Template Desain Spanduk Usaha Warung Makan dan Laundry Vector CDR

 


Campusnesia.co.id - Spanduk memiliki peran penting dalam usaha, ia jadi penanda suatu tempat usaha menjelaskan nama bisnis, jenis layanan, alamat dan nomer yang bisa dihubungi.

Sebagai lagi menggunakan spanduk untuk sarana promosi, mengajak masyarakat untuk datang dan membeli produk dan jasa yang dijual.

Berdasar terminologi, Spanduk yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah banner berasal dari bahasa Latin “banderia” atau “bandum”. Definisi spanduk atau banner pernah disampaikan oleh beberapa ahli seperti berikut ini.

Soewardikoen menjelaskan bahwa spanduk merupakan salah satu media iklan yang terdiri dari unsur gambar (ilustrasi dengan tangan atau foto) digabungkan dengan unsur tertulis (huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat) yang dirangkai sedemikian rupa dengan tujuan untuk menarik atau memikat pembaca.

Menurut Darmadi Durianto, pengertian banner yaitu suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

Sedangkan Rachmat Kriyantono mengungkapkan bahwa banner merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

Istilah banner di era digital ini seringkali juga digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks pada blog atau website. Umumnya disertai dengan link aktif yang ketika link tersebut diklik akan mengarahkan pengguna ke halaman website yang sedang dipromosikan.


5 Fungsi dan Tujuan Spanduk
Media informasi
Media promosi
Meningkatkan Daya Tarik
Sebagai Dekorasi dan petunjuk Arah
Sebagai Identitas atau Ciri Khas


Manfaat Spanduk
Menciptakan Brand Awareness
Meningkatkan Kredibilitas


Jenis-jenis Spanduk
Ada tiga jenis spanduk yang ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing:

1. Spanduk sablon: kelebihan dari spanduk jenis ini yaitu dapat mencetak banyak spanduk dalam waktu yang cepat. Kelemahan dari spanduk ini adalah jika campuran cat yang digunakan tidak pas, maka hasil cetakan spanduk bisa berpotensi luntur jika terkena air.

2. Spanduk spray: kelebihan spanduk spray ini yakni lebih tahan terhadap air dan kelemahan yang dihasilkan dari spanduk ini adalah durasi pengerjaan yang lebih lama.

3. Spanduk printing: spanduk ini memiliki kelebihan pada hasil cetak yang lebih bagus dan lebih berwarna dibandingkan dengan jenis spanduk lainnya. Namun, harga yang masih tergolong mahal menjadi kelemahannya. 

Umumnya jenis spanduk berdasarkan ukuran ini dapat dibedakan menjadi beberapa bagian lagi, yaitu:

Ukuran Standar
Spanduk atau banner dengan ukuran standar ini biasanya digunakan untuk kepentingan promosi seperti pop-up. Ukuran banner standar biasanya sekitar:

300 x 250 IMU/Pixel - Medium Rectangle
250 x 250 IMU/Pixel - Square Pop-up
336 x 280 IMU/Pixel - Large Rectangle
180 x 150 IMU/Pixel - Rectangle
240 x 400 IMU/Pixel - Vertical Rectangle
 

Banner dan Buttons
Selanjutnya ada banner dan buttons yang biasanya banyak digunakan untuk media beriklan di internet. Ukuran banner dan buttons sekitar:

120 x 60 IMU/Pixel - Button 2
120 x 240 IMU/Pixel - Vertical Banner
125 x 125 IMU/Pixel - Suara Button
728 x 90 IMU/Pixel - Leaderboard
469 x 60 IMU/Pixel - Full Banner
234 x 60 IMU/Pixel - Half Banner
88 x 31 IMU/Pixel - Micro Bar
120 x 90 IMU/Pixel - Button


Berdasarkan bentuk, spanduk atau banner terdiri dari beberapa macam jenis, seperti:
X - Banner
Sesuai dengan namanya, banner ini berbentuk X dan terdapat dua tiang penyangga. Umumnya, tiangnya terbuat dari aluminium yang ringan dan mudah untuk dibawa. Banner jenis ini terhitung tahan lama dan dapat digunakan baik di dalam maupun luar ruangan.

Mini X - Banner
Selanjutnya ada mini X banner yang hampir mirip dengan X banner, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tempat penyimpanan mini X banner ini biasanya ada di atas meja. Mini X banner ini difungsikan sebagai media promosi atau informasi seperti jadwal sebuah acara atau menu makanan dan minuman.

Roll Banner
Kemudian ada jenis roll banner. Banner ini berbentuk roll dan untuk menggunakannya cukup ditarik pada bagian sisi atas atau bawah roll agar semua bagiannya terbuka.


5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Desain Spanduk:
1. Pilih Perpaduan Warna yang Bagus
2. Pilih Bentuk Huruf yang Unik dan Menarik
3. Pilih Ukuran Huruf yang Ideal untuk Dibaca
4. Pilih Teknik Desain yang Mendukung
5. Pilih Elemen Desain Berupa Gambar yang Sesuai


Download Template Desain Spanduk Usaha Warung Makan Vector CDR di sini. 

Download Template Desain Spanduk Usaha  Laundry Vector CDR di sini. 


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon