Dukung Peningkatan Pengetahuan Teknologi, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Komputer Pada Siswa SD di Desa Sigambir

 


Campusnesia.co.idBrebes – Jawa Tengah (17/1) Teknologi  merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Tanpa teknologi, masyarakat sulit untuk berkomunikasi dan menerima informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, kita harus bisa mengikuti perkembangan tersebut, agar kita tidak ketinggalan informasi atau biasa disebut GAPTEK.  

Di daerah terpencil yang akses internetnya terbatas menyebabkan anak-anak memiliki ketidaktahuan terhadap pekembangan teknologi inofrmasi tersebut. Pemahaman anak-anak tersebut terhadap komputer hanya sebatas komputer merupakan media untuk mengakses hiburan seperti game.

Ilmu komputer di zaman sekarang merupakan skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tak terkecuali, di desa pun sekarang sudah ramai orang ingin menguasai ilmu komputer. Alangkah baiknya ilmu yang satu ini dipelajari sejak masih anak-anak dan ketika sudah besar akan semakin mahir. 

Mengingat pentingnya ilmu komputer dimasa sekarang seorang mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro, Erlin Sofia dari jurusan Teknik Komputer membuat sebuah kegiatan pengenalan komputer kepada anak-anak di SD Desa Sigambir. Kegiatan pengenalan komputer ini dilakukan di 2 (dua) sekolah dasar yang berada di Desa Sigambir, yaitu SD Negeri 1 Sigambir dan SD Negeri 2 Sigambir, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat apresiasi yang baik dari pihak kepala sekolah dan guru-guru setempat. “Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, dikarenakan dengan kegiatan ini para siswa SD akan terbantu untuk ANBK yang akan datang”, tutur kepala sekolah SD Negeri 2 Sigambir, Drs. Slamet Kusnadi (53).
 
Kegiatan yang dilakukan memperkenalkan dasar komponen pada komputer, pengenalan Microsoft Word dan Pengenalan Email. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini akan diajarkan bagaimana menyalakan dan mematikan komputer, fitur-fitur dasar pada Microsoft Word dan Email. Proses pembelajaran dilakukan dalam 2 sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan sesi praktik. 


Acara dimulai dengan pemaparan materi menggunakan media PPT yang ditampilkan melalui LCD proyektor.  Kegiatan pengenalan komputer ini juga mendapat respon positif dari anak-anak SD, karena dengan adanya pengenalan ini mereka menjadi terbantu dalam menggunakan komputer serta menggunakan Email. 

Harapannya melalui Kegiatan ini dapat mempermudah siwa SD di Desa Sigambir bisa menggunakan Komputer dengan lancar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon