Reportase KKN: Mahasiswa Undip Ajarkan Peternak Cara Buat Mineral Blok sebagai Suplemen Sapi

 


Campusnesia.co.id - Mineral Blok adalah salah satu satu pakan ternak yang bermanfaat untuk suplemen ternak. Mineral blok terbuat dari bahan - bahan tinggi mineral seperti garam, kapur, dan semen putih sebagai perekat. Mineral blok yang tinggi mineral ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang ternak khususnya ternak ruminansia. 

Cara pembuatan dan bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat mineral blok terbilang cukup sederhana sehingga dapat dibuat oleh peternak skala rumah tangga. Garam kasar, kapur, dan semen putih dicampur merata dengan perbandingan 3:2:1 lalu ditambahkan sedikit air untuk kemudian dicetak. 

Cetakan terbuat dari pipa berukuran besar yang dipotong setinggi 15 cm kemudian adonan ditunggu kering. Setelah kering, mineral blok siap digunakan sebagai suplemen ternak dengan cara digantung didepan ternak. Ternak sapi akan mulai menjilai mineral blok seperti menjilati permen.

Senin, 6 Februari 2023 salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang bernama Yeremia Hansel membagikan mineral blok kepada peternak sapi Desa Babadan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pembagian mineral blok tersebut merupakan salah satu luaran program monodisiplin kegiatan KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Semarang.


Pelaksanaan program dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan peternak terhadap alternatif suplemen pakan yang murah dan mudah dibuat. Peternak di desa tersebut hanya menggunakan jerami untuk memberi makan sapi yang mereka pelihara sehingga kebutuhan nutrisi seperti mineral kurang tecukupi. 

Kekurangan mineral dapat menyebabkan gangguan fisiologis ternak yang berakibat pada menurunnya kesehatan ternak. Pelaksanaan program ini bertujuan membantu peternak lokal dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ternak dengan harga yang terjangkau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon