KKN Tim II Undip Hidupkan Kembali Web Desa!

 


Campusnesia.co.idPemalang (9/8) - Desa Longkeyang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Pada segi kualitas penduduk di Desa Longkeyang tidak semua memiliki kualitas hidup yang baik dari segi pemahaman kesehatan maupun perekonomian dan berkaitan dengan media informasi. 

Ditemukan beberapa Ibu hamil, ibu dengan anak batita serta balita di Desa Longkeyang yang belum memiliki kesadaran pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan maupun memenuhi kebutuhan imunisasi anak di posyandu dan masih kurangnya peran posyandu untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran terhadap masalah tersebut baik secara umum maupun hukum. Selain itu, publikasi terkait UMKM dan Infografis data posyandu dinilai masih kurang.

Pemahaman kesehatan yang tidak terpenuhi secara menyeluruh dapat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, kesehatan keluarga, maupun kesehatan Masyarakat. Peningkatan pemahaman kesehatan dapat dilakukan dengan pemberian sosialisasi Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di Posyandu. 

Selain meningkatkan pemahaman, hal ini juga dapat meningkatkan peran posyandu serta pemenuhan infografis data posyandu di Desa Longkeyang. Bertambahnya pemahaman terkait kesehatan dapat berdampak positif serta memberi kontribusi pada peningkatan status kesehatan di Desa Longkeyang.

Begitu pula dengan kondisi ekonomi di Desa Longkeyang. Di Desa Longkeyang terdapat beberapa UMKM khususnya di sektor makanan ringan. Namun, jangkauan UMKM masi hanya sebatas di Desa Longkeyang. 

Hal tersebut salah satunya karena kurangnya publikasi UMKM. Pentingnya publikasi UMKM salah satunya yaitu meningkatkan awareness masyarakat mengenai keberadaan UMKM sehingga UMKM dapat lebih dikenal masyarakat luas. 

Pentingnya peningkatan pemahaman terkait kesehatan dan ekonomi yang berkaitan dengan media informasi sebagai peningkatan kesejahteraan Desa Longkeyang mendorong Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, TIM KKN Desa Longkeyang untuk menginisiasi pelaksanaan Optimalisasi Web Desa Longkeyang sebagai Media Informasi dan Edukasi Kesehatan dan Ekonomi Desa Longkeyang. 

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan wadah kepada Masyarakat Desa Longkeyang sebagai peningkatan pemahaman serta pentingnya pemahaman kesehatan maupun perekonomian yang berkaitan dengan Media Informasi.

Link website : https://longkeyang.desa.id/infografis-posyandu/ 


Program Optimalisasi Web Desa Longkeyang sebagai Media Informasi dan Edukasi Kesehatan dan Ekonomi Desa Longkeyang dilaksanakan hari Rabu, 9 Agustus 2023 Sasaran dari program ini adalah Ibu hamil, Ibu dengan anak batita serta balita, dan pelaku bisnis UMKM. 

Pada pelaksanaan program ini, dilakukan berbagai kegiatan seperti penjelasan pentingnya memeriksa kesehatan di posyandu, pembuatan infografis, serta  penginputan hasil infografis posyandu ke web Desa Longkeyang. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang menanyakan beberapa pertanyaan. 

Selain itu, melalui program ini diharapkan dapat membantu pemerintah Desa Longkeyang dalam upaya mengoptimalisasikan website desa. Untuk melihat hasil dari pengoptimalan web tersebut dapat diakses pada https://longkeyang.desa.id/

Link website : https://longkeyang.desa.id/peta-umkm/ 


Selain itu, untuk sektor ekonomi dilakukan pendataan UMKM di Desa Longkeyang. kemudian, dari data yang diinput tersebut diolah menjadi bentuk peta persebaran UMKM di Desa Longkeyang. 

Dengan adanya peta tersebut diharapkan mampu meningkatkan awareness mengenai UMKM yang berada di Desa Longkeyang dan UMKM Desa Longkeyang dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas serta sebagai bentuk upaya optimalisasi website desa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon