Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Masyarakat Desa Longkeyang Hidup Bersih dan Sehat!




Campusnesia.co.idPemalang (5/8/2023) – Desa Longkeyang merupakan sebuah desa dengan keanekaragaman potensi lingkungan yang majemuk. Dengan hal ini sebenarnya banyak potensi sumber daya lingkungan yang dapat digunakan sebagai penujang ekonomi maupun digunakan langsung sebagai pemenuhan kebutuhan konsumsi. 

Namun seiring berjalannya waktu, keadaan lingkungan di desa Longkeyang semakin memburuk yang mana ditemukannya pembuangan sampah sembarangan dan juga untuk TPS sendiri di desa Longkeyang belum ditemukan. 

Hal ini mengakibatkan tingkat kebersihan di desa Longkeyang yang masih kurang. Dengan tingkat kebersihan yang masih kurang hal tersebut juga berimbas kepada tingkat kesehatan masyarakat desa Longkeyang mulai dari ibu hamil, batita dan balita.

Kehidupan sehat dan bersih terkhusus mengenai manajemen dan pengelolaan sampah di Desa Longkeyang dinilai masih kurang. Untuk itu, mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 berupaya dalam melakukan perencanaan bank sampah, peletakan lokasi sampah ke lima dusun yang berada di Desa longkeyang, melakukan kerja bakti bersama warga desa untuk membersihkan sungai sebagai imbas pembuangan sampah sembarangan, serta melakukan pemanfaatan dan pengelolaan sampah organik menjadi kompos yang dapat dimanfaatkan masyarakat Desa Longkeyang.



Perencanaan bank sampah dilakukan dengan pembuatan desain bank sampah, perencanaan anggaran bank sampah, pembukuan bank sampah, serta panduan pengelolaan sampah organik menjadi kompos yang dituangkan ke dalam modul yang kemudian diserahkan ke perangkat desa sebagai pedoman perealisasian bank sampah yang akan dilakukan oleh perangkat desa nantinya. Dan hasil perencanaan bank sampah dipublikasikan ke dalam web Desa Longkeyang.


Untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023 mahasiswa KKN Tim II Undip bersama sejumlah warga desa melakukan kerja bakti di dua sungai yang berada di Desa Longkeyang yaitu Sungai Keang dan Sungai Seduda. 

Kemudian dilanjutkan dengan peletakan tong sampah dengan dibantu oleh karang taruna ke sepuluh titik krusial yang berada di Desa Longkeyang sebagai salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih.


Selain berupaya dalam membantu menciptakan lingkungan yang bersih, sesuai dengan poin 3 yang berisi menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejateraan bagi orang di segala usia, mahasiswa KKN Tim II Undip juga berupaya dalam mendorong kesejateraan bagi orang di segala usia dengan penanganan gizi buruk dan stunting yang masih di temukan di Desa Longkeyang. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 26 Juli 2023. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 25 balita yang berada di Desa Longkeyang. Kegiatan tersebut diikuti dengan pemberian makanan sehat kepada balita. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon