Inisiatif Mahasiswa KKN UNDIP untuk Meningkatkan Semangat Pemuda dan Revitalisasi Karang Taruna Melalui Program "Semarak Muda Karangasem"

Berfoto bersama Pemuda dan Anggota Karang Taruna
 


Campusnesia.co.id - Karangasem, Pekalongan (04/08/2023) — Generasi muda adalah orang - orang berusia produktif yang perlu melakukan berbagai kegiatan sebagai sarana pengembangan diri, tak terkecuali menjadi pengurus Karang Taruna. 

Selain untuk mengembangkan diri, mengikuti Karang Taruna juga menjadi wadah bagi pemuda agar dapat berperan dalam pembangunan desa. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena pemuda akan menjadi generasi penerus dan perangkat desa di masa depan.

Berdasarkan hasil survey dengan perangkat desa dan ketua Karang Taruna Desa Karangasem, pemuda masih memiliki kemauan rendah untuk aktif menghidupkan kegiatan Karang Taruna. Maka dari itu, mahasiswa dari Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro TA 2022/2023 melakukan program "Semangat Muda Karangasem" untuk menginisiasi keaktifan pemuda dalam mengurus Karang Taruna sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Sosialisasi materi tentang Karang Taruna dan Organisasi


Sosialisasi materi tentang Branding Desa


Rangkaian program ini meliputi sosialisasi mengenai Karang Taruna, cara berorganisasi, dan branding desa. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 di Balai Desa Karangasem. Selain sosialisasi, program lainnya adalah pendampingan proker yang dilakukan dengan mengikuti rapat panitia 17-an.

Sosialisasi dilakukan di Balai Desa dan mengundang beberapa perwakilan pemuda dari setiap dukuh, sedangkan rapat panitia dilakukan setiap hari Minggu. Pemuda mengikuti setiap kegiatan dengan antusias dan memberi tanggapan yang memunculkan diskusi interaktif. 

Penyerahan Output berupa Poster kepada Karang Taruna

Sesi tanya jawab menjadi ajang bagi pemuda untuk bertukar pikiran dengan mahasiswa KKN. Melalui program ini, pemuda diharapkan bisa melanjutkan keberjalanan program - program Karang Taruna dan turut berkontribusi untuk kemajuan desa.




Penulis: 
KKN UNDIP Tim  II 2022/2023 
Desa Karangasem

Dosen Pendamping Lapangan: 
Ocid Mursid, S.T., M.T.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon