6 Kebiasaan Simple untuk Memulai Pola Hidup yang Lebih Sehat

 


Campusnesia.co.id - Hallo sobat campusnesia, mendengarkan istilah pola hidup sehat mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, Pola hidup sehat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berguna untuk melindungi diri dari berbagai penyakit yang mungkn menyerang . Penerapan pola hidup sehat tidak datang begitu saja pada diri kita, butuh kesadaran yang besar utuk menerapkannya. 

Ada beberapa cara yang bisa sobat campusnesia  lakukan untuk memulai pola hidup sehat, berikut kami sajikan informasi terkait 6 kebiasaan simple untuk memulai pola hidup yang lebih sehat :

1. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama. Jika waktu tidur kamu cukup maka energi-energi positif juga akan tercipta.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga yang rutin setiap harinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Olahraga yang benar dengan waktu yang tepat juga diketahui dapat melancarkan peredaran darah serta menguatkan otot dan tulang. Lakukanlah olahraga selama 30 menit setiap harinya jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. 

Kamu juga dapat melakukan aktivitas aerobik sedang seperti jalan kaki setidaknya selama 150 menit atau aerobik kuat seperti berlari setidaknya 75 menit dalam satu minggu. Sementara itu, latihan kekuatan untuk semua kelompok otot disarankan untuk dilakukan setidaknya dua kali dalam satu minggu.

3. Mengkonsumi makanan yang bergizi dan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu kunci untuk menerapkan pola hidup sehat, hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dan mengndung kolestrol tinggi. Disarankan untuk makan 3 kali sehari dengan memenuhi kebutuhan seperti protein karbohdrat, vitamin, mineral dan serat yang cukup. Tidak hanya itu, cara pengolahan makanan pun wajib diperhatikan agar tidak merusak zat gizi di dalamnya, sehingga makanan yang dikonsumsi tetap memberi manfaat. Untuk menjalani hidup sehat, setidaknya kamu harus mengonsumsi buah dan sayur juga.

4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan salah satu pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan, dengan melihat lingkungan yang bersih secara tidak langsung kamu akan merasa lebih nyaman dan rilex untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Tidak lupa pula untuk menerapkan kebersihan untuk diri sendri seperti dengan mandi 2 kali sehari dll.

5. Mencukupi kebutahan cairan tubuh

Kebutuhan cairan tiap orang pastinya berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Minum yang cukup akan membuat kamu lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

6. Mengelola Stres dan selalu berpikiran positif

Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, kamu bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah kamu capai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang dan selalu berfikiran positif.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait 6 kebiasan simple yang bisa di lakukan untuk memulai pola hidup sehat. Semoga bermanfaat 


Penulis : Wulan Sari 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon