Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bengkel Otomotif

 


Campusnesia.co.id - Kamis (26/01/23) Dalam rangka menghindari terjadinya kecelakaan kerja pada proses pengerjaan di bengkel mobil, montir perlu mengetahui pentingnya K3 dan tindakan yang harus diambil agar proses pengerjaan di bengkel tersebut berjalan dengan baik.

Setelah melakukan survei di Bengkel Zent Motor didapatkan hasil bahwa para montir tidak menggunakan APD sesuai dengan anjuran K3. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja pada saat proses pengerjan di bengkel.

Berawal dari keprihatinan terhadap masalah tersebut, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2022/2023, Shalfa Selo Mitha Saputro membuat sebuah program sebagai penunjang penerapan K3 di Bengkel Zent Motor yang berlokasi di belakang Balai Desa Sumberagung. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja dari Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Sumberagung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali.

K3 merupakan akronim dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yaitu semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain di tempat kerja. 


Tujuan tindakan K3 di bengkel otomotif untuk mencegah risiko kecelakaan di bengkel sehigga penggunaan alat lebih optimal dan menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisiensi. 

Dalam hal ini yang harus di perhatikan dalam pada saat bekerja di bengkel otomotif sebagai berikut:
1. Gunakan wearpack agar pakaian tidak mudah tersangkut mesin

2. Gunakan pelindung kepala agar rambut tidak mudah tersangkut mesin

3. Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari tergores, panas dan bahan berbahaya.

4. Gunakan sepatu safety untuk melindungi kaki agar tidak terjadi cedera kaki

5. Selalu siap alat perkakas agar mudah mencari alat untuk pekerjaan di bengkel

Pentingnya memperhatikan keselamatan dalam bengkel otomotif disebabkan oleh bahaya seperti pada proses pengerjaan mobil. Setelah diadakannya sosialisasi mengenai pentingnya K3 di Bengkel Zent Mobil, diharapkan setiap montir lebih memperhatikan tata cara yang benar dalam melakukan proses pengerjaan mobil, agar keselamatan dan kesehatan kerja dapat terwujud.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon