Reporatse KKN Mahasiswa KKN Undip Gelar Pengenalan Citizen Journalism Pada Remaja Desa Gemuh

 


Campusnesia.co.id - Saat ini Citizen Journalism atau yang lebih akrab dikenal sebagai jurnalisme warga merupakan salah satu sumber informasi yang banyak digunakan oleh pengguna internet.  Dengan kemajuan teknologi dan kemudahan dalam mengakses internet membuat jurnalisme warga semakin dekat dnegan masyarakat. Dengan banyaknya fitur di sosial media terutama fitur video membuat masyarakat semakin mudah dalam menyebarluaskan informasi dan bahkan pada waktu yang sama. 

Inlah yang mendasari hadirnya jurnalisme warga. Selain membantu Desa untuk megenalkan atau meliput kegiatan apa saja yang terjadi di Desa, jurnalisme warga juga tentu saja membantu banyak orang yang emnggunakna internet untuk dapat bisa mengetahui apa saja yang terjadi di dalam Desa. 

Dengan segala kecangggihan dari peragkat yang dimiliki warga Desa, bukan tidak mungkin jurnalisme warga dapat berkembang bahkan di Desa. Ini dikarenakan hampir semua Handphone memiliki fitur untuk merekam video. Bahkan kualitas video yang dihasilkanpun cukup bagus dan jelas untuk dapat menjadi video laporan. 

Melaporkan suatu kejadian dengan menggunakan video sederhana dan dengan menggunakan caption yang menjelaskan apa yang terjadi pada kejadian tersebut sudah dapat dikatakan hal tersebut adalah jurnalisme warga. Remaja Desa merupakan salah satu bagian dari Desa yang diharapkan dapat membantu pengembanagan dalam Desa. 


Berdasarkan keadaan ini mahasiswa KKN Tim 1 Undip yang berada di Desa Gemuh mengenalkan jurnalisme warga pada remaja Desa dengan harapan dapat memberikan gambaran pentingnya pengoptimalan informasi keluar Desa yang dapat dibuat dalam bentuk jurnalisme warga. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2023 berjalan degan lancar dan mendapatkan sambutan baik dari remaja Desa sebagai target sasaran pada program ini. 

Selain mendapatkan sambutan yang baik, para remaja Desa Gemuh juga dengan antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi awal mebagun kegiatan remaja Desa Gemuh agar dapat menggunakan fasilitas yang dimilikinya secara optimal dan lebih bermanfaat, khususnya untuk mendorong penyebaran informasi secara merata. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon