Loading...

Alur Cerita dan Review Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans, Ketika Senjata Laser sudah Tak Berguna



Campusnesia.co.id - Terima kasih untuk sobat campusnesia yang sudah baca artikel kami sebelumnya tentang Alur Cerita dan Review Anime Mobile Suit Gundam 00, Upaya Celestial Being Menjaga Perdamaian Dunia 

Kali ini kita akan bahas lagi anime Gundam dari series yang lain yaitu Alur Cerita Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans, Ketika Senjata Laser sudah Tak Berguna.

Pertama kali dengar series ini dari obrolan Bang Raditya Dika dan Uus di youtbe, bang Radit cerita dikit tentang Gundam Barbatos yang eksis di era di mana senjata laser dan blaster sudah tidak berguna saking kuatnya teknologi yang digunakan untuk mobile suit gundam.

Jaid pertarungannya menggunakan teknologi senjata konvensional, peluru, bom dan senjata tajam dari pedang hingga tombak.

Poin penting dalam series Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans selain jalan ceritanya juga realistisnya sehingga semakin membumi dan masuk akal.

Cara pilot mengemudikannya juga unik, bukan hanya antara pilot dan robot, tapi mereka terhubung langsung pikiran dan perasaanya dengan teknologi bionik bernama Alaya-Vijnana gundam. 

Dengan Alaya-Vijnana Gundam jadi bisa bergerak dinamis layaknya pergerakan manusia dengan reflek yang cepat dan akurat. Mungkin bisa dibilang mirip dengan Pasific Rim dimana sang pilot otak dan pikirannya terhubung langsung robotnya.

Dalam seri ini Gundamnya disebut Barbatos peninggalan dari perang ratusan tahun sebelumnya dan sang pilot bernama Mikazuki Augus.

Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans dalam bahasa jepang judulnya Hepburn: Kidō Senshi Gandamu Tekketsu no Orufenzu, juga dikenal sebagai Gundam IBO dan G-Tekketsu (Gの鉄血), adalah serial anime mecha Jepang tahun 2015 dan keempat belas entri arus utama dalam waralaba Gundam Sunrise yang sudah berjalan lama, menggantikan Gundam Reconguista di G. 

Serial ini disutradarai oleh Tatsuyuki Nagai dan ditulis oleh Mari Okada, tim yang sebelumnya berkolaborasi di Toradora! dan Anohana: Bunga Yang Kami Lihat Hari Itu. Itu ditayangkan di Jepang di MBS dan stasiun JNN lainnya dari 4 Oktober 2015 hingga 27 Maret 2016, menjadikannya seri Gundam pertama yang kembali ke slot waktu Minggu sore sejak Mobile Suit Gundam Seed. Musim kedua akan tayang perdana pada tahun berikutnya pada 2 Oktober 2016.

Iron-Blooded Orphans mengikuti eksploitasi sekelompok tentara remaja yang mendirikan perusahaan keamanan mereka sendiri setelah memberontak melawan orang dewasa yang mengkhianati mereka di Mars yang futuristik dan terraform. 

Serial ini membahas beberapa masalah kehidupan nyata seperti perang, perbudakan, tentara anak-anak, kemiskinan, neo-kolonialisme, dan korupsi. Slogan dari serial ini adalah "Rezeki kehidupan ada di medan perang." (いのちの糧は、戦場にある, Inochi no kate wa, senjō ni aru.)


Alur Cerita Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans
Latar kejadian series ini terjadi pada tahun 323 P.D. (Pasca Bencana), lebih dari 300 tahun setelah bencana, konflik antarplanet yang dikenal sebagai "Perang Bencana". Mars telah berhasil terraform dan dijajah oleh manusia. 

Namun, bahkan dengan kemajuan teknologi, manusia di Mars mendambakan kebebasan melawan pemerintah Bumi dan berusaha meningkatkan mata pencaharian mereka. Selain itu, sementara sebagian besar negara Mars telah menerima otonomi, planet ini sebenarnya bergantung pada Bumi untuk pembangunan ekonomi dengan banyak yang hidup dalam kondisi miskin.

Kudelia Aina Bernstein, seorang wanita bangsawan Mars, mempekerjakan perusahaan keamanan sipil Chryse Guard Security (CGS) untuk membawanya ke Bumi untuk merundingkan kemerdekaan bangsanya, Chryse, dari Bumi. 

Tetapi organisasi Militer Bumi Gjallarhorn, menyerang CGS dalam upaya untuk menghentikan gerakan kemerdekaan Mars. Selama serangan itu, Orga Itsuka, pemimpin Divisi Tentara Ketiga dalam CGS, yang terdiri dari anak-anak, memutuskan untuk memberontak melawan petinggi dewasa yang telah melarikan diri dan meninggalkan anak dan prajurit remaja untuk bertarung dan mati sebagai senjata sekali pakai. umpan. 

Karena semua harapan tampaknya hilang, seorang anak yatim piatu di bawah komando Orga bernama Mikazuki Augus memasuki pertempuran, mengemudikan mobile suit yang buru-buru diperbaiki: Gundam Barbatos yang legendaris. 

Setelah menangkis serangan Gjallarhorn, Orga dan sisa Divisi Angkatan Darat Ketiga membuang petinggi dewasa yang mengkhianati mereka dan mengambil kendali CGS, membangunnya kembali sebagai perusahaan tentara bayaran "Tekkadan" (bahasa Jepang untuk "Bunga Besi").

Dalam pekerjaan pertama Tekkadan, mereka menerima untuk mengawal Kudelia ke Bumi baginya untuk mengambil bagian dalam negosiasi dengan pemerintah Arbrau, negara adidaya yang menguasai Chryse. 

Namun, upaya berkelanjutan Gjallarhorn untuk menghentikan kemajuan mereka membuat Tekkadan bergabung dengan Teiwaz, konglomerat bisnis yang beroperasi di sekitar Jupiter. Di bawah perlindungan Teiwaz dan diam-diam dibantu oleh McGillis Fareed, salah satu eselon teratas Gjallarhorn dengan agendanya sendiri, Tekkadan berhasil membawa Kudelia ke Bumi, dan dengan aman mengantarnya ke ibu kota Arbrau di mana ia berhasil menegosiasikan lebih banyak kebebasan ekonomi untuk Mars, sementara McGillis mengambil keuntungan dari keberhasilan mereka untuk menggulingkan ayah angkatnya sendiri dan memperkuat posisinya di dalam Gjallarhorn.

Beberapa tahun kemudian, Tekkadan memantapkan dirinya sebagai perusahaan militer terkemuka, sementara Kudelia mendirikan perusahaan pertambangan di Chryse, bekerja untuk memperbaiki kondisi penduduk dan McGillis bergerak maju dengan agendanya untuk mereformasi Gjallarhorn. 

Namun, salah satu faksi Gjallarhorn yang menentangnya, Armada Arianrhod, yang dipimpin oleh Rustal Elion, mulai bekerja dalam bayang-bayang untuk menyabot McGillis dan Tekkadan. 


McGillis meyakinkan Tekkadan untuk membantunya menghancurkan Arianrhod di bawah janji bahwa begitu dia berhasil mengambil kendali penuh atas Gjallarhorn, dia akan mentransfer semua otoritas atas Mars ke Tekkadan, menjadikan mereka penguasa de facto planet ini.

Namun, mereka dikalahkan dan dipaksa untuk melarikan diri ke Mars, di mana McGillis terbunuh setelah upaya terakhir yang gagal untuk membunuh Rustal dan Tekkadan dibubarkan setelah Arianrhod meluncurkan serangan untuk memusnahkan semua anggota dan membuat contoh dari mereka, tetapi hanya beberapa. , termasuk Mikazuki, mengorbankan diri mereka untuk menahan musuh cukup lama agar yang lain bisa kabur dengan selamat.

Setelah beberapa tahun kemudian, Gjallarhorn mencabut sistem dewannya dan mereformasi menjadi organisasi yang lebih demokratis, dengan Rustal sebagai kepalanya. Kudelia menjadi ketua Mars Union dan anggota Tekkadan yang masih hidup mengikuti cara mereka masing-masing sambil tetap berhubungan, masing-masing mencari untuk menghormati teman-teman mereka yang meninggal untuk memberi mereka masa depan baru yang lebih cerah.


Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Versi Anime
Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans tayang perdana di Jepang pada MBS dan TBS pada tanggal 4 Oktober 2015 hari Minggu pukul 17:00, menggantikan The Heroic Legend of Arslan pada slot waktu awalnya. 

Ini adalah seri Gundam pertama yang kembali pada jadwal sore hari sejak Mobile Suit Gundam AGE. Sunrise mengumumkan bahwa serial ini akan disiarkan ke seluruh dunia di YouTube melalui Gundam.Info Channel, Funimation, Hulu, Crunchyroll, dan Daisuki.

Pada tanggal 9 Oktober 2015, Sunrise mengumumkan di panel mereka di New York Comic Con bahwa anime tersebut akan mendapatkan pangkat bahasa Inggris yang akan diproduksi oleh Bang Zoom! Hiburan. 

Turner Broadcasting mulai menyiarkan serial ini di blok pemrograman Toonami Adult Swim pada 5 Juni 2016 dengan season 2 tayang perdana pada 8 Oktober 2017.

Menyusul kesimpulan dari episode ke-25 anime, diumumkan bahwa musim kedua akan tayang perdana pada musim gugur 2016. Anime ini berakhir pada 2 April 2017 dengan episode ke-25 musim kedua, sehingga jumlah episode keseluruhan dalam seri menjadi 50.

Bandai Visual merilis volume pertama dari seri dalam Blu-ray dan DVD pada tanggal 24 Desember 2015, yang berisi kode serial untuk Mobile Suit Gundam Extreme Vs. Paksa untuk mendapatkan Gundam Barbatos. D

alam Anime Expo 2017, Funimation mengumumkan bahwa seri tersebut akan dirilis dalam bentuk video rumahan dalam kemitraan dengan Sunrise untuk Wilayah Amerika Utara, menandai sebagai seri Gundam pertama yang dilisensikan bersama oleh perusahaan selain Right Stuf Inc. dan Nozomi Entertainment. Kedua musim dari seri tersebut kemudian ditambahkan ke Netflix untuk streaming berbayar pada 5 November 2019.


Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Versi Manga
Sebuah adaptasi manga oleh Kazuma Isobe memulai serialisasinya di Gundam Ace Edisi Desember pada 26 Oktober 2015. 

Manga Side Story berjudul "Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Steel Moon" (Jepang: , Hepburn: Kidō Senshi Gandamu Tekketsu no Orufenzu Gekkō) diluncurkan di Hobby Japan dan Gundam Ace pada bulan Juni 2016.


Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Versi Video game
Mobile suit utama seri ini (bentuk pertama) pertama kali muncul di game PlayStation Vita Mobile Suit Gundam Extreme Vs. Paksa kode serial volume Blu-ray pertama. Mobile suit (bentuk ke-4) juga muncul di game PlayStation 4 dan PlayStation Vita Gundam Breaker 3 dan game arcade Mobile Suit Gundam Extreme Vs. Maxi Boost AKTIF. 

Kemudian, bentuk ke-6 Gundam Barbatos, Gundam Barbatos Lupus, Gundam Gusion dan Gusion Rebake, Gundam Kimaris dan Gundam Astaroth dirilis sebagai unit DLC untuk Gundam Breaker 3. 

Gundam Kimaris Trooper ditambahkan di Mobile Suit Gundam Extreme Vs. Paket ekspansi Maxi Boost ON dan kemudian digantikan oleh mobile suit utama Musim Kedua, Gundam Barbatos Lupus dan kemudian, Gundam Gusion Rebake Full City dan Gundam Bael. 

Dalam Mobile Suit Gundam Extreme Vs. 2, Gundam Barbatos Lupus Rex adalah unit yang dapat dimainkan. Graze Ein berfungsi sebagai unit bos. Gundam Kimaris Vidar kemudian ditambahkan sebagai unit yang dapat dimainkan. Dalam Mobile Suit Gundam Extreme Vs. 2 XBoost, Gundam Flauros (Ryusei-Go) kemudian ditambahkan sebagai unit yang dapat dimainkan.

Sebuah game spin-off resmi, berjudul Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Urðr Hunt (Jepang: , Hepburn: Kidō Senshi Gandamu Tekketsu no Orufenzu: Uruzuhanto) diumumkan pada 7 Januari 2019 sebagai bagian dari Gundam's Perayaan HUT ke-40. 

Gim ini sedang dalam pengembangan untuk iOS dan Android, dengan adegan animasi yang dikerjakan oleh Sunrise Beyond. Ini akan disutradarai oleh Tatsuyuki Nagai dan ditulis oleh Hajime Kamoshida. Gim ini diumumkan sebagai bagian dari gim seluler Iron Blooded Orphans G dan dijadwalkan akan dirilis pada 2022.


Review Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans
Para kritikus memberi respon yang positif, misalnya Nick Creamer dari Anime News Network memberikan serial ini 4 dari 5 bintang, dengan mengatakan bahwa "Setelah menonton setengah lusin premier yang tidak akan berhenti dengan eksposisi, tentu menyenangkan untuk menonton pertunjukan yang benar-benar memiliki kepercayaan pada penceritaannya sendiri. Iron-Blooded Orphans mulai beraksi, membangun dunianya dalam percakapan alami dari banyak karakternya." 

Dia mengkritik bahwa "Mari Okada adalah seorang penulis yang tidak konsisten, tapi jelas seorang yang berbakat, dan mengingat fokus pembukaan gaya Gundam tradisional, bakatnya untuk mengilustrasikan karakter bersinar." 

Zac Bertschy memberi seri 4,5 untuk episode pertama, dengan mengatakan "Yatim Berdarah Besi memiliki banyak bagian yang bergerak, tapi itu hanya rumit; episode ini mulai membingungkan (karena cara yang relatif serampangan mereka memperkenalkan semua berbagai faksi dan pemeran yang cukup besar) tetapi seiring berjalannya waktu semuanya menjadi sangat jelas". 

Dia juga menambahkan "Karakter yang langsung disukai, pertempuran putus asa, cerita fiksi ilmiah yang luas tentang koloni yang berjuang untuk kemerdekaan, robot raksasa dan bahkan anak laki-laki aneh yang berbicara halus seperti Char yang bekerja dengan orang jahat; apa yang tidak disukai?"

Namun, serial ini telah menerima beberapa kritik dari Organisasi Etika Penyiaran dan Peningkatan Program Jepang, mengenai tema kasar dan penggambaran tentara anak di anime. 

Mereka juga menyatakan bahwa "beberapa tahanan dan tentara musuh yang tidak tahan ditembak mati oleh protagonis laki-laki muda. Jika Anda melihat judulnya, orang akan langsung menganggap ini sebagai pertunjukan anak-anak dan banyak anak-anak akan menontonnya.", mengacu pada satu adegan di Episode 3, dan bahwa "Jika Anda ingin menyiarkan materi seperti itu, berikan semacam batasan usia untuk pemirsa."


Seperti saya sampaikan di paragraf pembuka tadi setidaknya ada tiga kelebihan dari series Gundam Barbatos ini, pertama realistis dengan teknologi yang manual peluru, bom dan pedang serta tombak akibat saking canggihnya teknologi Gunda yang pernah ada.

Kedua, dari sisi cerita lebih dewasa, karakter Mikazuki Augus sang pilot Gundam Barbatos tak segan menembak dan membunuh musuhnya.

Ketiga, ide teknologi alaya-vijnana membuat pilot terhubung langsung ke Gundam yang dikendarai, ini juga memungkinkan bisa saja kesadaran manusia dipindah untuk menjalankan Gundam seperti dalam terjadi pada McGillis Fareed.

Sisi cerita yang dihadirkan juga dramatis dan tak segan membuat karakter yang dicintai oleh penonton mati, seperti yang terjadi pada karakter Biscuit sang mekanik.


Demikain tadi sobat Campusnesia postingan kita tentang Alur Cerita dan Review Anime Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans, Ketika Senjata Laser sudah Tak Berguna. Secara keseluruhan sangat rekomended untuk ditonton, untuk yang nonton sub indo secara legal bisa ke channel youtube Gundam Info.



Penulis:
Nandar


Sumber:
- id.wikipedia.org


===
Baca Juga:




gundam iron-blooded orphans season 3, gundam: iron-blooded orphans season 2, mobile suit gundam iron-blooded orphans season 1, iron-blooded orphans gundam frames, gundam technology, alaya-vijnana gundam, gundam barbatos pilot is Mikazuki Augus.


Teknologi dan Karakteristik Tempur Gundam Barbatos Lupus Rex
Gundam Barbatos Lupus bertempur sengit melawan Hashmal di sekitar Chryse, sebuah kota di Mars dan rusak parah sehingga dikirim ke bengkel MS Saisei untuk peningkatan besar. 

Pengambilan sampel data pertarungan Barbatos Lupus dengan Hashmal juga dilakukan selama perombakan.

Untuk mencocokkan data pertempuran Mikazuki Augus, yang meningkatkan kompatibilitasnya dengan mobile suit melalui Sistem Alaya-Vijnana, kecepatan respons mesin ditingkatkan hingga batas nilai teoritisnya.


Gerakan sendi bingkai juga disetel dengan hati-hati agar sesuai dengan sensasi pilot yang sebenarnya. Lubang kokpit setelan diubah dari metode pembukaan atas pendahulunya menjadi gaya bukaan depan dengan pertimbangan kecacatan Mikazuki yang memburuk.

Untuk lebih mencerminkan gaya bertarung Mikazuki secara intuitif, lengan setelan itu diperbesar dan memanjang seperti binatang buas, dan berbagai senjata dipasang di tubuhnya.

Struktur rangka lengan juga ditingkatkan dan diperkuat. Bagian ekor Hashmal ditransplantasikan ke bagian belakang jas, dan melalui Sistem Alaya-Vijnana, Mikazuki mengontrol bilah ekor ini seolah-olah itu adalah anggota badan.

Secara keseluruhan, Gundam Barbatos Lupus Rex disesuaikan untuk pertempuran jarak dekat, dan siluetnya memberikan tampilan yang lebih ganas daripada pendahulunya.

Kata 'Rex' berarti 'Raja' dalam bahasa latin, dan ini sangat menentukan karena Mikazuki akan bersama dengan Orga Itsuka, yang bercita-cita menjadi Raja Mars.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys