Mahasiswa KKN UNDIP Mengadakan Pengenalan dan Pelatihan Menulis Kreatif Mengenai Puisi Pada Murid Sekolah Dasar

 


Campusnesia.co.id - Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Boyolali (05/08) - Pendidikan merupakan kunci untuk membentuk generasi yang kreatif, berbicara dengan bahasa yang indah, dan mengembangkan ekspresi diri. 

Mengenalkan seni puisi kepada anak-anak sejak usia dini merupakan upaya penting untuk mengasah keterampilan berbahasa, meningkatkan daya imajinasi, dan mengajarkan nilai-nilai keindahan dalam kata-kata. Pada era sekarang, anak-anak lebih senang membaca dan menonton dibandingkan menulis. 

Selain itu, terdapat kurangnya minat dan wawasan mengenai dunia sastra terutama puisi pada anak-anak. Hal ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan puisi kepada anak-anak dan melatih mereka untuk menciptakan karya mereka sendiri.

Dalam upaya membawa salah satu jenis karya sastra ini lebih dekat pada anak-anak Sekolah Dasar, mahasiswa Tim II KKN Undip melaksanakan program “Pena kata: Memperkenalkan dan Menemukan Imajinasi Para Penulis Kecil” sebagai salah satu program monodisiplin. 

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak pada keindahan bahasa melalui puisi dan mendorong mereka untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitas melalui tulisan-tulisan mereka. Para murid Sekolah Dasar diberikan pemahaman serta pelatihan mengenai penulisan puisi.

Sasaran program kerja ini yaitu murid kelas V SDN Klimas, salah satu Sekolah Dasar di Desa Sendang, Karanggede. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (27/07/23) di SDN Klimas. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemaparan materi mengenai pengertian puisi, ciri-ciri puisi, macam puisi, unsur-unsur puisi, menjelaskan bagaimana langkah-langkah menulis puisi, menampilkan contoh-contoh puisi, dan menayangkan video pembacaan puisi. 


Desain buku kumpulan puisi

Video yang ditayangkan adalah pembacaan puisi berjudul “Diponegoro” karya Chairil Anwar. Para murid juga diajak untuk mencoba membacakan salah satu contoh puisi yang diberikan di depan kelas. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah para murid ditugaskan untuk membuat puisi karangan mereka sendiri. 

Puisi-puisi karangan murid kelas V tersebut kemudian dikumpulkan lalu disusun menjadi sebuah buku antologi puisi. Buku yang berisi kumpulan puisi karya para murid tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak sekolah dalam bentuk cetak.

Kegiatan program kerja mengenai pengenalan dan penulisan puisi tersebut mendapat respon positif dari para murid, guru, dan kepala sekolah SD N Klimas. Harapan dari diadakannya program kerja ini pada murid Sekolah Dasar adalah dapat membantu mereka mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang sastra, serta mendukung perkembangan pribadi dan akademis mereka. 

Puisi juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa, mengembangkan daya imajinasi, dan mengajarkan nilai-nilai keindahan dalam susunan kata. Sehingga, dengan diperkenalkannya puisi di usia dini ini anak-anak akan terinspirasi untuk terus mengeksplorasi kreativitas mereka dalam menulis.




Penulis: 
Ayu Latifah Nur Azizah 
(Sastra Indonesia/Universitas Diponegoro)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon