Warga Dukuh Weron Desa Tegalharjo Trangkil Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Pati Terdampak Kekeringan

 



Campusnesia.co.id - Pati 02/11/2023. Fenomena El Nino yang berlangsung di Indonesia menyebabkan kemarau panjang yang berakibat banyak daerah terlanda kekeringan. Tidak terkecuali banyak dukuh, desa dan kecamatan di wilayah kabupaten Pati daerah selatan.

Kemarau panjang dan kekeringan ini membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih karena sumber mata air dan sumur mengering. Kebutuhan air untuk minum, mandi, mencuci dan lainnya jadi terganggu dan sangat membutuhkan bantuan air dari daerah lain yang tidak terlalu terdampak kekeringan.

Kondisi ini membuat pemuda dan warga Dukuh Weron Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati berinisiatif untuk menggalang dana guna menyalurkan bantuan air bersih untuk saudara-saudara warga yang terdampak kekeringan di daerah Pati Selatan.

Hingga berita ini diturunkan setidaknya sudah beberapa kali bantuan air bersih terdistribusi hasil urunan warga, "Bantuan air bersih untuk Dukuh Kepohkencono Desa Kepoh ditujukan untuk masjid dan warga" ujar pak Hariyanto warga Dukuh Weron dan salah satu penanggung jawab bantuan air ini.


"Terima kasih para donatur atas partisipasinya bisa meringankan beban kekurangan air di wilayah Jakenan, besuk meluncur ke Pucakwangi" tambah bapak Ngaso warga Dukuh Weron yang juga bagian dari penggerak kegiatan bantuan air bersih ini.

Mengutip laman bmkg.go.id, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

BMKG dan beberapa Pusat Iklim Dunia memprediksi El-Nino terus bertahan pada level moderat hingga periode Desember 2023-Januari-Februari 2024, sementara IOD Positif akan terus bertahan hingga akhir tahun 2023," ungkap Dwikorita dalam rapat bersama Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Republik Indonesia, baru-baru ini.

Oleh karena itu bagi sobat yang daerahnya masih tersedia sumber air dengan baik mari bersyukur dan mari kita saling membantu untuk warga daerah lain yang terlanda kekeringan di tahun 2023 ini, semoga segera masuk musim penghujan.



Penulis
Achmad Munandar

Sumber foto: Dokumentasi Bapak Ngaso

Sumber video: Dokumentasi Bapak Hariyanto




===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon