Kenal Lebih Dekat dengan Asnawi Mangkualam Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020




Campusnesia.co.id - Gelaran Piala AFF selalu membawa hype sepakbola bagi suporter tanah air, nasionalisme tiba-tiba terpompa dan semua jadi suka sepakbola.

Nama-nama pemain timnas dalam setiap masa dan jamannya selalu memunculkan tokoh baru yang dijadikan masyarakat sebagai idola.

Sebut saja era bambang pamungkas, Christian Gonzales, Irfan Bachdim hingga Asnawi Mangkualam.

Lewat artikel kali ini, yuk kenal lebih dekat dengan Asnawi Mangkualam Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.


Asnawi Mangkualam Bahar lahir 4 Oktober tahun 1999  anak dari pasangan ayah Bahar Muharram dan ibu Fatmawati Rasak. Ia juga mempunyai saudara bernama Nur Ikrar Bahar dan Fiqih Syali.

Fakta menarik ayah Asnawi adalah asisten pelatih tim PSM Makassar, jadi darah bola memang sudah mengalir di kapten timnas ini.


Mengawali kariernya sebagai pesepak bola profesional dengan mengikuti seleksi pemain Timnas U-16 yang diseleksi oleh Lestiadi dan ayahnya. Namun, ia gagal. Ia akhirnya diterima tim PSS Makassar untuk mengikuti ISC A 2016.

Kemudian bergabung bersama tim Persib Balikpapan. Tahun 2017, Asnawi pun direkrut PSM Makassar. Kemudian, Asnawi pun sukses melaju ke laga internasional di usianya yang masih 17 tahun.

Saat ini tahun 2021 ia bermain untuk klub Ansan Greeners lub kasta kedua di laga Korea Selatan sementara di tim nasional sepak bola Indonesia sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Asnawi membuat debut internasionalnya untuk tim senior pada 21 Maret 2017, melawan Myanmar, di mana dia datang sebagai pemain pengganti. Ia memecahkan rekor pemain termuda 17 tahun dalam 167 hari bermain untuk Indonesia.

Di musim kedua, ia bergabung dengan Persiba Balikpapan, memecahkan rekor pemain termuda yang mencetak gol di Kejuaraan Sepak Bola Indonesia A 17 tahun 5 hari melawan Bali United F.C. di Stadion I Wayan Dipta.

Pada tahun 2017, Asnawi bergabung dengan PSM Makassar, di mana ia melakukan debutnya saat melawan Persela Lamongan pada Piala Presiden 2017. Pada tahun 2019, dinobatkan sebagai pemain terbaik Kratingdaeng Piala Indonesia sebagai pemain muda terbaik setelah membawa timnya menjuarai turnamen tersebut.


Biodata Asnawi Mangkualam

Nama Lengkap: Asnawi Mangkualam Bahar

Nama Punggung: Asnawi

Tempat Lahir: Makassar

Tanggal Lahir: 4 Oktober 1999

Agama: Islam

Tinggi Badan: 170 cm

Akun Instagram: @asnawi_bhr

Klub Saat ini: Ansan Greeners 

Nomer Punggung Ansan Greeners 41

Nomer Punggung Timnas Indonesia 14 


Catatan penampilan dalam kualifikasi piala dunia 2019-2022 bermain sebanyak 3 kali tanpa gol dan saat bermain pada kualifikasi Piala Asia 2021-2022 bermain sebanyak 2 tanpa mencetak gol. 

Piala Suzuki AFF 2021-2022 bermain sebanyak 7 kali berhasil cetak 1 gol saat melawan timnas Laos.

Asnawi Mangkualam Peraih Best Young Player 2019
Asnawi Mangkualam Bahar juga sukses menyabet penghargaan sebagai Best Young Player di Piala Presiden 2018. Penghargaan tersebut seolah melengkapi keberhasilan PSM Makassar sebagai kampiun Piala Indonesia 2018.

Bukan hanya Asnawi, rekan setimnya Zulham Zamrun juga mendapat penghargaan dalam ajang tersebut. Zulham tercatat sebagai Best Player dan Top Scorer.


Asnawi Mangkualam Rekor Pencetak Gol Termuda
Kala masih membela Persiba Balikpapan, Aswani Mangkualam Bahar pernah mencatatakan rekor fenomenal. Ia menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol di Indonesia Soccer Championship (ISC) A, tepatnya pada 10 September 2016.

Satu gol ke gawang Bali United diciptakan Asnawi kala usianya baru menginjak 17 tahun lima hari. Hebatnya lagi, Asnawi menggetarkan gawang Bali United pada laga debutnya bersama tim beruang Madu.

Atas sumbangan golnya itu, Asnawi dan kawan-kawan berhasil menang atas Bali United dengan skor 2-1.


Asnawi Mangkualam sang Benteng Rotterdam
Asnawi Mangkualam Bahar dikenal memiliki gaya permainan yang ngotot. Penampilannya itu kerap merepotkan tim lawan.

Dedikasinya menjaga lini belakang membuat Asnawi dujuluki sebagai Benteng Rotterdam oleh sejumlah pengamat. Bahka, Asnawi menjadi salah satu benteng yang paling kuat di PSM Makassar.


Asnawi Magkualam disebut Mirip Casemiro
Penampilan ciamik Asnawi kala bersua timnas Singapura di SEA Games 2019 memang jadi sorotan. Fans bahkan menyamakan penampilan gelandang PSM Makassar itu dengan Alexander Arnold hingga Dani Carvajal.

Namun itu bukan kali pertama Asnawi dibilang mirip dengan pesepakbola Eropa. Sejak 2017 lalu, Asnawi sudah mendapat julukan sebagai Casemiro Indonesia.

Kabarnya, baik Asnawi atau Casemiro sama-sama memiliki kemampuan yang mumpuni. Sama halnya dengan Casemiro yang menjadi perisai ampuh Real Madrid, Asnawi juga menjadi momok menakutkan di lini pertahanan.


Sumber:
Liputan6.com
Wikipedia.org
Pikiranrakyat.com
Kompas.com


Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »