini dihadiri oleh 20 tokoh masyarakat Kampung Gabahan. Materi sosialisasi disampaikan melalui presentasi dan menunjukkan secara langsung maggot yang telah dibudidayakan kepada masyarakat agar dapat dipahami dengan baik. Peserta diberikan edukasi mengenai budidaya maggot BSF skala rumah tangga, siklus hidupnya, tahapan budidaya maggot, dan produk-produk hasil budidaya maggot BSF yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Media baca berupa booklet juga dibagikan kepada para peserta agar dapat menjadi bahan bacaan. 

Selama berlangsungnya kegiatan sosialisasi pengenalan budidaya maggot, seluruh peserta aktif mendengarkan dan melihat secara langsung maggot yang telah dibudidayakan oleh kelompok KKN TIM II Universitas Diponegoro. Saat dilakukannya sosialisasi, Masyarakat beranggapan maggot BSF ini sama dengan belatung (larva lalat hijau) yang berbau busuk. Kemudian saat dilihatkan maggot yang telah dibudidayakan di posko KKN, peserta sangat antusias dalam memerhatikan maggot yang ada di 4 siklus hidup, yaitu baby maggot (anakan maggot), maggot dewasa, lalat hitam, dan lalat hitam yang sudah mengering. 

Peserta sosialisasi juga aktif bertanya mengenai maggot, dan memahami bahwa maggot tidaklah sama dengan belatung. Program ini cukup menginspirasi masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah organik rumah tangga melalui kegiatan budidaya maggot.
Sosialisasi ini disampaikan dengan baik oleh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai fakultas. 

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terutama di kelurahan Sonorejo dalam melakukan pemilahan dan pengelolaan limbah rumah tangga melalui kegiatan budidaya maggot. Hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi dalam penanganan sampah dan dapat mengembangkan kegiatan budidaya maggot sebagai bentuk usaha yang berkelanjutan.



DPL: Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M. Si. & Satria Aji Darmawan, S. I. P., MPA.
Lokasi KKN: Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon