Reportase KKN Hadirkan Disbudporapar Klaten, Mahasiswa KKN UNS 71 Adakan Branding Optimalkan Wisata Desa Nganjat

 


Campusnesia.co.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kelompok 71 sukses menggelar acara sosialisasi branding desa wisata dengan menggaet Disbudporapar Klaten. Acara tersebut digelar pada hari Senin, 27 Februari 2023 di Desa Nganjat, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. 

Sosialisasi yang bertajuk “Launching Brand Desa Nganjat” ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa KKN UNS kelompok 71. Sosialisasi ini sebagai sarana pengenalan Desa Nganjat sebagai Desa Sadar Wisata di era 5.0 dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Klaten, yaitu Bapak Purwanto dan Ibu Anita.

Almira Ayu Desriana, selaku mahasiswa UNS yang menjadi penanggung jawab kegiatan, mengungkapkan dalam sambutannya bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Desa Nganjat sebagai desa wisata melalui program branding desa dengan memanfaatkan teknologi digital. 

“Kita mengetahui bahwa Desa Nganjat ini merupakan desa yang memiliki potensi daya tarik wisata berupa sentra ikan nila, produksi olahan ikan nila yang unik, dan terdapat kolam renang yang bertaraf nasional, yaitu Tirta Kamandanu. Sangat disayangkan jika potensi itu tidak dikembangkan dengan maksimal,” ujar Almira.

Bapak Purwanto, selaku narasumber pertama, menjelaskan mengenai sapta pesona yang terdiri dari tujuh unsur yang terkandung di dalam setiap produk wisata serta dipergunakan sebagai tolok ukur peningkatan kualitas produk pariwisata.
 
Dilanjutkan oleh Ibu Anita, selaku narasumber kedua, memaparkan mengenai butir-butir sapta pesona dan peran pentingnya dalam pariwisata berkelanjutan. Beliau juga menekankan perlunya pengelolaan sampah dalam rumah tangga dan lingkungan sebagai daya tarik wisata. 


Pengelolaan sampah yang baik dan benar akan menghasilkan profit tambahan dan lingkungan yang bersih sebagai penunjang daya tarik desa sebagai tempat wisata.
Dalam acara ini, Mahasiswa KKN UNS juga menampilkan hasil branding desa yang telah dipersiapkan selama KKN berlangsung, berupa logo desa dan filosofinya, tagline desa, video profil, website dan instagram desa, serta peta UMKM yang ada di Desa Nganjat. 

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan masyarakat Desa Nganjat termotivasi untuk mengembangkan Desa Nganjat sebagai desa wisata melalui sosial media. Selain itu, masyarakat Desa Nganjat mengetahui langkah dalam mengembangkan sumber daya alam hingga sumber daya manusia untuk dimanfaatkan sebagai potensi desa wisata sehingga kelak nantinya Desa Nganjat menjadi desa wisata yang dikenal oleh banyak orang.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon