Ciptakan Lingkungan Belajar Ideal untuk Murid! Mahasiwa KKN UNDIP Turut Sukseskan Program “Sekolah Ramah Anak”

 
Penyerahan standing banner 
“Sekolah Ramah Anak” di SDN 02 Karangasem


Campusnesia.co.id - Karangasem, Pekalongan (25/07/2023) - Sekolah Ramah Anak diartikan sebagai satuan pendidikan formal, nonformal, dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Setiap sekolah semestinya menerapkan prinsip “Sekolah Ramah Anak” untuk memenuhi hak-hak murid.

Berdasarkan hasil survey Tim KKN yang telah dilakukan ke sekolah-sekolah di Desa Karangasem, SDN 02 Karangasem sudah menjalankan program Sekolah Ramah Anak. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, prinsip Sekolah Ramah Anak belum diterapkan secara optimal. Masih terdapat beberapa aspek Sekolah Ramah Anak yang belum terpenuhi. 

Oleh karena itu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dan mahasiswi dari Tim II KKN Universitas Diponegoro TA 2022/2023memberikan edukasi melalui program “Optimalisasi program Sekolah Ramah Anak di SDN 02 Karangasem”. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan mengoptimalkan pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SDN 02 Karangasem.

Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Program Kerja 
Optimalisasi Sekolah Ramah Anak di SDN 02 Karangasem


Pelaksanaan program terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan dengan rangkaian pertama yaitu lomba kebersihan sekolah bersama murid-murid SDN 02 Karangasem yang dilakukan pada 22 Juli 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merealisasikan aspek lingkungan hidup dari komponen Sekolah Ramah Anak. 

Murid-murid kelas 1 hingga kelas 6 berlomba mengumpulkan dan memilah sampah organik dan anorganik di lingkungan sekolah. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah untuk para pemenang. Rangkaian kedua yaitu sosialisasi anti-bullying kepada murid kelas 4, 5, dan 6 pada 24 Juli 2023. Rangkaian terakhir yaitu sosialisasi mengenai komponen Sekolah Ramah Anak kepada para guru pada 25 Juli 2023. 

Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Ketiga yaitu Sosialisai Komponen Sekolah Ramah Anak 
Kepada Guru-Guru di  SDN 02 Karangasem pada tanggal 24 Juli 2023 
di Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan


Harapannya, program ini dapat membantu para guru dan murid di SDN 02 Karangasem untuk mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak secara maksimal dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan murid dalam proses pembelajaran. 



Penulis: 
Tim II KKN UNDIP 2023 
Desa Karangasem

DPL: 
Ocid Mursid, S.T., M.T

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon