Tak Mau Lagi Tertinggal Digitalisasi, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak UMKM Desa Karangkepoh Memperluas Pemasarannya Di E-commerce Dan Media Sosial

 


Campusnesia.co.idDigitalisasi merupakan penggunaan teknologi digital untuk mengubah sebuah model bisnis dan menyediakan pendapatan-pendapatan baru dan peluang. Di era digital saat ini masih banyak ditemukan para pelaku UMKM yang masih belum memanfaatkan teknologi yang telah ada untuk perkembangan usahanya. 

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan terdapat banyak UMKM di Desa Karangkepoh, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali masih belum memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengembangkan usahanya. Padahal, banyak cara mengembangkan usaha salah satunya yaitu pemasaran melalui digital marketing berbasis e-commerce dan media sosial. Digital marketing ini adalah suatu kegiatan pemasaran produk menggunakan media digital.

Berdasarkan fakta-fakta yang dijumpai, maka Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2023 Kecamatan Karanggede, Boyolali (Wiwit Lukita Sari) mengadakan program kerja yaitu sosialisasi dan pelatihan mengenai Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing Berbasis E-Commerce dan Media Sosial Bagi UMKM Desa Karangkepoh. 

Program kerja ini dimulai dari kegiatan observasi lapangan yaitu ke tempat para pelaku UMKM setempat, kegiatan perizinan ke UMKM setempat, serta kegiatan sosialisasi dan pelatihan untuk UMKM Desa Karangkepoh. Program kerja ini berlangsung selama dua hari yaitu pada 27-28 Januari 2023, yang dilaksanakan di tempat UMKM setempat dengan melibatkan para pelaku UMKM Desa Karangkepoh.
 

Kegiatan sosialisasi ini meliputi penjelasan secara umum mengenai pengembangan pemasaran, digital marketing, manfaat, tujuan, dan keunggulan pemasaran melalui digital marketing, juga cara-cara pengembangan pemasaran melalui digital marketing berbasis e-commerce (shopee), dan berbasis media sosial (WhatsApp Business dan Instagram) yang diiringi dengan pembagian modul sebagai media memperluas pengetahuan mengenai digital marketing. Untuk kegiatan pelatihannya yakni jadi para pelaku UMKM ini mulai mencoba menggunakan e-commerce (shopee) dan media sosial ( WhatsApp Business) untuk pemasarannya. 

Dari program ini, diharapkan para pelaku UMKM Desa Karangkepoh terus mengimplementasikan secara berkelanjutan pengembangan pemasaran UMKM melalui digital marketing berbasis e-commerce dan media sosial.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon