Loading...

Kupas Tuntas Resep Publishing Buku Referensi bersama Dr. Fauzan

Campusnesia.co.idPada sesi tiga program Akademi Riset dan Penulisan Level 2, Griya Riset Indonesia (GRI) mengundang Fauzan, Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Griya Riset Indonesia meminta narasumber untuk menyampaikan resep publishing buku referensi pada hari Sabtu (5/3/2022) di pertemuan zoom pagi itu. 

Sebelum seseorang dapat mempublish karya tulis menjadi sebuah buku, menurut Fauzan, "setiap orang perlu membentuk mindset publishing terlebih dahulu agar karya-karya itu bermanfaat untuk orang banyak," tegasnya.

Selain itu, Dosen PGMI UIN Syarif Hidayatullah ini berpesan untuk para dosen yang kebetulan mengikuti Sesi 3 Program Akademi Riset dan Penulisan Level 2, agar mempunyai dua niatan saat menjadi dosen. Yaitu: mempunyai niat naik pangkat dan niat publikasi karya tulis.


"Apabila berbicara soal kenaikan pangkat, aturannya berlaku umum. Seperti karya tulis pada umumnya. Akan tetapi apabila kita berbicara soal publishing, harus mengikuti aturan-aturan penerbit. Dan tentunya tidak serumit yang dibayangkan," Kata Fauzan.

Resep publishing buku referensi hanya membutuhkan isi di antaranya adalah apa yang akan penulis tawarkan kepada pembaca, menjawab tentang fenomena baru yang dihadapi masyarakat, serta metodologi dan kesimpulan. Itupun menurut Fauzan, cukup dikemas dengan gaya tulis narratif saja, tidak yang informatif ataupun deskriptif.


Penulis:
Hilman Najib

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys