Loading...

Alur Cerita dan Review Anime Mobile Suit Gundam 00, Upaya Celestial Being Menjaga Perdamaian Dunia

 


Campusnesia.co.id - Selama ramadan tahun 2022 ini saya menemukan teman menunggu buka puasa yang menghibur dan menarik yaitu nonton series Gundam di channel youtube Gundam Info.

Tenang ini legal, resmi dari Gundam Info jadi sobat tidak perlu khawatir. Ada beberapa series anime yang telah dirilis ke publik tapi yang akan kita bahan dalam postingan kita kali ini yaitu Mobile Suit Gundam 00.

Sudah tersedia subtitle dalam beberapa bahasa, untuk yang pengin versi sub indonesia bisa setting di terjemah otomatis kemudian pilih dari Inggris ke Indonesia.

Mobile Suit Gundam 00 atau dalam bahsa jepang berjudul Kidō Senshi Gandamu Daburu adalah serial televisi anime, angsuran kesebelas dalam waralaba Gundam yang sudah berjalan lama di studio Sunrise yang terdiri dari dua musim. 

Serial ini berlatar di Bumi yang futuristik dan berpusat pada eksploitasi organisasi paramiliter fiktif Celestial Being dan upayanya untuk membersihkan dunia dari perang dan konflik dengan serangkaian mobile suit mecha yang unik dan sangat canggih yang dikenal sebagai "Gundams".

Ini disutradarai oleh Seiji Mizushima dan ditulis oleh Yōsuke Kuroda, dan menampilkan desain karakter oleh Yun Kōga. Musim 25-episode secara resmi diumumkan oleh Sunrise selama trailer 15 detik pada tanggal 2 Juni 2007. 

Serial ini ditayangkan di Mainichi Broadcasting System, Tokyo Broadcasting System dan stasiun afiliasinya JNN dari 5 Oktober 2007 hingga 29 Maret 2008. Musim kedua dimulai pada 5 Oktober 2008 dan berakhir pada 29 Maret 2009. 

Sekuel film berjudul Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A Wanning of the Trailblazer, tayang perdana di Jepang pada 18 September 2010 dan dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada 25 Desember 2010, di Jepang. Mobile Suit Gundam 00 adalah serial televisi Gundam pertama yang dianimasikan dalam layar lebar dan definisi tinggi.

Gundam 00 memiliki 2 season dengan masing-masing terdiri dari 25 episode.


Jalan Cerita Gundam 00 Season 1
Serial ini berlatar tahun 2307 M. Akibat menipisnya bahan bakar fosil, umat manusia harus mencari sumber energi baru. 

Kekuatan tersebut ditemukan dalam bentuk beberapa cincin Dyson (susunan besar kolektor tenaga surya) yang mengorbit Bumi, dan didukung oleh tiga elevator orbital, masing-masing melayani salah satu dari tiga "blok kekuatan" di planet ini, yaitu Union (Union of Solar Energy and Free Nations), menguasai Amerika, Australia, Selandia Baru, dan Jepang; Liga Reformasi Manusia (Sino-Jepang: ; Romaji: jinrui kakushin renmei; Pinyin: rénlèi géxīn liánméng), mengendalikan hampir semua daratan Asia selain Timur Tengah bersama dengan sebagian besar Oseania; dan AEU (Uni Eropa Lanjutan), yang mengontrol daratan Eropa serta banyak pulau di Atlantik Utara dan Samudra Arktik.


Dengan sumber energi yang hampir tidak ada habisnya ini hanya menguntungkan negara-negara besar dan sekutu mereka, peperangan terus-menerus meletus di seluruh dunia di antara negara-negara kecil untuk bahan bakar dan energi. 

Negara-negara yang dulu secara ekonomi mengandalkan penjualan bahan bakar fosil telah jatuh ke dalam kemiskinan. Beberapa bahkan percaya bahwa energi matahari mengancam "tanah perjanjian Tuhan", yang mengakibatkan 20 tahun Perang Matahari. 

Kekacauan ini menyebabkan pembentukan organisasi militer swasta, yang disebut Celestial Being (ソレスタルビーイング, Soresutaru Bīingu), yang didedikasikan untuk memberantas perang dan menyatukan umat manusia melalui penggunaan empat mesin canggih yang disebut Gundam.

Mobile Suit Gundam 00 mengikuti empat pilot mobile suit yang disebut Gundam Meisters (ガンダムマイスター, Gandamu Maisutā), berpihak pada Makhluk Surgawi. Protagonis utama adalah Setsuna F. Seiei yang berusia 16 tahun, seorang pilot Gundam pendiam yang dibesarkan di Republik Krugis Timur Tengah yang dilanda perang (yang tampaknya didasarkan pada wilayah Kurdistan).

Tidak dapat melawan teknologi unggul Celestial Being, tiga kekuatan utama akhirnya bersatu menjadi Angkatan Darat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melawan intervensi bersenjata Celestial Being. 

Untuk melawan Gundam, Angkatan Darat PBB menggunakan bantuan Laguna Harvey. Harvey, seorang agen intelijen Celestial Being yang berubah menjadi pengkhianat, memberi mereka 30 GN-X, mobile suit yang dilengkapi dengan Drive pseudo-GN. 

Ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa menolak intervensi Celestial Being, tim kedua Gundam, yang dikenal sebagai Tim Trinity, muncul dan membantu dalam pemberantasan perang Meister, meskipun dengan cara yang jauh lebih kejam dan berdarah dingin.

Alejandro Corner, mantan pengamat Celestial Being yang berencana memanfaatkan kekacauan dan kehancuran yang diciptakan oleh Celestial Being untuk menguasai dunia yang direkonstruksi, kemudian mengambil alih Veda, superkomputer Celestial Being yang diyakini terletak di suatu tempat di bulan. Tanpa bantuan taktis dari kecerdasan buatan organisasi, Celestial Being mudah kewalahan dan dikalahkan oleh unit GN-X dan nomor superior mereka.

Tentara Perserikatan Bangsa-Bangsa memulai Operasi Malaikat Jatuh untuk menghancurkan Gundam, setelah menemukan lokasi kapal induk Meister, Ptolemaios. Selama operasi, Ali Al-Saachez membunuh Lockon Stratos setelah pertempuran klimaks (Lockon Statos baru saja terluka dalam pertempuran sebelumnya). 

Alejandro Corner, dalam baju besi seluler uniknya Alvatore, menyerang Setsuna saat unit GN-X melanjutkan untuk menghancurkan Ptolemaios dan Gundam yang tersisa. Setsuna berjuang dengan Alvatore yang mengerikan, tetapi pada akhirnya berhasil membunuh Alejandro. 

Graham Aker, seorang pilot ace dari Angkatan Darat Perserikatan Bangsa-Bangsa, kemudian menantang Setsuna untuk bertarung, membalas dendam atas rekan-rekannya yang gugur dan mempertanyakan tujuan keberadaan Gundam. Pertarungan tersebut mengakibatkan hancurnya GN-Flag, sedangkan Exia rusak berat.


Jalan Cerita Gundam 00 Season 2
Empat tahun telah berlalu sejak pertempuran terakhir antara Celestial Being dan Pasukan PBB. Kemanusiaan, setelah mendirikan Federasi Bola Bumi, membentuk pasukan penjaga perdamaian otonom, A-Laws, terpisah dari dan di atas tentara Federasi resmi. 

Dengan kebijaksanaan yang tidak terkekang, A-Laws dibebankan dengan tugas untuk lebih menyatukan bangsa, menegakkan kehendak umat manusia, dan membuang sel-sel teroris. Namun, yang tidak diketahui masyarakat umum adalah bahwa A-Laws menyalahgunakan kekuasaan mereka dan menggunakan taktik yang tidak manusiawi untuk menindas kebebasan, doktrin, dan ideologi, semuanya atas nama 'persatuan'.


Sementara itu, Setsuna mencoba menghadapi A-Laws sendirian dengan Gundam Exia-nya yang babak belur, tetapi dengan mudah dikalahkan oleh model baru mereka. Dia segera diselamatkan oleh Tieria Erde, mengemudikan mobile suit barunya, Seravee Gundam.

Dengan menggabungkan GN Drives of Exia dan 0 Gundam, para insinyur Celestial Being berhasil menyelesaikan rencana Aeolia untuk mobile suit canggih dengan drive GN kembar – 00 Gundam – yang dipercayakan kepada Setsuna. 

Untuk mengemudikan dua unit baru yang tersisa, saudara kembar Lockon Stratos diundang untuk mengambil nama kode saudaranya dan posisi sebelumnya sebagai pilot Cherudim Gundam, dan setelah Allelujah Haptism diselamatkan dari penjara tempat dia ditahan selama timeskip, dia mengambil alih komando Arios Gundam. 

Saji Crossroad dengan enggan bergabung dengan Setsuna untuk mengemudikan 00 Raiser yang ditingkatkan dan menghadapi pacarnya Louise Halevy yang telah bergabung dengan A-Laws.

Tanpa diketahui Celestial Being dan A-Laws, pihak ketiga memanipulasi kedua sisi konflik. Kelompok ini menyebut diri mereka "Inovator", terdiri dari mantan asisten Alejandro Corner Ribbons Almark, dan enam bawahannya. 

Selanjutnya, terungkap bahwa rencana Aeolia Schenberg adalah untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia; menyatukan faksi-faksi dunia melalui intervensi bersenjata Makhluk Surgawi dan kemudian memajukan umat manusia ke luar angkasa dan menjalani Inovasi, sebuah proses trans-manusia.

Setelah mengungkap kebenaran tentang niat sebenarnya Ribbons, Celestial Being bergabung dengan anggota pembangkang A-Laws untuk menghentikan penindasan mereka dan membawa pertarungan ke Innovades. 

Setelah terus-menerus terkena partikel GN dari Gundam 00 yang telah selesai sepenuhnya, Setsuna mengalami Inovasi, menjadi Inovator sejati pertama dengan kekuatan yang jauh lebih besar daripada Ribbons dan kelompoknya. 

Konflik berakhir dalam pertarungan terakhir antara Ribbons dan Setsuna dengan yang terakhir muncul sebagai pemenang. Setelah pertempuran terakhir, Federasi membubarkan A-Laws dan bekerja menuju perdamaian global sejati sementara Celestial Being kembali ke bayang-bayang sampai intervensi lain diperlukan. Cerita berlanjut di Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A Wakening of the Trailblazer.


Tahun Rilis Anime Mobile Suit Gundam 00
Serial ini ditayangkan perdana pada 6 Oktober 2007, menggantikan Toward the Terra di jaringan MBS dan TBS terestrial, menempati jaringan yang dicatat pada hari Sabtu 6:00 sore. slot waktu. 

Musim pertama berakhir pada 29 Maret 2008. Musim pertama dari seri ini akan disiarkan ulang di seluruh Jepang di berbagai jaringan televisi seperti TBS, Kids Station, MBS dan BS-i mulai April dan seterusnya. Musim kedua mulai disiarkan di MBS dan TBS Minggu 5:00 sore. slot sejak 5 Oktober 2008, menggantikan Code Geass R2.

Sebanyak empat belas koleksi DVD telah dirilis. DVD terakhir musim pertama berisi trailer aneh untuk musim kedua. Menampilkan karya suara oleh empat Meisters, trailer tersebut mencerca banyak ide awal untuk pertunjukan, teori penggemar, dan klise anime sebelum mengarah ke pesan khusus dari Mizushima dan pratinjau 00 Gundam. Koleksi cakram Blu-ray dirilis pada 22 Agustus 2008.

Serangkaian film kompilasi dengan sekuens animasi baru dan dialog yang direkam ulang, berjudul Mobile Suit Gundam 00 Special Edition, juga dirilis. Volume pertama dirilis di Jepang pada 27 Oktober 2009 dalam format DVD, Blu-ray Disc, dan UMD. Sementara film kompilasi pertama meliput musim pertama, dua sisanya meliput musim kedua.

Lisensi untuk rilis Amerika Utara dari Mobile Suit Gundam 00 diumumkan oleh Bandai Entertainment di New York Comic Con 2008 pada tanggal 18 April 2008. Mobile Suit Gundam 00 adalah seri Gundam pertama yang mengudara di televisi nasional di Amerika Serikat sejak Mobile Suit Gundam SEED dan mulai ditayangkan dua kali seminggu pada 24 November 2008 di SCI FI (sekarang dikenal sebagai SyFy).

Musim pertama menyelesaikan penayangan pertamanya di Sci-Fi pada 9 Februari 2009. Musim kedua juga ditayangkan di jaringan dan slot waktu yang sama pada 29 Juni 2009 dan berakhir pada 21 September 2009. Karena penutupan Bandai Hiburan, serial dan film sudah tidak dicetak lagi. 

Pada 11 Oktober 2014 di panel New York Comic-Con 2014, Sunrise mengumumkan bahwa mereka akan merilis semua franchise Gundam, termasuk Gundam 00 di Amerika Utara melalui distribusi dari Right Stuf Inc., dimulai pada musim semi 2015. Ini juga akan mencakup Edisi Khusus Mobile Suit Gundam 00 yang sebelumnya belum pernah dirilis.

Mobile Suit Gundam 00 versi bahasa Inggris (versi AS) ditayangkan perdana di Filipina pada 20 November 2010 di Cartoon Network Philippines dan menayangkan malam akhir pekan sebagai bagian dari blok Toonami-nya. 

Sejak serial tersebut ditayangkan pada slot sore hari, peringatan Bimbingan Orang Tua ditunjukkan oleh jaringan sebelum setiap episode karena sifatnya yang keras dan ditayangkan dengan sedikit suntingan. Huruf PG juga ditampilkan di sisi kiri atas layar selama beberapa detik setelah kredit pembuka dan jeda iklan. Di Eropa, serial ini dilisensikan oleh Beez Entertainment.


Mobile Suit Gundam 00 Veris Manga
Empat serial manga berbasis siaran TV ada hingga saat ini. Satu serial di Kerokero Ace dan digambar oleh Kouzoh Ohmori. Perubahan kecil hadir dibandingkan dengan anime, seperti penggunaan ekspresi wajah yang lebih visual komedi, dan penghilangan karakter dan subplot tertentu. 

Volume pertama untuk versi ini dirilis pada 26 Maret 2008 oleh Kadokawa Comics. Telah dirilis dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Bandai Entertainment, dengan volume pertama dirilis pada 23 September 2009.

Seri adaptasi manga lainnya dengan nama yang sama juga didasarkan pada serial televisi, dan digambar oleh Auto Taguchi. Berbeda dengan seri manga pertama, judul ini diterbitkan oleh Kodansha. 

Kedua seri manga pada dasarnya mengikuti cerita yang sama dengan plot utama anime, tetapi berbeda dalam urutan peristiwa yang terungkap dan dalam gaya artistik.

Sebuah sidestory manga berjudul Mobile Suit Gundam 00F diserialkan di Gundam Ace. Diilustrasikan oleh Kōichi Tokita, seri manga ini berfokus pada Fereshte, cabang otonom dari Makhluk Surgawi yang juga memiliki beberapa Gundam generasi sebelumnya. 

Serial ini bertindak sebagai penghubung cerita utama ke 2 cerita sampingan lainnya dan memperkenalkan karakter dan mekanisme dari publikasi lain. Volume pertama untuk judul ini dirilis pada 26 Maret 2008 oleh Kadokawa Comics. 

Sekuel untuk 00F, yang disebut Mobile Suit Gundam 00I, diserialkan di Gundam Ace setelah 00F. Itu juga diilustrasikan oleh Kōichi Tokita dan terjadi pada waktu yang sama dengan musim kedua. Ini terutama berfokus pada Innovades, dan beberapa karakter dari 00F telah muncul.

Seri manga lain berdasarkan anime, Mobile Suit Gundam 00: Aoi Kioku, berjalan setiap bulan di Gundam Ace Kadokawa. Seri ini berfokus pada ingatan Gundam Meisters dan diilustrasikan oleh Tarō Shiguma.

Sebuah pendahuluan untuk film (digambar oleh Yun Kouga), "Tempat di mana langit dan bumi bertemu", "Di mana Setsuna dan Marina berada... Dua orang diikat bersama hanya oleh roh mereka, dipisahkan oleh langit dan bumi," diterbitkan di Newtype pada Juli 2010. 

Ini diikuti oleh versi manga sepanjang 50 halaman dari film oleh Kaishaku, yang diterbitkan di Gundam Ace. pada Oktober 2010. Adaptasi ini memiliki perbedaan mencolok dari film, seperti akhir alternatif di mana Setsuna menggunakan kekuatan ELS-nya untuk memulihkan masa muda Marina dan menikahinya.


Review Anime Mobile Suit Gundam 00
Anime Gundam 00 dan Iron-Blooded Orphans adalah dua series yang membuat saya jadi suka dengan Gundam. Bisa dibilang amat telat tapi lebih baik baik daripada tidak sama sekali.

Konsep tentang organisasi menjaga perdamaian sangat menarik dan sepertinya kontekstual dengan kehidupan hari ini, dimana ada blok NATO, Rusia dan China yang sedang memanas.

Andai dikehidupan nyata ada Gundam dan Celestial Being pasti sudah melakukan intervensi untuk menjaga perdamaian. Mengeliminasi semua kekuatan militer yang dikerahkan untuk menyakiti kelompok manusia tertentu.

Dalam hal ini kita memang punya PBB tapi ya gitu deh tidak berdaya dan sering tidak dianggap, apalagi dengan kebijakan hak Veto aggota dewak keamaan PBB yang saling menjegal.

Invasi Rusia ke Ukraina, serangan Israel ke Palestina semestinya bisa dicegah dengan kehadiran Celestial Bein dan tidak akan ada negara atau aliansi yang merasa paling berkuasa.

Untuk jalan cerita series anime Gundam 00 sangat menarik, development setiap karakternya juga keren dan perkembangan Gundamnya juga bagus banget.

Teknologinya sangat futuristik, padahal ini adalan serial anime yang diproduksi tahun 2007 atau 15 tahun silam.

Saat ini kita sudah tahu, ada 3 Gundam real size di Jepang, satu diantaranya mampu menggerakkan tangan, kaki dan tubuhnya bahkan berjalan walau dalam paddock, apakah kebangkitan Celestial Being akan segera terjadi, who kows?

Anime Mobile Suit Gundam 00 dengan rata-rata 25 menit setia episodenya sangat rekomended jadi tontonan saat ngabuburit menunggu buka puasa, atau saat libur hari minggu yang rindu acara kartun di tv nasional yang semakin dikit.

Bagi sobat yang mau nonton, bisa klik di sini.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys