Loading...

Sinopsis, Detail dan Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 1-8

 



Campusnesia.co.id - Sukses dengan drama korea original Squid Game yang jadi fenomena global dan My Name, Netflix hadir kembali menjelang Natal dan Tahun Baru dengan sebuah series korea berjudul Silent Sea.

Tak tanggung-tanggung, The Silent Sea menghadirkan sederet nama besar dalam dunia drama korea, sebut saja Gong Yoo yang populer dalam drama Goblin dan film Train to Busan serta jadi cameo di Squid Game, Bae Doona yang tampil apik dalam dua season original Netflix Kingdom, Stranger Secret Forest dan masih banyak sederet aktor dan aktris papan atas lainnya.

Pada Desember 2019, Netflix mengumumkan akan memproduksi seri televisi The Silent Sea yang diadaptasi dari film pendek terkenal tahun 2014 yang disutradarai oleh Choi Hang-yong. Dia juga akan mengarahkan seri tersebut, dengan Jung Woo-sung berdiri sebagai produser eksekutif.

The Silent Sea ini merupakan adaptasi dari film pendek tahun 2014 berjudul The Sea of Tranquility yang ditulis dan disutradarai oleh Choi Hang-yong, dalam versi adaptasi series Netflix ia akan kembali duduk si bangku sutradara.

Seri tersebut dijadwalkan tayang perdana di Netflix pada tanggal 24 2021 dan berumlah 8 episode, mengingat dua series yang kami sebut di atas, kemungkinan bakal dirilis langsung keseluruhan episodenya jadi sobat bisa nonton secara marathon sambil libur Natal.


Sinopsis Drama Korea Original Netflix The Silent Sea
Mengutip laman resmi Netflix, secara singkat meyebutkan Gongyoo dan kawan-kawan sedang dalam misi berbahaya selama 24 jam di bulan, para penjelajah ruang angkasa mencoba mengambil sampel dari bekas fasilitas penelitian yang sarat dengan rahasia penting.

Latarnya berkutat pada Kisah futuristik dimana Bumi di masa depan telah mengalami penggurunan. dalam trailer disebutkan sisa air tinggal 40% lagi.

Ada solusi yaitu sebuah sampel penelitian yang harus diambil di Bulan, iya bulan. 

Kisah akan berpusat pada anggota tim khusus yang dikirim untuk mengamankan sampel misterius dari fasilitas penelitian yang ditinggalkan di bulan, stasiun penelitian Balhae Base.

Ternyata di stasiun awak sebelumnya ditemukan meninggal secara misterius, apa sebabnya, apakah ini bakal jadi misi untuk penyelamatan penduduka bumi atau justru misi bunuh bagi tim?


Daftar Pemeran Drama Korea Original Netflix The Silent Sea

sebagai Han Yoon-jae, pemimpin tim eksplorasi yang harus menjalankan misi penting dengan informasi terbatas. Dia menempatkan keselamatan anggota timnya di atas segalanya dan tidak takut mebahayakan dirinya sendiri untuk melakukannya.

sebagai Doktor Song Ji-an, ahli astrobiologi, yang bergabung dengan tim, bertekad untuk mengungkap kebenaran di balik kecelakaan di stasiun penelitian Balhae Base yang sekarang ditinggalkan di bulan.

3. Lee Joon 
sebagai Kapten Ryoo Tae-seok, kepala insinyur, yang merupakan anggota elit Kementerian Pertahanan Nasional, tetapi menjadi sukarelawan untuk misi berbahaya ini dalam upaya untuk melarikan diri dari lingkungan yang menyesakkan di Kementerian.

4. Heo Sung-tae 
sebagai Kim Jae-sun, kepala Kelompok Sumber Daya Administrasi Penerbangan.

5. Lee Moo-saeng sebagai Gong Soo-hyuk, kepala tim keamanan.

Ada pula nama-nama lain seperti Lee Sung-Wook, Choi Hee-Jin, Heo Sung-Tae dan Gong Jin-Seo sebagai karakter Won-Kyung muda.


Poster Drama Korea OriginalNetflix The Silent Sea






Trailer Drama Korea Original Netflix The Silent Sea



Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 1 
Adegan dibukan Doktor Song Ji-an Bae Doona mengalami kecelakaan dan ditolong oleh Gong Yoo Han Yoon-jae ternyata mereka berada dalam pesawat yang mendarat darurat di stasiun Balhae di Bulan.

Setting waktu belum jelas entah tahun berapa, tema Distopia dimana efek Climate Chnage semakin parah, kekeringan melanda dunia setidaknya yang tergambar di korea, air bersih langka manusia dapat jatah air sesuai golongan dan pangkatnya dengan kartu khusus mirip atm beras tapi ini untuk ambil jatah air.

Dalam berita disebutkan persediaan air akan berkurang sebesar 40 persen dalm waktu sepuluh tahun ke depan, curah hujan turun, sungai kering, air laut menurun, dan banyak bayi lahir meninggal akibat mengkonsumsi air yang terkontaminasi limbah salah satunya micro plastik.

Episode satu dengan judul "Stasiun riset di bulan balhae" menceritakan Dr. Song Ji An, Kapten Han Yoo Jae beserta 9 kru lainnya mendapat tugas dari pemerintah mengambil sampel penelitian penting di stasiun Balhae di bulan.

Dengan alasan masing-masing mereka semua berangkat, naas pesawat mengalami gangguan harus mendarat darurat nyaris masuk jurang di bulan, semua kru selamat, pesawat hancur jatuh ke palung bulan.

Mereka melanjutkan perjalan menuju stasiuan Balhae dengan berjalan kaki, salah satu kru bernama pak Hwang yang pernah bertugas di stasiun meninggal dalam perjalan akibat luka saat pesawat jatuh, tim lain melanjutkan perjalanan dengan sisa oksigen yang terbatas.
 


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 2
Sesampainya di stasiun Balhae setelah mengisi kembali oksigen mereka menemukan jasad yang mati dengan kondisi aneh, mengalami gejala mirip kematian yang disebabkan oleh tenggelam di air, yang lebih aneh lagi adalah ia bukan bagian kru Balhae melainkan tentara bayaran diduga anak buah perusahaan RX.

Misi berlanjut, tim dibagi 3 masing-masing menuju ruang penyimpanan yang menurut info dari pemerintah SAA (Nasa-nya Korea) sampel penting yang harus diambil berada di salah satu ruang penyimpanan tersebut.

Wanti-wati pemerintah tentang ruangan yang terkontaminasi zat radioaktif yang menyebabkan semua kru mati lima tahun silam juga terbantahkan, semua ruangan dalam batas radiasi normal bisa untuk menunjang kehidupan.

Semua tim kecele, entah siapa dan bagaimana semua sampel telah diacak-acak dan kosong, yang konsisten adalah penemuan jasad para kru stasiun Balhae yang mati dengan kondisi yang sama dengan jasad di awal, menunjukkan gejala kematian akibat tenggelam.

Sementara Dr. Song punya misi pribadi, ia ingin mengungkap penyebab kematian sang kakak lima tahun silam di stasiun Balhae, sebelum maninggal sang kaka mengirim pesan terenkrispi dengan berisi wasiat agar adiknya menemukan sesuatu yang bernama "Luna".

Penjelasan pak Hwang saat ditanya Dr. Song tentang Luna adalah sebuah penyimpanan data rekaman misi stasiun Balhae mungkin ada sesuatu yang disembunyikan pemerintah.

Salah satu kru misi Shoocan, ketika sedang mencari sampel dihinggapi sesuatu seperti kutu, kecil banget, tak lama ia menunjukkan gejala berkeringat dingin dan mulai merasa tidak enak badan, sejauh ini dugaan saya kutu tersebut adalah penyebab kematin misterius para kru lima tahun silam, kutu apakah itu?


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 3
Kutu yang menggigit Shoocan bisa meng-ekstraksi cairan dari makhluk yang dihinggapi, wowo ngeriiii..apakah ini solusi kekeringan di bumi?

Sementara kru Gisu yang menemukan sampel utuh disergap oleh sesosok makhluk misterus dan mengambil sampel tersebut.


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 4
Bukan kutu penyebab kematian Shoocan adalah "Air Lunar" air asli bulan yang ternyata hidup bak virus, begitu menginfeksi makhluk hidup akan menjadikan inang dan membelah diri terus menerus hingga inangnya mati.

Kebenaran ini terungkap saat Dr. Song Jian mencoba meneteskan darahnya pada air muntahan Shoocan, dan terjadilah pembelahan air lunar.

Pemerintah dan kapten Han menyembunyikan fakta bahwa sampel penting yang dimaksud dalam misi adalah air, Air Lunar yang bisa membelah dan memperbanyak diri.

Air ini pertama ditemukan oleh kakak Dr. Song dalam misinya menemukan sumber air di bulan yang bisa jadi solusi bagi makhluk di bumi akibat perubahan iklam ekstrem yang menyebabkan sunga, laut kering kerontang dan air menjadi langka.

Air Lunar belum bisa dikendalikan, andai bisa hipotesisnya bisa jadi penyelamat penduduk bumi, that why sampel-sampel ini penting dan diperbutkan oleh banyak pihak selain SAA Korea.

Alienya masih misterius, saiapa yang mencoba melindungi Air Lunar.


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 5
Ternyata Alienya anak kecil guys, atau bisa dibilang dia adalah penyintas kru yang tewas 5 tahun yang lalu?

Bagaimana bisa anak kecil bertahan dari infeksi air lunar dan memiliki kecepatan yang tinggi adalam pergerakan hingga mampu menghindari tembakan?

Apa mungkin anak kecil itu adalah Dr. Song Wongkyung kak Dr. Song?

Apakah anak kecil ini anak dari pimpinan SAA ibu Choi? kita belum tahu pasti, yang pasti salah satu kru yang masih hidup dan bertanggung jawab atas komunikasi adalah mata-mata, mungkin saja rangkain insiden yang menimpa kapten Han serta komunikasi yang terputus adalah bagian dari Sabotase?


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 6
Anak kecil itu bernama Luna, ia adalah manusia hasil kloning digunakan oleh para peneliti dalam uji coba air luna pada manusia, dari percobaan pertama baru berhasil pada subjek 073 itulah luna yang selamat dan jadi sosok misterius dan kita anggap sebagai alien.

Luna 073 berhasil beradaptasi dengan air luna, ketika terpapar virus luna perkembangbiakan bisa dihentikan, akibat positif air lunar bagi luna ia bisa menyembuhkan diri dengan cepat Regeratif layaknya Wolvrin di serial X-Mmen dan memiliki kemampuan motorik kinetik yang cepat dalam bergerak.


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 7
Kejahatan pemerintah menggunakan manusia kloning bisa berakibat fatal bagi politik penguasa, oleh karena itu proyek ini seakan ditutupi.

Ryu taesuk terbukti sebagai mata-mata RX dan jadi impostor dalam tim kapten Han.


Detail Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Episode 8
Luna berhasil diselamatkan bersama beberapa sampel yang tersisa, Dr. Song Jian dan dr. Hong selamat setelah nyaris ternggelam oleh banjir air lunas hasil perbuatan Ryu Taesuk.

Luna ternyata bermutasi, sebagai manusia kloning ia berhasil beradaptasi selain tahan terhadap air luna dna nya membuat ia bisa hidup di luar angkas atanpa alat bantuan seperti aastronot, agak bingung sih konsepnya, gimana ceritanya manusia bisa bernafas tanpa oksigen.

Ryu taesuk adalah salah satu tentara yang melakukan pembantaian pada kru statisun Balhae lima tahun silam, dimana Dr. SOng WOnkyung kakak Dr. SOng Jian jadi korban.

Kapten Han sepertinya tidak selamat, ia memilih mengorban diri agar Dr. SOng dan dr. Hong berhasil keluar dari stasiun.

Ending masih ambigu, dari narasi semua yang terlibat dalam insiden stasiun Balhae akan diinvestigasi lebih lanjut.



Penjelasan Ending Drama Korea Original
Kapten Han dan Dr. Hong bersama 9 kru lainnya mendapat tugas mengambil sampel penting di stasiun Bulan Balhae.

Sampel ini disebut-sebut bisa jadi solusi bagi bumi dan umat manusia yang sedang dilanda kekeringan akibat climate change, air langka, sungai dan laut kering, hujan nyaris tak pernah turun, air jadi komoditas langka dan rebutan.

Sampel yang dimaksud bernama Air Lunar, air dari bulan yang berhasil ditemukan oleh tim peneliti Dr. Song Wonkyung kakak Dr. SOng Jian. 

Air Lunar ini punya kemampuan membiakan diri jika menempel pada inang hidup, tapi justru berbahaya dan mematikan bak virus jika terkena manusia.

Tim peneliti di stasiuan Balhae mencoba menguji pada manusia kloning hingga berhasil pada percobaan ke 073 pada subjek yang diberi nama Luna 073.

Tapi percobaan dengan manusia kloning masih ilegal sehingga oleh pemerintah proyek ini ditutup setelah insiden bocornya air lunar yang membunuh semua kru.

Luna dan sampel Air Lunar berhasil diselamatkan, Dr. Song dan dr. Hong selamat yang lain mati termasuk kapten Han.


Link Streaming Nonton Online Drama Korea Original Netflix The Silent Sea Subs Indo
Buat sobat yang ingin nonton secara legal Drama Korea Original Netflix The Silent Sea dengan Substitle bahasa Indonesia bisa klik di sini.



Itu tadi sobat campusnesia, Sinopsis, Detail dan Review Drama Korea Original Netflix The Silent Sea selamat menonton.



Penulis:
Ika Shintya
Nandar




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys