Meningkatkan UMKM Keripik Tempe Di Desa Kalangan Hanya Dengan Copywriting

 


Campusnesia.co.idUMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Pada saat ini sudah mulai banyak UMKM yang bermunculan di kota-kota hingga di desa. Meskipun telah banyak UMKM yang bermuculan namun masih banyak UMKM yang belum berkembang. 

Kurang berkembangnya UMKM tersebut disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya pengetahuan teknologi, teknik pemasaran, copywriting dan sebagainya. Kasus tersebut banyak terjadi di Indonesia khususnya pelaku UMKM yang ada di desa-desa, dimana banyak UMKM yang pemasarannya belum berkembang dan hanya sebatas di ruang lingkup desa. Contohnya seperti di Desa Kalangan, Kec. Pedan, Klaten.

UMKM di Dukuh Durenan, Desa Kalangan terbilang cukup banyak khususnya UMKM Keripik Tempe, namun di antara dari mereka kurang berkembang akibat pemasaran yang kurang luas. Untuk mengurangi permasalahan tersebut penulis memilih salah satu UMKM Keripik Tempe milik Bu Harni untuk diadakan pelatihan dan pendampingan copywriting

Pelatihan tersebut dilakukan dengan cara langsung mendatangi tempat usaha Bu Harni pada tanggal 21, 23, dan 25 Juli 2023. Pemilik UMKM diberi pengetahuan mengenai teknik pembuatan copywriting yang menarik dan menjual khususnya dalam mengoptimalisasi penggunaan digital marketing. Teknik tersebut diantaranya seperti teknik AIDA, pertanyaan yang sering digunakan, serta konsep slippery slide.
 
Dengan adanya pelatihan Copywriting pada UMKM tersebut diharapkan dapat menambah wawasan pemilik UMKM terkait. Pasalnya tidak hanya pelatihan Copywriting saja namun juga terdapar pelatihan digital marketing yang ditunjukan kepada UMKM. Pemilik UMKM yang dibantu dalam pembuatan brosur pemasaran merasa berterima kasih dan terbantu. 

Harapan dari penulis sendiri setelah dilaksanakannya program kerja tersebut adalah ingin UMKM sekitar menjadi lebih dikenal banyak warga sekitar Desa Kalangan hingga luar desa dengan menggunakan teknik copywrting dan teknologi penunjang seperti e-commerce, sosial media, dan WA yang penyebarannya mudah dan cepat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon