Alur Cerita dan Review Anime Balap Mobil F4 Overtake!




Campusnesia.co.id - Semarang 05/11/2023. Setelah Gundam The Witch from Mercury tamat, sudah lama saya tidak menonton dan mengikuti sebuah anime, apalagi yang sedang ongoing, hingga beberapa pekan yang lalu menemukan sebuah anime baru di channel youtube Ani-one berjudul Overtake!.

Overtake! yang dalam bahasa jepang ditulisa オーバーテイク! dan dibaca Ōbāteiku!, adalah serial televisi anime Jepang original yang diproduksi oleh Kadokawa Corporation dan dianimasikan oleh Troyca. 

Anime ini disutradarai oleh Ei Aoki dan ditulis oleh Ayumi Sekine. Desain karakter asli disediakan oleh Takako Shimura, sementara Masako Matsumoto mengadaptasi desain untuk animasi. 

Katsuhiko Takayama dikreditkan sebagai supervisor, dan Kana Utatane menggubah musiknya. Lagu tema pembuka, "Tailwind", dibawakan oleh VTuber dari Nijisanji Kanae, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Good Luck" oleh Tasuku Hatanaka.

Serial ini tayang perdana pada tanggal 1 Oktober 2023 di AT-X dan jaringan lainnya. Crunchyroll melisensikan serial ini di luar Asia. Hingga artikel ini dtulis sudah masuk episode 6.


Karakter dalam anime Overtake!
Haruka Asahina (浅雛 悠, Asahina Haruka)
Pengisi suara: Anan Furuya

Kōya Madoka (眞賀 孝哉, Madoka Kōya)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi

Kotarō Komaki
Pengisi suara: Tasuku Hatanaka

Satsuki Harunaga
Pengisi suara: Kengo Kawanishi

Toshiki Tokumaru
Pengisi suara: Taku Yashiro

Arisu Mitsugawa
Pengisi suara: Reina Ueda

Toru Komaki
Pengisi suara: Kenta Sasa

Michinori Shosei
Pengisi suara: Masayuki Katō


Poster anime Overtake!



Alur cerita dan review anime Overtake!
Madoka adalah jurnalis foto yang sudah lama tidak memotret orang karena trauma yang pernah ia alami. Suatu hari ia ditugaskan meliput di daerah dan terjadi bencana, ia memotret seorang anak gadis sesaat kemudian tersapu gelombang tsunami.

Hasil foto tersebut menuai kontriversi dan ia mendapatkan berbagai kritik pedas dari masyarakat membuatnya depresi hingga trauma bahkan menyebabkan berpisah dengan sang istri Sae.

Suatu hari ia ditugaskan meliput sebuah balapan mobil Formula 4 atau F4 dan bertemu dengan tim balap kecil berisi pembalap berbakat Haruka. Ayah Haruka adalah pembalap F4 yang tewas saat balapan. Sejak kecil ia diasuh oleh pemimpin tim balap Komaki Motors.

Anime ini bagus menurut saya, dari sisi jalan cerita dan visual yang sudah menggunakan 3D. Bagi saya yang tidak terlalu mengikuti balapan Formula 1 di dunia nyata, lewat Overtake! jadi dapat ilmu baru tentang balapan mobil formula.

Kisahnya menarik, tentang wartawan foto yang kehilangan kepercayaan diri, semangat dan keinginan memotret manusia akibat trauma, namun beranjak kembali merasa hidup dan mau berjuang setelah bertemu pembalap F4 Haruka, ini tentang perjuangan sembuh dari trauma.

Bagaimana perjuangan Madoka dalam mencari sponsor, peduli pada Haruka dan tim Komaki Motors serta hubungan dengan sang mantan istri juga menarik.

Di sisi lain, instriks tim Belsoriso juga menarik, bagaimana persaingan dua pembalap dalam satu tim, satu sebagai bahan ujicoba dan riset, satu diset sebagai pemenang terus, mirip persaingan rider MotoGP di tim pabrikan terkenal.


Sekilas tentang Balap Mobil F4
FIA Formula 4, juga disebut FIA F4, adalah sebuah kategori balap mobil roda terbuka yang ditujukan untuk pembalap junior. Tidak ada kejuaraan global, tetapi masing-masing negara atau wilayah dapat menyelenggarakan kejuaraan mereka sendiri, sesuai dengan seperangkat peraturan dan spesifikasi universal.

Kategori tersebut dibuat oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) - badan administrasi dan administrasi internasional untuk olahraga bermotor - sebagai kategori entri level untuk pembalap muda, menjembatani kesenjangan antara karting dan Formula 3. Seri ini merupakan bagian dari FIA Global Pathway. 

Mantan pembalap Formula Satu, yaitu Gerhard Berger, ditunjuk sebagai komisaris untuk ajang balapan tersebut, sebagai tanggapan terhadap penurunan minat pada kejuaraan Formula 3 nasional karena biaya operasional tahunan bagi para pembalap yang mahal, dan jalur alternatif untuk ajang Formula Satu, seperti Formula Renault, beserta Seri GP2 (kini Kejuaraan FIA Formula 2) dan Seri GP3 (kini Kejuaraan FIA Formula 3), yang sempat menyaksikan beberapa kejuaraan nasional Formula 3 dibatalkan. 

Di tempat kategori mahal, sejumlah kategori terpisah yang berjalan di bawah nama Formula 4 telah dibuat, seperti misalnya negara Inggris yang mendasari BRDC Formula 4, tetapi tidak ada kesamaan antara mobil dari satu negara ke negara yang lain. Kategori yang disahkan oleh FIA secara resmi dibuat pada bulan Maret 2013, saat disetujui oleh World Motor Sport Council.

Kejuaraan Formula 4 pertama kali dimulai pada tahun 2014 sebagai kategori satu desain mobil, sebelum peraturan dibuka untuk beberapa sasis dan produsen mesin. Setiap kejuaraan menggunakan satu jenis mesin, dengan peraturan yang mewajibkan kapasitas 1.600 cc (1,6 L) dan membatasi keluaran daya maksimum 180 bhp (134,2 kW), lebih tinggi dari Formula Ford dan lebih rendah dari Formula Renault. Mesinnya disamakan sehingga tidak ada kejuaraan Formula 4 yang lebih cepat dari yang lain, dengan niat jangka panjang untuk menurunkan biaya hingga di bawah €100.000 per tahun untuk bersaing.

Oke sobat Campusnesia, demikian tadi postingan kita kali ini tentang Alur Cerita dan Review Anime Balap F4 Overtake! rekomended untuk diikuti dan banyak pelajaran tentang balap formula di dalamnya, bagi yang mau nonton bisa ke channel youtube Ani-One Asia atau Bilibili, selamat menonton.




Penulis
Nandar 



===
Baca juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon