Loading...

Referensi Situs yang Menerima Kiriman Tulisan dan Bisa Mendapat Bayaran

 


Campusnesia.co.id - Sudah beberapa artikel kami publish di Campusnesia seputar tips dan trik menulis, kali ini masih seputar dunia kepenulisan kami ingin berbagi cara menghasilkan uang dari menulis, selain membuat blog sendiri dan memonetise dengan adsense.

Solusi yang kami maksud adalah mengirimkan tulisan ke media baik cetak maupun online, belakangan banyak media online yang menyediakan UGC atau User Generated Content untuk mewadahi kiriman dari para pembacanya.

Berapa bayaran untuk satu tulisan? relatif tergantung medianya termasuk syarat dan ketentuan artikel yang bisa mereka terbitkan.

Apa saja media yang mau menerima tulisan dan dibayar? ini daftarnya:

1. Terminak Mojok
Terminal Mojok adalah platform UGC Mojok untuk mewadahi penulis yang punya unek-unek, kegelisahan, atau curhatan seputar asmara, gaya hidup, kampus, dll..

Petunjuk pengisian dan hak-hak kontributor Terminal Mojok adalah sbb:

- Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kamu. Jika tulisanmu sudah ditayangkan di Terminal Mojok, kami akan memberikan notifikasi melalui email kamu.

- Jika kamu adalah kontributor yang karyanya dimuat di Mojok boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Mojok dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Mojok.

- Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami atau mendapatkan notifikasi email jika naskahmu ditolak, artinya maaf, kamu belum beruntung. Tapi kamu berhak dan boleh kok mengirimkannya lagi dalam keadaan yang sudah direvisi ke Terminal Mojok.

- Dilarang mengirimkan naskah ke Terminal Mojok dan media lain secara bersamaan. Jika kamu sudah mengirim naskah ke Terminal Mojok, tunggu tujuh hari sampai ada kepastian naskahmu terbit atau tidak di Terminal. Setelah itu silakan deh kirimin ke mana aja sesukamu.

- Tuliskan judul dan isi tulisan, serta biodata atau atribusi singkat kamu pada formulir yang disediakan.

- Redaktur Terminal Mojok berhak menyunting tulisan dan menentukan apakah boleh ditayangkan atau tidak.

- Jika karya kamu dimuat di Mojok maka kamu akan mendapatkan 1 poin untuk setiap naskah yang diterbitkan.

- Jika kamu sudah mengumpulkan 10 poin, maka kamu berhak melakukan klaim untuk pencairan dana dengan mengirimkan email ke dina@mojok.co. Untuk setiap 10 poinnya, kontributor akan mendapatkan kompensasi sejumlah Rp 250.000 (dengan pajak 2,5% untuk yang punya NPWP dan 3% untuk yang tidak memilikinya). Maksimal klaim per penulis per bulan adalah 20 tulisan (setara Rp 500.000).

- Klaim diajukan dengan mencantumkan link/URL artikel terakhir, alamat email, foto KTP, foto NPWP (jika punya), nomor rekening (beserta nama Bank, nama KCP Bank, dan nama nasabah), dan jumlah poin. 

Hal ini berguna sebagai sarana untuk memudahkan jika nantinya sewaktu-waktu ingin melakukan pengambilan kompensasi yang telah memenuhi batas minimal pengambilan. (catatan: klaim hanya bisa dilakukan terhadap tulisan-tulisan yang menggunakan alamat email yang sama.). Tuliskan subject email untuk klaim poin terminal dengan format: [KLAIM POIN TERMINAL]_Nama Pengirim_Jumlah Poin (contoh: [KLAIM POIN TERMINAL]_Dina Rahmawati_10 Poin).

- Pencairan poin perlu menunggu seminggu dari klaim ke dina@mojok.co sampai poin tersebut dicairkan.
Aturan format tulisan:

- Panjang tulisan minimal 500 kata.

- Tidak diperkenankan mengirimkan tulisan yang sudah pernah dimuat dan diterbitkan di media lain.

- Ditunggu kiriman tulisanmu di Terminal Mojok dan jangan lupa cek kabar tulisanmu secara berkala.

yang mau ngirim tulisan di Terminal Mojok klik di sini.


2. Idntimes
Media generasi milenial, bagi sobat yang mau mengirim tulisan bisa klik di sini.

rincian sistem poin dan potensi bayaran yang bisa kamu dapatkan saat menulis:

Setiap 100 views atau 100 kali artikelmu dibaca, kamu akan mendapatkan 1 poin, 1 poin = Rp100, Poin tersebut bisa kamu kumpulkan dengan menulis lebih banyak artikel lagi.
Minimal poin yang bisa ditukarkan atau di-redeem adalah sebesar 500 poin.

Kamu bisa menukarkan poin dalam bentuk uang atau pun barang tertentu yang disediakan.
Imbalan berupa uang bisa dicairkan ke rekening bank Indonesia.



3. Mongabay.co.id 
Yaitu situs berita lingkungan yang populer di Indonesia. Dari sekian banyak situs yang fokusnya membahas tentang hal-hal terkait lingkungan, Mongabay bisa dibilang menjadi yang terdepan.

Untuk sobat yang tertarik dengan tema-tema linkungan dan tertarik mengirimkan artikel dan foto, kamu bisa mengirimnya ke Senior Editor Mogabay.

Informasi lengkap tentang cara bergabung menjadi Kontributor Lepas di Mongabay dan cara mengirim artikelnya, klik di sini.

Selain namamu sebagai penulis dan pemilik foto, kamu juga akan diberikan honorarium sebagai berikut:

- Rp750 per kata untuk setiap artikel yang dimuat di situs Mongabay (semakin komprehensif tulisanmu, maka semakin besar pula bayarannya)

- Rp50.000 – Rp100.000 per foto yang kamu sertakan.

Bayaran akan ditransfer via rekening sekali sebulan, normalnya setiap akhir bulan. Semakin banyak artikel yang dimuat dalam satu bulan, maka akan dibayar dengan nilai yang lebih besar lagi.


4. Nulis Cerpen Kirim ke Kompas.id
Setiap cerpen yang diterbitkan akan diberikan honorarium sebesar Rp200.000 – Rp250.000.

Langsung saja kirimkan naskahmu ke cerpen@kompas.co.id atau cerpen@kompas.com.


5. Kirim Cerpen  ke Detik.com
Detik bersedia membayar karyamu sebesar Rp500.000. Bila tertarik, langsung saja kirimkan karyamu ke mumu@detik.com.


6. Digstraksi.com
Di Digstraksi.com, sobat bisa mengirimkan artikel dengan topik yang beragam, mulai dari teknologi, kecantikan, hingga traveling.

Perhitungan honorarium mirip seperti IDN Times dan Brilio. Pendapatan didasarkan pada perhitungan view atau jumlah baca, mulai dari Rp1 – Rp100 per view.

Minimum saldo yang bisa kamu tarik dari total pendapatanmu adalah sebesar Rp200.000.


Itu tadi sobat Campusnesia, beberapa Referensi Situs yang Menerima Kiriman Tulisan dan Bisa Mendapat Bayaran.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba sampai jumpa.


*diolah dari berbagai sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys