Berita MotoGP Hari Ini tentang Sprint Race, Sirkuit Baru, Tim GasGas dan Masuknya Augusto Fernandez

 


Campusnesia.co.id - Gelaran MotoGP musim 2023 sudah dimulai dengan race pertama di Algarve International Circuit Portugal yang dimenangi oleh Bagnaia dari tim pabrikan Ducati, disusul oleh Vinales dari Aprilia dan Marco Bezzecchi semuanya dari tim Ducati juga.

Selain komposisi pembalap dan livery motor, banyak hal baru dalam gelaran MotoGP musim 2023 ini misalnya tentang Sprint Race dan beberapa hal lainnya, apa saja? yuk kita bahas.


Tentang Sprint Race di MotoGP 2023

Sprint Race adalah balapan lebih ringkas dari race utama dan bisa mendulang poin buat rider di klasemen. Dorna, FIM, International Road racing Team Association (IRTA) dan Motor Sport Manufacturer Association (MSMA) meluncurkan format baru di MotoGP 2023 bernama Sprint Race.

Sprint Race sebenarnya sama seperti race atau balapan di hari Minggu. Bedanya, jumlah lapnya lebih sedikit, yakni hanya separuh dari balapan regular.

Jika suatu seri digelar sebanyak 26 lap, maka Sprint Race hanya akan digelar dengan jumlah 13 lap. Sementara sesi Sprint Race dihelat setelah kualifikasi pertama dan kedua.

Karena hanya digelar separuh dari balapan regular, maka poin maksimum yang bisa diterima pemenang Sprint Race juga separuh. Pebalap yang berhasil finis pertama akan mendapat tambahan poin 12. Sementara posisi kedua berhak menerima sembilan poin dan posisi ketiga tujuh poin. Sedangkan posisi keempat 6 poin, posisi kelima 5 poin, posisi keenam 4 poin, posisi ketujuh 3 poin dan posisi kedelapan 2 poin.

Selain tentang Sprint Race, MotoGP 2023 akan memiliki dua sirkuit baru. Kehadiran MotoGP Kazakhstan dan MotoGP India membuat balapan musim ini memiliki 21 seri, dengan total 42 balapan. MotoGP Kazakhstan akan digelar di Sirkuit Sokol International Racetrack yang resmi dibuka tahun ini. Sementara MotoGP India akan digelar di Sirkuit Buddh.

Ada tim baru bernama GasGas, yang debut dengan dua rider Pol Espargaro dan Augusto Fernandez musim 2023 ini.




GasGas mengambil alih posisi Tech3 yang musim lalu mengandalkan Raul Fernandez dan Remy Gardner. Tim asal Prancis itu juga akan menggunakan sepeda motor RC16 milik KTM di MotoGP 2023. 

Perubahan tim juga terjadi di RNF Racing. Setelah tampil menggunakan M1 Yamaha musim lalu, tim asal Malaysia itu pindah ke Aprilia, yang meraih banyak sukses bersama sepeda motor RS-GP musim lalu. Aprilia untuk kali pertama memiliki dua tim di kelas MotoGP.

Augusto Fernandez merupakan satu-satunya pembalap baru di MotoGP 2023. Juara dunia Moto2 2022 itu mendapatkan tempat di Tech3 GasGas Factory Racing dan akan menjadi rekan setim Pol Espargaro.

Musim lalu pembalap asal Spanyol itu memperkuat Red Bull KTM Ajo. Fernandez sukses meraih sembilan finis podium, termasuk empat kemenangan, untuk mengalahkan Ai Ogura dalam perebutan gelar juara dunia Moto2 2022.

Ada banyak pasangan baru di MotoGP 2023. Juara bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia, akan berpasangan dengan Enea Bastianini di tim Ducati.

Jack Miller yang digantikan Bastianini, akan berpasangan dengan Brad Binder di KTM. Selain itu ada Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di RNF Racing Aprilia, dan Augusto Fernandez dan Pol Espargaro di GasGas.

Fabio Di Giannantonio memiliki rekan setim baru di Gresini menyusul kedatangan Alex Marquez. Takaaki Nakagami akan berduet dengan Alex Rins di LCR Honda.

Sedangkan pasangan yang paling ditunggu-tunggu performanya adalah Marc Marquez dan Joan Mir di Repsol Honda. Marquez untuk kali kedua di MotoGP memiliki rekan setim juara dunia setelah berduet dengan Jorge Lorenzo.


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon