8 Tips Sukses Mengerjakan Skripsi Agar Tak Menakutkan

 


Campusnesia.co.idSkripsi merupakan langkah atau tahapan akhir bagi mahasiswa sebelum menyelesaikan masa studinya. Saat ini skripsi masih menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa. 

Tidak sedikit mahasiswa yang menyerah, bahkan mundur ketika mengerjakan skripsi yang tak kunjung selesai. Tapi sebenarnya skripsi itu tidak semenakutkan yang dibayangkan, lho! 

Berikut adalah beberapa tips agar skripsi berjalan dengan lancar dan bisa selesai tepat waktu:


1. Pilih tema atau judul skripsi yang tepat

Sebelum melakukan penelitian atau penyusunan skripsi, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu tema dan judul penelitian yang akan dilakukan. Pilihlah judul/tema yang sederhana dan sanggup untuk kamu kerjakan. Percuma kan kalau pilih tema/judul yang terlalu sulit tapi kamu ga sanggup untuk mengerjakannya?


2. Konsultasi dengan dosen pembimbing

Dosen pembimbing adalah orang yang akan membimbing dan membantu kita pada saat penelitian hingga penyusunan skripsi. 

Komunikasi dengan dosen pembimbing merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pengerjaan skripsi. 

Cobalah untuk konsultasi dengan dosen pembimbing minimal 1 minggu 1 kali. Kamu bisa konsultasi segala sesuatu mengenai penelitian yang akan kamu lakukan, mulai dari pemilihan tema, pembuatan judul, pemilihan metode dan lain lain. Selain itu, kamu juga harus melaporkan setiap progress yang kamu lakukan kepada dosen pembimbing demi kelancaran skripsi.


3. Banyak membaca jurnal

Baik jurnal nasional maupun jurnal internasional akan sangat membantu kamu dalam peroses penelitian hingga penyusunan skripsi. Jurnal-jurnal tersebut dapat menjadi referensi dalam dalam pemilihan tema, penentuan metode penelitian, pengolahan data dan pembanding dari penelitian yang kamu lakukan. 

Banyak-bnyaklah membaca jurnal dan membuat review jurnal yang telah dibaca, minimal 3 jurnal per minggu. Semakin banyak referensi akan semakin memudahkan kamu dalam menyusun skripsi.


4. Arsipkan file dengan baik

Pengarsipan file yang baik akan memudahkan kamu untuk menemukan data-data yang kamu butuhkan ketika diperlukan. Buatlah folder untuk masing-masing Bab. 

Folder tersebut dapat diisi dengan jurnal referensi, data hasil penelitian dan draft skripsi per Bab yang telah kamu buat. Tujuannya adalah agar file-file tersebut tidak tercecer dan mudah dicari. 

Hal ini akan sangat membantu ketika ada revisi draft skripsi dari dosen pembimbing.


5. Back up file secara rutin

Usahakan selalu back up file dengan cara mengunggahnya di google drive setelah kamu mengerjakan sesuatu, baik mencari jurnal, mengolah data atau menyusun draft skripsi. 

Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu laptop atau komputer kamu bermasalah, kamu masih menyimpan file back up nya di google drive. Gak mau kan, kalau sudah menyusun skripsi dengan susah payah, tapi file nya hilang begitu saja?


6. Save As hasil revisi dari dosen pembimbing

Biasakan ketika kamu mengerjakan revisi dari dosen pembimbing, save as hasil pekerjaan revisimu menjadi file yang baru. 

Tujuannya adalah untuk membandingkan draft skripsimu sebelum dan sesudah revisi, serta memudahkan dalam proses revisi selanjutnya. Berilah nama pada file tersebut sesuai tanggal dan urutan revisi. 
Misal: Revisi 1 (14 November 2022), dst.


7. Pahami apa yang kamu tulis

Segala sesuatu yang kamu tulis di skripsi harus dapat dipertanggung jawabkan isinya. Jangan sampai tidak tahu atau tidak memahami apa yang sudah kamu tulis sendiri. 

Pada saat sidang skripsi, dosen penguji akan membaca skripsi yang kamu buat dengan sangat teliti dan pertanyaan yang diajukan mengacu pada apa yang telah kamu ditulis di skripsi. Gunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami agar siapapun yang membaca dapat mengerti tentang maksud dan tujuan dari skripsi yang kamu buat.


8. Sabar, tekuni dan hadapi

Walaupun proses skripsimu tidak berjalan sesuai ekspektasi, sabarlah. Semua orang memiliki proses dan masalahnya masing-masing. Yang perlu kamu lakukan hanyalah tetap sabar dan tekun dalam mengerjakan skripsi. 

Percayalah, sesulit apapun skripsimu, asalkan kamu tekun dan bekerja keras pasti akan selesai. Jangan pernah menyerah, apalagi mundur karena langkahmu sudah sejauh ini. Tetap hadapi dan percaya diri dengan kemampuanmu.


Nah kira kira itulah 8 tips yang bisa kamu terapkan dalam mengerjakan skripsi. Tetap semangat dan jangan menyerah, karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai.



Penulis
Rizka Indra N

Foto: Paxel.com


Baca juga:







Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon