Review dan Cara Setting TP-Link TL-WR840N 300 Mbps Wireless N Router

 


Campusnesia.co.id - Senin 11 April 2023 yang lalu, saya dimintadi tolong oleh bapak kost untuk membelikan perangkat routers untuk kamar kos di lantai 2 yang sering komplain tidak kebagian sinyal wifi kost kami.

Bapak kost memberikan contoh router yang pernah di beli dengan merk Tp-Link TL-WR840N. Setelah mencari di Tokopedia saya menemukan harga paling umum Rp 159.00 dan ketemulah sebuah toko dengan banyak review positif.

Sayangnya bapak kost butuh segera, sebagai alternatif saya survey ke toko elektronik Nafiri di Banyumanik Semarang dan mendapati router dengan merk sama seharga Rp 169.000 atau selisih Rp 10.000 dari tokopedia, tapi keuntungannya bisa dibawa pulang waktu itu juga.

WiFi router TP-Link merupakan perangkat WiFi router yang dikeluarkan merek TP-Link. Seperti produk WiFi router pada umumnya, alat ini biasanya digunakan untuk memancarkan sinyal WiFi sehingga kamu dapat menghubungkannya seperti ke komputer, tablet hingga smartphone dengan jaringan internet tanpa harus memakai kabel.

Setelah diskusi kami putuskan membeli router Tp-Link TL-WR840N di Nafiri dan segera memasangnya di lantai atas.

Bapak kost minta tolong untuk jaringan diambilkan dari wifi kami, setelah berfikir panjang akhirnya saya iyakan toh selama ini hanya untuk keperluang sendiri dan masih banyak kuota tersisa apalagi bapak kost menawarkan sharing pembayaran tagihan bulanan wifi saya.


Di kemasan, Tp-Link TL-WR840N menawarkan 4in1 yaitu bisa sebagai:

1. Acces Point

2. WISP

3. Router

4. Range Extender

Dengan kecepatan wireless 300Mbps, Antena 5dBi dan IPTV kami rasa sudah cukup untuk anak kos yang kebutuhannya paling banter buat Zoom, Google Meet, kuliah online dan nonton youtube atau Neteflix.


Cara mudah setting Tp-Link TL-WR840N:

1. Pertama sambungkan router dengan adaptor bawaannya ke stop kontak.

2. Nyalaman tombol ON

3. Hubungkan kabel LAN dari wifi utama di saluran LAN 1 atau 2 ke LAN router yang warna biru.

4. Pastikan yang di router kabel LAN nyambung ke warna biru ya, karena kalau salah maka sinyal muncul tapi internet tidak menyambung.

5. Hubungkan perangkap komputer, laptop, tab dan handphone ke router dengan klik nama koneksi tp-link 

6. Sambungkan dengan memasukan Pin atau password yang ada di bagian belakang router berisi 8 kombinasi angka.

7. Pastikan angkanya benar

8. Dan wifi akan tersambung siap untuk internetan.

Dari pengalaman ini saya rasa cukup mudah untuk mensetting dan menyambungkan router merk Tp-Link TL-WR840N dari sisi harga cukup terjangkau dan sejauh ini kualitasnya memuaskan.

Sebenarnya kita juga bisa membuat passward sendiri tapi harus setting lanjutan dengan IP Address dll yang saya rasa cukup sulit untuk saat ini, jadi kami putuskan jadi router saja.

Sebagai informasi tambahan di Nafiri ada beberapa pilihan harga kabel LAN dari Rp 3.000 per meter, Rp 5.500 hingga Rp 7.500 per meter untuk kepala LAN harganya Rp 2.500 per pcs.

Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Review Tp-Link Router Wireless TL-WR840N dan Cara Settingnya, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar



===

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon